From: ET Hadi Saputra <[EMAIL PROTECTED]>
To: RantauNet@googlegroups.com; MAPPAS MAPPAS <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Saturday, April 14, 2007 1:25:53 PM
Subject: [EMAIL PROTECTED] Kesalahan berulang. Was: Re: ASITA SUMBAR

Bapak, Ibuk, Kakanda, Adinda sapalanta.

Beberapa hal yang saya sampaikan berikut merupakan akumulasi dari
ketidaksabaran saya terhadap banyaknya hal-hal yang tidak perlu (baca
kesalahan) terjadi. Hal ini sering berulang dan menimbulkan masalah didalam
komunitas kita.
Tadi malam saya, pak Saaf dan Bobby Lukman baru saja berbincang-bincang dan
akhirnya sanggup lolos dari “rintangan” besar yang mampu menghilangkan
identitas MAPPAS sebagaimana yang dicita-citakan saat pembentukannya dulu.
Baru saja berlalu beberapa jam, kesalahan ini terulang kembali dan akhirnya
memaksa saya untuk menulis email, sesuatu yang sudah saya tahan satu tahun
belakangan ini.
Baiklah, kita bahas satu demi satu, dimulai dari email pak Saaf pagi ini.

“Sebagai langkah pertama tentu adanya suatu MoU antara berbagai komponen
pariwisata akan sangat menolong. Namun kalau sekiranya belum ada, saya yakin
bahwa rencana pembentukan " West Sumatra Tourism Promotion Board" atau WSTPB
dalam waktu dekat akan sangat membantu.”
Sesuai perbincangan kita semalam, saya pikir Bapak sudah mahfum bahwa
pembentukan West Sumatra Tourism Promotion Board tidaklah dapat dilakukan dalam
waktu semalam.

“Saya senang mengetahui bahwa Nanda Nofrins tak sendiri. Masih banyak tenaga
muda dinamis demikian di kalangan urang awak di Jakarta, sehingga yang perlu
dilakukan adalah menyalurkan dan memberinya wadah serta sarana komunikasi saja.
Insya Allah, wadah serta sarana tersebut sudah akan kita bentuk dalam jangka
waktu dekat ini.”
Saya tidak sependapat. TIDAK PERLU ADA WADAH WADAH BARU lagi.

“Dalam kesempatan lain saya telah menyampaikan bahwa di Sumatera Barat sendiri
kita perlu tokoh masyarakat yang selain berewibawa juga mau dan mampu melakukan
terobosan.”
Saya sangat setuju hal ini, dan saya dukung 1000%

“Menurut pandangan saya dan pandangan teman-teman di Jakarta , tokoh tersebut
adalah Bp Basril Djabbar,
Teman-teman siapa yang Bapak maksud? Kenapa harus urang gaek juo? Kenapa pak
Saaf yang memilih?

“dan syukur Alhamdulillah beliau sudah bersedia untuk memimpin gebrakan ini.”
Atas nama siapa Bapak meminta beliau mempimpin gebrakan (?) ini. Gebrakan
‘seperti apakah’ yang Bapak maksud?

MAPPAS bukan lagi merupakan ide pribadi dan juga bukan tanggungjawab pribadi.
Sejak saat MAPPAS diproklamirkan, seluruh tanggungjawab merupakan beban
kolektif seluruh stakeholder yang ada didalamnya.
Saya beri satu contoh: Bukan kewajiban pak Saaf pribadi untuk bertahan dari
gempuran “uni Djan” dan juga sebenarnya bukan tanggungjawab pak Saaf pribadi
untuk ‘terpaksa’ memberikan SK pengangkatan pengurus MAPPAS Persiapan Sumbar.
Tanggungjawab RAPAT anggota lah yang bisa memutuskan keputusan se penting ini.
Dan sejauh ini BELUM ADA satupun keputusan rapat MAPPAS mengenai pengangkatan
pengurus MAPPAS Persiapan Sumbar. Bagaimana nanti Bapak mempertanggungjawabkan
hal ini kepada anggota dan pada Yang di Atas?

Saya setuju dengan pendapat pak Saaf mengenai “pengambilan keputusan” dalam
satu organisasi. ”Anggota yang tidak dapat hadir dalam suatu rapat pengambilan
keputusan harus mematuhi hasil keputusan rapat dimaksud.”  Tapi ada dua syarat:
1. Anggota dimaksud sudah diundang secara pantas, 2. Rapat dilaksanakan secara
patut dan dan Hasil keputusan rapat pun di sosialisaikan sesuai kepatutan.
Kalau ada anggota yang diundang tapi kemudian tidak datang, merupakan cerminan
bahwa yang bersangkutan tidak memiliki rasa tanggungjawab. Anggota yang seperti
ini kita perlakukan secara patut sebagai ‘mentimun bungkuak”

Sementara ini dulu, nanti saya sambung lagi.
Mohon maaf atas ketidak taratik-an Ambo nan mudo.
Wassalam
ET Hadi Saputra Katrik Sati
Di komplek KOMPAS Ciputat