Support data mengenai perasuransian di Indonesia :

From: Zaora Desmaniar [mailto:[EMAIL PROTECTED]
<mailto:Zaora_Desmaniar%40carrefour.com> ]
Sent: 26 Juli 2007 17:03
To: undisclosed-recipients
Subject: Fw: (Info)WASPADA TERHADAP ASURANSI BUMIPUTERA!!

dapat dari temen....mudah2an jadi bahan pembelajaran

----- Forwarded by Zaora Desmaniar/INDO/Carrefour on 26/07/2007 16:50
-----

"Yulia Yunus" <[EMAIL PROTECTED] <mailto:yuliayunus%40gmail.com> >

26/07/2007 16:29

<Undisclosed-Recipient:;@carrefour.com
<mailto:%22Undisclosed-Recipient%3A%3B%22%40carrefour.com> >

cc

Subject

(Info)WASPADA TERHADAP ASURANSI BUMIPUTERA!!

Prens,

Saya hanya ingin share pengalaman menggunakan asuransi Bumiputera (BP)
jenis Mitra Beasiswa Cerdas dimana saya terpaksa hari ini harus
kehilangan Rp3,3juta akibat informasi yang diberikan oleh agent diawal
transaksi tidak informative.

Sebagai pengguna jasa asuransi BP utk produk Swadana sejak thn 2000 maka
atas dasar kepercayaan terhadap hubungan baik dgn agent tsb saya
menyetujui ketika Juni 2005 ditawari untuk mengambil produk asuransi
yang lain untuk anak yaitu Mitra Beasiswa Cerdas. Pihak agent saat itu
hanya menjelaskan premi, uang pertanggungan, jatuh tempo akan tetapi
tidak menjelaskan hal-hal yang unpredictable dan konsekuensinya.

Tahun 2006, karena ingin pindah ke perusahaan asuransi lain maka saya
memutuskan untuk mencairkan seluruh asuransi BP yg saya miliki. Saya
cairkan produk Swadana dan seluruh uang premi yg telah saya bayarkan
dikembalikan dengan tingkat investasi (ROI) yg sangat kecil tapi buat
saya tidak menjadi masalah selama uang premi saya kembali.

Karena terkena masa percobaan slama 2thn atas produk Mitra Beasiswa
Cerdas maka baru Juni 2007 saya ajukan untuk dilakukan pencairan.

Tetapi hari ini saya sangat terkejut sekali karena dari total premi yang
saya bayarkan Rp 5.683.600,- saya hanya dikembalikan Rp 2.329.000 dengan
alasan saya hanya membayar 1thn premi dan nilai tunai dianggap hanya
pada tahun ke-1 walaupun jangka waktu polis sudah 2thn, dan uang Rp
3.3juta itu dianggap untuk membeli proteksi.

Saya kecewa dengan cara bisnis Asuransi Bumiputera dimana informasi yang
diberikan hanya berusaha untuk menarik peserta/nasabah. Kalau saja pada
saat itu di info konsekuensi jika terjadi penghentian premi ditahun
berikutnya maka uang premi akan hilang sebagian (> 50%) mungkin saya
tidak akan seterkejut ini dan mungkin saja memutuskan lebih baik tidak
ikut.

Buat temans yang ingin ikut asuransi apapun dan dari perusahaan manapun,
harap lebih berhati-hati dan harus detail serta informative dalam
meminta penjelasan, dasar kepercayaan ternyata tdk cukup dijadikan
pegangan. Kejadian dengan Bumiputera cukup membuktikan kepada saya
betapa tidak professional nya perusahaan tersebut dalam menjaring
nasabah. Apalagi cara pelayanannya, wahhhh.....luar biasa
menyebalkan....Ibu Rohimah dari cabang Kebayoran Baru dengan arogan nya
dan sangat tidak bersahabatnya menjelaskan aturan main yang ada di
perusahaannya.

Harap diinfo ke yang lainnya untuk lebih berhati-hati dalam membeli
asuransi!

Regards,

Yulia