Kanda, kalau di caliak ka situs Depag atau Info haji, agak susah
caridetailnyo, tapi dibeberapa media, ado kok.

Iko Fwd dari Antara, 17/11/07 15:00

Garuda Akan Terbangkan 108.507 Jamaah Haji Indonesia

Jakarta (ANTARA News) - Maskapai Garuda Indonesia akan menerbangkan
108.507 jamaah haji Indonesia dalam dua fase, yaitu fase keberangkatan
dari 17 November hingga 14 Desember 2007, dan fase pemulangan dari 25
Desember 2007 hingga 22 Januari 2008.

"Dalam musim haji 2007/2008 ini, Garuda mengangkut sebanyak 108.507
jemaah yang tergabung dalam 288 kloter dari sembilan embarkasi," kata
Wakil Sekretaris Perusahaan PT Garuda Indonesia, Pujobroto di Jakarta,
Sabtu.

Pujobroto memaparkan, sembilan embarkasi tersebut adalah Banda Aceh
(13 kloter), Medan (18), Jakarta (49), Solo (82), Makassar (46),
Banjarmasin (16), Balikpapan (18), Padang (23), dan Palembang (23).

Ia juga mengatakan, dalam pelaksanaan penerbangan haji tahun 2007/2008
ini, Garuda mengoperasikan 14 pesawat berbadan lebar produksi tahun
1995 ke atas sesuai spesifikasi yang ditetapkan Departemen Agama.

Keempat belas pesawat tersebut adalah 2 pesawat berasal dari Garuda
sendiri (A-330) dan 12 pesawat lainnya disewa Garuda dari maskapai
asing yaitu 4 pesawat B-747, 3 pesawat B-767, dan 5 pesawat A-330.

Kapasitas kursi ketiga jenis pesawat haji tersebut adalah B-747 (455
kursi), B-767 (325 kursi), dan A-330 (325 kursi).

"Proses tender penyewaan pesawat tersebut dilaksanakan secara terbuka
dan transparan serta diumumkan di beberapa media cetak nasional dan
internasional," kata Pujobroto.

Ia juga mengatakan, awak kabin yang bertugas dalam pelaksanaan ibadah
haji kali ini berjumlah 724 orang yang terdiri atas 334 awak kabin
reguler Garuda dan 390 awak kabin musiman yang direkrut dari putera
puteri daerah embarkasi.

Mengenai pemilihan awak kabin asal daerah embarkasi, Pujobroto
mengemukakan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari "pelayanan"
Garuda bagi para jamaah untuk mengatasi kendala komunikasi (bahasa),
mengingat sebagian jamaah hanya mampu berbahasa daerah.

Berdasarkan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat)
Departemen Agama per tanggal 16 November 2007, jamaah haji biasa yang
akan diberangkatkan ke tanah suci berjumlah 193.429 orang sedangkan
jamaah haji khusus berjumlah 16.293 orang.

Jamaah haji biasa akan diangkut oleh Garuda Indonesia dalam 288 kloter
dan oleh Saudi Arabian Airlines dalam 195 kloter.

Sedangkan jamaah haji khusus diberangkatkan dengan penerbangan reguler
oleh Penyelenggara Ibadah Haji Khusus masing-masing.(*)

Kloter Pertama Jamaah Calon Haji Jakarta Dilepas Dua Menteri

Jakarta (ANTARA News) - Keberangkatan kloter pertama jamaah calon haji
DKI Jakarta dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dihadiri
dan dilepas secara resmi oleh Menteri Agama Maftuh Basyuni dan Menteri
Perhubungan Jusman Syafii Djamal.

"Bagi para jamaah, ibadah haji merupakan momen yang ditunggu atau
impian yang menjadi kenyataan," kata Menteri Agama (Menag) dalam kata
sambutannya di Soekarno-Hatta Jakarta, Sabtu.

Menag berharap agar jamaah haji Indonesia selalu dapat menaati aturan
dan jadwal dalam beribadah yang telah ditetapkan oleh pemerintah Arab
Saudi.

Selain itu, ia juga mengimbau peserta ibadah haji untuk betul-betul
menyiapkan diri dan beradaptasi dengan keadaan di tanah suci.

"Saya harap jamaah haji Indonesia tidak terprovokasi oleh isu-isu yang
belum jelas kebenarannya," katanya.

Maftuh juga menyatakan rasa optimistisnya bahwa pelaksanaan haji pada
tahun 2007 ini akan berjalan lebih baik dan lancar dibandingkan dengan
pelaksanaan tahun 2006 yang terkendala oleh beragam permasalahan
seperti katering dan pemondokan.

Sementara itu, seorang jamaah calon haji dari Jakarta Utara, Siti (52)
mengemukakan bahwa dirinya merasa bersyukur dan telah mantap untuk
melaksanakan ibadah haji.

"Saya hampir-hampir tidak bisa tidur kemarin malam karena menunggu
sekali hari ini," kata wanita yang melaksanakan ibadah haji bersama
suami dan kakaknya itu.

Ia juga memaparkan tidak menemui kendala berarti pada saat berada di
Asrama Haji Pondok Gede sebelum keberangkatannya di Bandar Udara
Soekarno-Hatta.

Sementara itu, berdasarkan pantauan ANTARA News, pesawat Garuda dengan
nomor penerbangan GIA 7101 yang membawa 450 peserta jamaah haji
berhasil take-off dengan sempurna pada pukul 09.15 WIB.

Tampak sekitar 100 orang yang merupakan anggota keluarga dari para
peserta haji tersebut melambai-lambaikan tangan mereka kepada pesawat
yang diperkirakan akan tiba di Madinah pada Sabtu (17/11) pukul 14.55
waktu setempat itu.

Seorang petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji, Sudja`i
mengemukakan bahwa jumlah yang mengantarkan peserta haji pada saat
pemberangkatan biasanya memang relatif lebih sedikit dibandingkan
dengan pada saat pemulangan jamaah.

"Mereka yang mengantarkan jamaah haji umumnya lebih banyak hanya
sampai ke Asrama Haji Pondok Gede," kata Sudja`i.(*)

Copyright (c) 2007 ANTARA

Website: http://www.rantaunet.org