Assalamu'alaikum W W....

Mudah2 an dengan sedikit cerita ini para dunsanak semua bisa memberikan
empati, walau mungkin tidak bisa banyak membantu.

Mungkin hampir semua kita mengikuti berita tentang penculikan RAISAH ALI
yang bahkan sampai seorang PRESIDEN pun ikut memberikan perhatian.

Memang, para penculik RAISAH sudah tertangkap beberapa hari lalu.
Namun yang ingin saya bagi ke dunsanak adalah tentang para penculiknya.
5 orang penculik Raisah adalah para ALUMNI SMA 35 Jkt. Tiga di antaranya
masih berstatus PELAJAR kelas 2 dan 3 SMA tersebut, dan 2 orang adalah
ALUMNI SMA 35

Yang jadi perhatian saya adalah tiga orang "penculik" yang masih berstatus
pelajar ini.
ADA APA DENGAN MEREKA?????

Percaya atau tidak.
ke tiga pelajar tersebut adalah ORANG MINANG, "URANG AWAK", mungkin bahkan
anak kamanakan awak

Memang, hanya satu orang yang kalau di baca ada "label" MINANG nya.
Mungkin nama JANUARSYAH akan banyak yang menebak adalah urang Minang.
Tapi, Firmando Azizco dan BUDI ARMANDO (bukan budi hermanto) juga adalah
orang MINANG.
Berarti 3 orang pelajar itu adalah orang MINANG.

Mungkin sebagian kita mengecam bahwa ke 3 anak tersebut tidak punya nurani,
sampai tega menculik anak yang masih BALITA.
Saya berharap, keceman kegeraman atau apapun sisi negatif yang ada dalam
pikiran kita di simpan dulu.

Disini rasanya rasa EMPATI itu bisa kita berikan
ke tiga anak tersebut adalah aktivis ROHIS di sekolahnya, bahkan FIRMANDO
adalah KETUA ROHIS.

Kenapa mereka sampai telibat??
Ini yang kemudian jadi pertanyaan kita.
Dari pengakuan mereka ketika disidik polisi, ternyata mereka di paksa, di
imingi2 uang bahkan keluaga nya di ancam akan dihabisi oleh yang bernama
YOGI, yang di tengarai adalah otak penculikan.
Dari pengakuan mereka, Ke tiga anak tersebut bahkan baru 2 hari sebelum
penculikan disuruh untuk mengambil RAISA. dan setelah mengambil RAISA,
mereka tidak terlibat lagi secara langsung.
Mereka bahkan masih sekolah seperti biasa.
(KISAH LENGKAPNYA mungkin dunsanak bisa baca di media atau di situs
www.detik.com)

Satu hal, ke tiga anak SMA 35 yang adalah urang awak tersebut adalah anak2
usia transisi. Usia di saat mereka mencari jati diri dan figur yang bisa
mereka jadikan panutan.
Mungkin saja, di dalam keluarga mereka ada pemaksaaan atau tekanan yang kita
tidak tahu. Sementara anak usia 15 - 18 adalah anak yang sedang mencari hal
baru untuk menarik perhatian banyak orang.

Singkat cerita..........
Entah ada atau tidak hubungannya....
Kenapa yang dipilih ke 3 anak tersebut??
Aktivis Rohis,
punya prestasi walaupun bukan juara kelas, pendiam,
dan yang menjadi PERTANYAAN BESAR SAYA.............
Ke tiga mereka adalah URANG AWAK.......
(disengaja atau kebetulan??)

Ke tiga orang tua mereka SHOCK BERAT, bahkan ada yang sudah tidak sanggup
lagi untuk berbicara.
Hal yang tak pernah mereka pikirkan bahwa anak mereka adalah bagian dari
penculik tersebut sekarang ternyata menimpa keluarga mereka.
Budi, Firmando, januar masih muda, punya masa depan yang cerah.

Rasanya saat nya kita memberikan simpati dan empati pada mereka dan keluarga
mereka.
Budi Armando, Firmando Azizco, dan Januarsyah...........

Sampai saat ini keluarga mereka masih tidak percaya.
Sampai saat ini mereka masih bingung untuk berbuat apa.

Sebuah harapan dari saya.....
Mungkin bagi dunsanak yang mengerti hukum bisa memberikan pendampingan hukum
untuk mereka, ketika status penyelidikan mereka sudah tuntas.

Tadi pagi, salah seorang dari orang tua ke tiga anak tersebut yaitu SUZY
ZAHRET, orang tua FIRMANDO, di wawancara dalam acara SELAMAT PAGI TV7 yang
di bawakan oleh DESI RATNASARI.
Salah satu ucapan ibuk SUZY yang membuat saya terhenyak....
"SAYA MINTA MAAF YANG SEBESAR BESARNYA TERHADAP KELUARGA BAPAK ALI SAID
(ORANG TUA RAISYAH), PADA SELIRIJH MASYARAKAT INDONESIA, PADA BAPAK PRESDIEN
YANG SAMPAI MEMPERHATIKAN MASALAH INI
DAN.............
PADA MASYARAKAT SUMATERA BARAT (MINANG)
ATAS PERILAKU ANAK SAYA YANG MERESAHKAN BANYAK ORANG DAN JUGA MEMBUAT MALU
ORANG MINANG.

Kalimat terhakhir tersebut membuat airmata saya berlinang.
IBU SUZY sangat malu terhadap orang MINANG atas perilaku anaknya.

Sekarang masalah ini sudah menjadi masalah nasional, bahkan ada kekhawatiran
masalah nya dilebarkan pada masalah NII atau masalah ISLAM GARIS KERAS.
pantas kah mereka dicap seperti itu???

AAAAHHHHHHHHH
anak seusia begitu dan kemudian mereka dipaksa untuk melakukan hal yang tak
mereka pahami????

Secara pribadi....
Saya sangat berempati dengan masalah ini
Tentu harapan saya...., empati dan dukungan moril lebih besar juga kita
berikan ke keluarga 3 orang putra MINANG tersebut dan juga keluarga mereka.

Mudah2 an kita tidak hanya berempati terhadap orang MINANG yang berprestasi
atau tertimpa bencana alam.
Tapi kita juga bisa ber empati untuk masalah "yang sebagian orang saat ini
menghujat perilaku" tiga orang anak MINANG tersebut.

Billahi Taufiq Wal Hidayah

Wassalam W W

ARIEF Rangkayo Mulia

tambahan
(Simak juga wawancara IBu SUZY dengan wtwn TV 7, lativi, Global TV sore ini)

Website: http://www.rantaunet.org