D O  K  T  E  R
  Oleh : K Suheimi

  Tadi malam saya menghadiri acara halal bi halal dan memperingati Ulang Tahun
IDI (Ikatan Dokter Indonesia) cabang P.Baru di Hotel Foraya. Disamping Nyanyian
dan tarian, ditampilkan suatu Drama Balada perjalanan seorang dokter yang penuh
perjuangan dan pahit getir yang dihadapi sejak dari pendidikan di bangku
sekolah sampai dalam kehidupan di tengah masyarakat. Dalam hati saya mengangguk
dan merenungi isi Drama itu. Memang dari dulu kala dokter itu tercatat sebagai
pengibar panji ke manusiaan di barisan terdepan. Meletakkan kepentingan pasien
dan manusia lain diatas kepentingan segalanya. Makanya sampai detik ini disaat
manusia tertidur dalam lelapnya sedang dibuai mimpi indah, dokter bergulat
menyelamatkan nyawa sebagai malaikat penyelamat. Tidak jarang dalam
melaksanakan tugas dia mengorbankan kepentingan istri dan anaknya. Hari-hari
dan waktunya,siang dan malam dicurahkan demi keselamatan pasien yang sedang di
tolongnya.
  Pagi ini saya juga akan menghadiri Pengambilan sumpah dokter di Fakultas
Kedokteran UNRI, mewakili Dekan Fakultas Kedokteran Unand. Ini adalah lulusan
dokter pertama di FK_UNRI setelah 6 tahun yang lalu bekerjasama dengan
FK_UNAND. Alhamdulillah jerih payah yang selama ini membuahkan hasil yang
nyata. Masih teringat ketika kami berulang pulang balik Padang P Baru
menyelusuri jalan sempit dan sering longsor ber jam-jam naik travel.

  Dokter hanyalah manusia - manusia  yang  kebetulan menanggung beban yang  ada
dibahu mereka  sebagai  perpanjangan tangan Tuhan demi kesembuhan.Kesembuhan
yang sesungguhnya ada di tangan Tuhan itu sendiri Dokter dengan segenap ilmu
usaha dan kemampuannya  berupaya untuk menyembuhkan pasien yang mempercayainya.
Tapi dengan segenap kesadaran dia tak mampu menyembuhkan 100 %. “Waizza Maridtu
Fahua Yasfin” Bila engkau sakit Dialah yang menyembuhkan. Allah mendatangkan
penyakit segaligus menyediakan obat untuk kesembuhan. Dokter sebagai peramu
dengan keilmuannya. ketrampilan dan pengalamannya, Dia hanya sebagai
perpanjangan tangan Tuhan. Menjadi kliru bila ada anggapan dokter yang
menyembuhkan, dan bila ternyata tak sembuh, kesalahan di lemparkan pada dokter.
Maka supaya kesalahan jangan di tumpukkan pada dokter. Saya ajar kan pada
mahasiswa yang akan jadi dokter dan residen yang akan  yang sedang mengambil
spesialis kebidanan.

  Sambil menjelaskan bahwa ada 4 hal dasar dalam BIO ETIKA  dalam  upaya
membangun hubungan  dokter  pasien  dan dalam praktek sehari-hari.
  Saya ingatkan bahwa salah satu sumpah dokter adalah saya akan memperlakukan
orang lain sebagaimana  saya ingin diperlakukan sebalikanya saya tak akan
megerjakan sesuatu yang  andaikan sesuatu itu saya tak suka. Saya fikir ini
berasal hadist Nabi “La yukminu ahadukum  hatta yuhibbul li akhi kama
yuhibbullinafsih”. belum dikatakan beriman seseorang sebelum dia  mengasihi
saudaranya sebagaimana  dia mengasihi dirinya sendiri.
  Makanya,kata saya pada mereka

  1.“Berikanlah hak otonomi pasien, respect patientto autonomi   hak-hak
pasien. pasien berhak tahu penyakit yang  diidapnya dia berhak tahu apa yg akan
dilakukan dan berapa lama diperkirakan perawatan atau berapa pembayaran yang
harus dikeluarkannya dan  obat-obat apa yang akan di makannuya dan untuk apa.
Maka dokter harus menjelaskan sejelas - jelasnya  kemudian sebagai seorang
dokter harus mampu memberikan alternatif terhadap cara pengatasan penyakitnya.
Lalu kalau ada yang harus diputuskan maka kepututan harus berada ditangan
pasien setelah dokter  menerangkan alternatif-alternatif.Pasienah dialah yang
memutuskan apakah akan drawat atau akan dioperasi   atau melahirkan dengan
normal.

  2. Benefetion to patient memandang dan memutuskan sesuatu berdasakan
keuntungan dan kepentingan pasien.   kalau memang harus dirawat  dia di rawat
tapi jika baginya beobat jalan yg menguntungkan  maka lakukan rawat jalan.
Kalau memang  harus  di operasi maka  lakukan operasi  tapi jika baginya
melahirkan nomal arahkan pasien pada persalinan normal,,, tinjau dari segi
kepentingan dan keuntungan  pasien, termasuk keuangannya. Sesuai lafal sumpah
m”kepentingan pasien senantiasa saya  utamakan”

  3.Non malafation tak melakukan tindakan mal praktek yang membuat pasien lebih
Sakit,tidak melakukan tindakan yang berlebihan yang  membuat pasien  lebih
sakit.   sakit badannya dan juga sakit kantongnya.

  4. Justify keadilan  pemerataan, tidak membedakan pelayanan apakah dia kelas
3 atau dia pasien VIP pelayanan dan tindakannya harus sama, Dalam melaksanakan
tugas saya. Saya tidak terpengaruh oleh, bangsa, agama dan kepentingan
sosial”.Seorang dokter  dengan  ilmu yg dimilikinya ia dapat menentukan langkah
yang  mesti dijalani seorang pasien dan dengan  ilmunya pula ia dapat
memprediksi dan meramalkan dan penyakit yang  diderita pasien.

  Sekarang banyak kita dengar pasien kecewa terhadap erosi etik profesi dokter.
Dokter harus sangat memperhatikan kesehatan pasiennya. Justru karena kepatuhan
seorang dokter pada etik kedokteran, ia mendapat tempat yang terhormat ditengah
masyarakat. Masyarakat yang merasa telah ikut menyumbang pendidikan kedokteran
mereka mengangap dokter  tak wajar menjual llmunya semena-mena. Lunturnya etik
juga dipengaruhi lingkungan  misalnya infltrasi falsafah bisnis yang akan
menggoyang etik

  Begitu juga tehnik kedokteran  sangat digandrungi bisnis global dengan
memakai alat-alat canggih bisa menimbulkan ketergantungan profesi  pada
aparatus medicin . Seperti pemeriksaan “torch” Toxoplasma Rubella, Cytomegali
virus dan herpes.  Ultrasonografi (usg)  kolposkopi  semuanya adalah alat
mahal.  keinginan pasien diperiksa alat canggih menghantarkan dokter jadi
pedagang jasa

  “Jadilah orang  yang  lebih  besar dari kami”. kata saya menutup ceramah itu
Jangan angkuh tak menghormati guru mengangap jadi  lebih pintar. Pendidikkan
dan nama baik di masyarakat, mudah-mudahan  dengan  bekal ini kalian tertarik
memperbaiki nasib masyarakat saya anggap kita telah digariskan berperan oleh
Allah untuk  berperan di dunia  Kita harus lakukan sebaik yang kita mampu
Kemudian saya titipkan pesan pada murid-murid saya itu, betapa indahnya dunia
ini bila seorang perempuan aman menjadi ibu. Bagaimana caranya agar kita
bersama-sama, menciptakan keselamatan ibu. Segala tindakan dokter demi
kepentingan pasien
  Apalagi kata saya mengulas, masyarakat kita ambivalen dia memuji dan memuja
dokter karena  banyak yang bisa diselmatkan, tapi jika ada yang tak berhasil
diselamatkan caci makipun berserapahan semua dokter  dasarnya idealis tapi
lingkungan dan persaingan   jadi bermacam-macam, padahal  tuntutan masyarakat
sangat tinggi dan tak pernah puas.
  Kedamaian, visioner, disiplin,  kebersamaan,   tanggung jawab,  kejujuran,
kasih sayang, Hidup yang  terencana memiliki sebuah panduan cita-cita hidup
yang  akan di perjuangkan untuk  dicapai.

  Saya olang pesan pada Murid Bahwa  Dokter itu adalah pengibar panji-panji
kemanusian di barisan terdepan, Dari dulu begitu dan sampai dunia ini kiamat
juga akan begitu. Dengan Begitulah dia dihormati karena , dengan keilmuan dan
ketrampilan yang dimilikinya banyak manusia mengantungkan harapannya.
  Untuk itu ingin saya petikkan sebuah Firman Suci Nya dalam Al Qur'an
  dan apabila aku sakit.Dialah Yang menyembuhkan aku, (QS. 26:80)

  Selamat Ulang Tahun IDI, dan Selamat Untuk Provinsi Riau dan Fakultas
Kedokteran UNRI yang hari ini 12 November merupakan hari bersejarah menelurkan
Dokter pertama. Dan selamat Untuk jajaran Kesehatan hari ini adalah Hari
Kesehatan Nasional.

  Pekan Baru 12 November  2007

  Tulisan ini dapat dilihat di Website WWW.ksuheimi.

  blogspot.com

http://mail.yahoo.com
Website: http://www.rantaunet.org
UNTUK SELALU DIPERHATIKAN: