Ya, setuju berat dengan pernyataan Boby...

Saya juga orang rantau. Kadang kita yang di rantau ini
sering merasa lebih pintar dari mereka yang di
kampung. Kita yang merantau kadang pulang hanya
seminggu ketika lebaran lalu berkoar-koar tentang
ini-itu yang harus dibenahi di kampung. Sementara
mereka yang di kampung sebenarnya senang dan bahagia
saja dengan kehidupan sehari-harinya.

Akhirnya sekarang ini kalau pulang kampung saya tak
berkoar-koar banyak tentang pembenahan ini-itu. Saya
biarkan kampung itu berubah secara alamiah tanpa
campur tangan saya yang sering sok intelek ini. Toh
saya pulang kampung tak lebih sekedar bernostalgia
dengan sepenggal episode hidup yang pernah saya jalani
di kampung. Jadi tak adil rasanya jika saya mencoba
mengubah kampung sesuai dengan kerangka pemikiran
saya. Apa hak saya untuk mengatur kampung seperti itu?

Biarkanlah kampung kita seperti itu. Biarkan kampung
kita berubah secara alami sesuai dengan keinginan
penghuninya.

Seperti kata ilmuwan di film Jurassic Park, "life will
find away!" Begitu pula kampung kita akan menemukan
jalannya sendiri. Apakah berubah atau tetap
begitu-begitu saja. Biarkan penghuni kampung itu
sendiri yang menentukan arah kehidupan mereka. Tanpa
perlu campur tangan organisasi ini-itu mengatur
kehidupan mereka.

Wassalam;
Sy Syarien

--- Boby Lukman <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sanak Ronal yang ambo hormati...
>
>   Baiaklah kalau sanak minta ambo untuak manjalehan
> diri...Ambo Boby Lukman, ambo gadang dan lahia di
> Padang...ambo kini alah 31 tahun...gadang snek dari
> pak Ronal...
>
>   Manga ambo manyabuik bantuak itu pak ronal..karano
> beda jo pak Ronal yang lahia dan gadang
> dirantau...ambo tahu bana ba'a keseharian urang
> dikampuang...sajak tahun 1997 ambo bakacimpuang di
> dunia wartawan, saketek banyak ambo lai tahu jo
> kurenah dan apa nan tajadi di kampuang....ambo
> pernah jadi wartawan Singgalang, Padang Ekspres dan
> [...]

Looking for a deal? Find great prices on flights and hotels with Yahoo!
FareChase.
http://farechase.yahoo.com/

Website: http://www.rantaunet.org