--- Tanjuang Heri <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
>
>   Ambo bukan cari polemik, tapi ingin pencerahan nan
> gamblang, ringan, mudah ditangkok dek kapalo ambo
> nan awam ko dan mudah²an ado nan bisa manjawek
> sacaro lamak thd pertanyaan nan di bawah ko : ( kok
> ka dikuluakan ayat² Quran, tolong jaan hanyo
> diterjemahkan secara lahiriah, tapi tolong bana
> dijalehan apo mukasuiknyo). Ambo hanyo maambiak
> referensi kato kato pertamo nan disuruh dek malaikat
> Jibril ka Muhamad saw, "Iqra'" Baca. Baaa tu?
>
>   1. Haram kah kalau kito mambaco injil, pai ka
> gereja, mengikuti misa kalau hanya sekedar
> mengetahui ritual untuk mengetahui kenapa orang

Ada kaedah ushul fiqh, sepanjang tidak ada syari'ah
yang melarang atau yang mengharamkannya, maka sah-sah
saja.

>   2. Adakah para ulama kita mengetahui apa isi injil
> , sekedar perbandingan. Tapi klo jawaban pertanyaan
> di atas "haram", pasti ndak akan ado ulama ataupun
> yang mengaku "islam" mambaco dan mungkin mamacik
> kitab injil tsb. Wajar!

Kita ngak tau,atau kurang tau, atau belum tau masalah
ada ulama yang mengetahui isi injil, karena
sejujurnya, saya pribadi ngak tau isi kepala para
ulama kita di Indonesia, ataupun di mana saja.

>   3. Jo alfabet apo injil di tulis di Mesir, di
> Palestina, di Suriah? Apo alfabet latin atau alfabet
> arab? Karano di daerah ko urang babahso arab. Sambia
> lalu, baa tu ustadzah Rahima? nan alah hiduik di
> Mesir? Bisa ndak diagiah penjelasan soal ko?

Di Mesir Kristennya masih ortodok, dan mereka memang
bisa bahasa Arab dengan fasih, bukan hanya sambil lalu
saja, keyakinan agama mereka luar biasa kuatnya. Injil
ditulis dalam berbagai macam bahasa(mungkin
terjemahan).

>   4. Pantas kah kito menganggap "saudara" kito yang
> kebetulan kristiani sebagai "kafir"? kareno salamo
> ko artinyo jauh labih hina dari makhluk kaki 4.

Jelas Kristiani kafir, karena mereka telah
mensyirikkan Allah. Allah berfirman: "Sungguh telah
kafir mereka yang telah mengatakan Allah tiga"(Laqod
kafaralladziinaqooluu, inllaaha tsaalisu
tsalaatsah)Pemakaian dalam penegasannya dengan
kata-kata penegasan yang sangat kuat"Laqod",
benar-benar, sunggguh kafir".
Orang kafir memang tempatnya adalah neraka jahannam,
maka mari kita cegah saudara sesama muslim kita agar
jangan sampai ada yang murtad.

>   5. Tidakkah mereka punya hak hidup sebagaimana
> kita orang muslim?

So pasti, mereka punya hak hidup.Allah memberikan
Rahmannya kepada semua makhluk didunia ini.Berbuat
baik sama mereka juga diharuskan, sepanjang mereka
tidak berbuat jahil sama kita muslim ini. tetapi Allah
berfirman:" Dan perangilah orang-orang yang telah
memerangi kamu, dan jangan sampai
keterlaluan(melampaui batas)".

>   6. Masih ado pertanyaan nan ka ambo sampaikan,
> tapi kalao ado sanak, ulama , ahli nan amuah
> manolong ambo, tolong dijapri sajo. Iko hanyo sbg
> ajakan sajo, bukan sakali lai untuk "POLEMIK". Tapi
> kalau dianggap paralu untuk urang banyak, silahkan
> dilanjuik an di siko.

Kenapa kita harus menjadikan suatu polemik menjadi
Bumerang, kenapa kita tidak berusaha berfikiran
jernih, melapangkan dada setiap postingan yang kita
terima. Jangan merusakkan wajah, hati, kita dengan
hal-hal yang ngak sepantasnya kita dibuatnya
emosi.Kenapa kita tidak berusaha tenang dalam hidup
ini seberat apapun problema dan bacaan yang kita
baca?.

Oh yah, saya belum baca postingan asli tentang
kaligrafi Injil ini. Kalaupun ada usaha orang-orang
kafir untuk mengelabui ummat Islam dengan tulisan
semacam itu, ini menandakan kita ummat Islam harus
berhati-hati lagi, dan justru tantangan buat kita
untuk mempelajari bahasa Arab dan tulisannya agar
tidak terkecoh.Berbahagialah kalau kita mendapat
tantangan semacam itu, yang berarti kita harus belajar
Islam lebih dalam lagi. Mungkin banyak diantara kita
kurang tau berapa banyak jumlah secara garis besar
tulisan/kaligrafi Arab itu.

Terkadang orang non Muslim jauh lebih mengetahui
berbagai macam tulisan Arab itu, sehingga dengan
modelapapun dia bisa tulis, dimana muslim ngak bisa
membacanya. Pada umumnya (sebahagian besar)hanya tau
dua tulisan saja, dan yang tercantum dalam
AlQuran(Nasakh dan Tsuluts), padahal jumlah tulisan
kaligrafi Islam secara grs besar ada 8 macam, dalam 8
itupun masih ada cabangnya lagi.

Dan inilah yang kurang diketahui, sementara non muslim
ada yang khusus mempelajari tulisan Arab ini. Kalah
kita dari mereka.Kenapa harus kalah, karena kita ngak
mau belajar, kenapa kita ngak mau belajar, mungkin
karena kurang adanya tantangan itu. Nah..syukurilah
tantangan apapun yang datang kepada ummat islam, pasti
besar hikmahnya, bagi yang mau mengambil hikmahnya.

Wassalamu'alaikum. Rahima.

>   Tarimo kasih sabalunyo.
> Heri, 44, Paris

http://mail.yahoo.com