Jalan  - jalan adalah hak asasi setiap orang termasuk juga bagi 80 Kepsek se
Kodya Sawah Lunto , namun kalau jalan - jalan tersebut dilakukan disaat awal
masa sekolah dan bukan disaat libur sekolah tentunya patut dipertanyakan
ungensinya  . Kemaren ini saya bertemu rombongan Kepala SD Kotamadya Sawah
Lunto sebanyak 80 orang dengan mencarter 3 bis langsung dari Sumbar . Dalam
omong - omong dengan beberapa peserta saya ketahui bahwa acara jalan - jalan
ini disponsori dan difasilitasi Walkot Sawah Lunto . Sebetulnya saya  senang
saja  bertemu dengan teman teman dari kampung dan tentunya ada sedikit
informasi yang bisa saya dapatkan tentang kondisi kampung kita , tapi ya itu
berarti 80 SD di Sawah Lunto saat ini tanpa kepala karena ditinggalkan Kepsek ,
sedangkan demikian banyaknya masalah yang perlu diselesaikan berkaitan dengan
kasus penerimaan murid baru di kampung kita ( Jawapos 25/7/07) . Saran saya
kalau pengen jalan jalan carilah waktu yang tepat yakni disaat liburan
 sekolah .
  Wassalam : zul amry piliang .

  Padang ,
  Warga blokade empat Sekolah
  Tindakan masyarakat memblokade sekolah seperti di SMAN 6,SMPN  18 dan SMPN 27
terus meluas , Kemaren giliran SMPN 12 , Kelurahan Kampungolo , Kec. Nanggalo ,
 Padang Sumbar diblokade warga setempat . Mereka menuntut anak - anaknya
diterima diluar system online .
  Kendati demikian , proses belajar mengajar ( PBM ) berjalan seperti biasa .
Sebab salah satu pintu masuk sekolah luput dari blockade warga . pemblokadean
itu tidak berlangsung lama . Sekitar pukul 08.15 , Jus 46 perwakilan masyarakat
dan disaksikan Kapolsek Nanggalo Mayaruddin , petugas Pol PP , pihak sekolah ,
Ketua Komite Wahyu Iramana Putra dan dinas Pendidikan membuka blokade itu  .
Itu dilakukan setelah terjadi negosiasi pihak terkait . Dalam perundingan
tersebut , perwakilan masyarakat tetap menuntut pihak sekolah  memberi
dispensasi kepada enam anak warga sekitar yang belum bersekolah
   ( ita/jpnn)

Ready for the edge of your seat? Check out tonight's top picks on Yahoo! TV.
Sukseskan Pulang Basamo se Dunia, bulan Juni 2008.
Website: http://www.rantaunet.org