tidak bisa dibuka oak Saf
  Chaidir N Latief

"Dr.Saafroedin BAHAR" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Note: forwarded message attached.

Date: Sat, 22 Dec 2007 17:38:35 -0800 (PST)
From: "Dr.Saafroedin BAHAR" <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Himbauan terhadap seluruh pegiat RantauNet,
To: [EMAIL PROTECTED]
CC: "Dra. Adriyetti AMIR, SU" <[EMAIL PROTECTED]>,
Ilhamdi TAUFIK <[EMAIL PROTECTED]>,
MH Bachtiar Abna SH <[EMAIL PROTECTED]>,
Warni DARWIS <[EMAIL PROTECTED]>, Zulfan Tadjoeddin <[EMAIL PROTECTED]>,
Suryadi <[EMAIL PROTECTED]>, [EMAIL PROTECTED],
"Janedjri M. Gaffar" <[EMAIL PROTECTED]>,
Ifdhal KASIM <[EMAIL PROTECTED]>,
"Budhy LATIEF, SE" <[EMAIL PROTECTED]>,
"Hilmy ROSYIDA, SH, MM" <[EMAIL PROTECTED]>,
Dr Zulyani HIDAYAH <[EMAIL PROTECTED]>,
Zulidamel <[EMAIL PROTECTED]>

  Assalamualaikum w.w. para Sanak sa palanta, di Rantau dan di Ranah,

  Izinkanlah saya memanfaatkan momen yang baik sekarang ini, sewaktu kita
sungguh risau mengenai cara kita bermilis dalam RN ini,

  Walaupun kita berbeda-beda usia, latar belakang pendidikan, pekerjaan, atau
kegemaran, ada satu hal yang mempersatukan kita, yaitu kecintaan kita kepada
Minangkabau, yang dalam kemajemukan Indonesia merupakan identitas diri kita.

  Sudah barang tentu pada dasarnya segala hal bisa kita muat dalam milis ini,
yang lumayan banyak pegiatnya, baik yang aktif maupun yang pasif. Baik yang
sekedar gurauan ringan maupun yang berat-berat.

  Sepanjang mengenai minat diri saya sendiri – yang sudah berusia 70 tahun
lebih --- satu hal yang menjadi kerisauan saya mengenai Minangkabau adalah
karena Minangkabau menganut sistem nilai dan tatanan yang khas, maka
Minangkabau juga mempunyai masalah yang khas dan memerlukan solusi yang khas.

  Susahnya, menurut penglihatan saya, masalah khas yang memerlukan solusi khas
tersebut belum secara sungguh-sungguh ditangani. Berbagai wacana yang ada
mengenai Minangkabau selama ini lebih banyak merupakan rangkaian kesan-kesan
sesaat, didasarkan kepada asumsi-asumsi yang hampir tidak ada kaitannya dengan
kenyataannya, dan lebih banyak bernada pesimis.

  Tidak dapat saya hindari, bahwa saya sungguh risau dengan keadaan masyarakat
dan daerah asal saya itu. Dalam karir saya yang panjang dalam lembaga-lembaga
militer `dan sipil yang bersifat nasional, mau tidak mau saya terpaksa
membandingkan keadaan masyarakat dan daerah Minangkabau tersebut dengan standar
nasional serta dengan keadaan masyarakat darn daerah-daerah lainnya di
Indonesia. Demikianlah, bersama dengan Sanak Ir Mohammad Zulfan Tadjoeddin MA,
pada tahun 2004 yang lalu  saya menerbitkan visi saya mengenai Minangkabau
secara menyeluruh, dengan judul yang saya rasa cukup jelas memuat harapan saya,
yaitu “Masih Ada Harapan: Posisi Sebuah Etnik Minoritas dalam Kehidupan
Berbangsa dan Bernegara”. Selain memuat ulasan yang bersifat kualitatif dan
berbagai rujukan literatur, buku tersebut memuat data statistik konkrit tentang
kondisi manusia Minangkabau, di Ranah.

  Sebagai komisioner Komnas HAM -- sampai akhir Agustus 2007 yang lalu – pada
bulan Juni 2007 saya [ikut] memprakarsai sebuah semiloka yang lumayan
komprehensif terhadap masyarakat hukum adat Minangkabau, yang seluruh, atau
sebagian besar makalahnya sudah diterbitkan oleh Mahkamah Konstitusi, dengan
judul “Membangun Masa Depan Minangkabau dari Perspektif Hak Asasi Manusia”, dan
insya Allah segera akan didistribusikan kepada publik, khususnya di Sumatera
Barat. Mudah-mudahan ada manfaatnya untuk membuka mata seluruh warga masyarakat
Minangkabau tentang keadaan dirinya, diulas secara menyeluruh.

  Pada saat ini saya sedang mendorong berlangsungnya sebuah diskusi panel
mengenai Perang Paderi, 1803-1838, dengan bantuan Arsip Nasional. Secara
langsung wacana ini memang merupakan jawaban terhadap gugatan Sdr Ir Mudy
Situmorang terhadap gelar kepahlawanan Tuanku Imam Bonjol. Namun yang ingin
saya capai lebih dari itu. Saya ingin memanfaatkan momen tersebut sebagai awal
momentum terwujudnya persatuan dan kesatuan dari seluruh masyarakat
Minangkabau, baik di Ranah maupun di Rantau, dengan menekuni sejarah dan
doktrin ABS SBK yang lahir dalam kurun Perang Paderi tersebut.

  Tema yang saya lihat berpotensi dapat mempersatukan kita orang Minangkabau –
baik di Ranah maupun di Rantau -- memang hanya doktrin ‘Adat Basandi Syarak,
Syarak Basandi Kitabullah’ yang disingkat dengan ABS SBK. Saya sudah banyak
bertanya dan membaca mengenai ABS SBK ini kepada berbagai fihak, dan saya
sungguh heran, bahwa ada jarak yang lumayan besar antara apa yang diinginkan
dan apa yang ada dalam kenyataan. Lebih dari itu, mengenai makna ABS SBK ini
ada bermacam-macam interpretasi.

  Bulan Desember 2007 ini ada dua buku baru yang saya peroleh dalam kunjungan
saya ke Universitas Andalas, Padang, yang banyak memberi pencerahan mengenai
masalah yang sungguh-sungguh  menjadi kepedulian saya ini. Buku pertama adalah
disertasi Prof Dr Tsuyoshi Kato, yang diterjemahkan dengan indah sekali oleh Dr
Gusti Asnan dan Akiko Iwata, 2005, Adat Minangkabau dan Merantau dalam
Perspektif Sejarah, Balai Pustaka, Jakarta; dan tesis master dari Zuriati,
2007, Undang-undang Minangkabau dalam Perspektif Ulama Sufi, Fakultas Sastra
Universitas Andalas, Padang.

  Dengan tidak mengurangi penghargaan saya terhadap para pengarang dan
buku-buku lain tentang Minangkabau, saya menilai dua buku ini sangat penting
dalam upaya kita bersama memahami kompleksitas sistem nilai serta struktur
sosial Minangkabau, yang kita bahas secara berkelanjutan dalam RN ini.

  Akhirulkalam, saya sangat menghargai RN ini serta para pengasuhnya, yang
selama 14 tahun tanpa henti telah menyediakan palanta untuk kita berdiskusi
mengenai masalah-masalah Minangkabau. Sebagai pendatang yang relatif baru saya
berterima kasih telah memperoleh kesempatan menyajikan pandangan saya dan
memperoleh masukan dari sesama pegiat RN, antara lain mengenai  ranji dan
istilah serta mengenai ABS SBK, yang syukur Alhamdulillah kini mendekati
finalisasi perumusannya.

  Saya memang lumayan terganggu dengan beberapa sanak yang akhir-akhir ini
disebut sebagai ‘tukang tubo’, yang dengan ringan saja mengusili bukan saja
substansi wacana yang lumayan berat, tetapi juga tidak jarang ditujukan kepada
pribadi.  Setelah saya perhatikan, rasanya tidak ada niat jahat dari ‘korps’
tukang tubo ini. Yang terlihat jelas adalah sifat usil, galetek, saja. Tidak
atau belum ada substansi atau argument serius yang ditampilkan.

  Sekiranya penilaian saya ini benar, izinkanlah saya menghimbau segala
kalangan dan lapisan dalam RN ini, termasuk para ‘tukang tubo’, agar dua bulan
mendatang – sampai tanggal 22 Januari 2008 -- kita fokuskan perhatian seluruh
pada penuntasan wacana ABS SBK, yang selama 170 tahun ini belum tuntas juga
rinciannya, padahal kita sudah menyepakati [?] bahwa ABS SBK itulah ‘jati diri
Minangkabau’. Konkritnya, para tukang tubo saya mohonkan agar beristirahat
dulu, kita adakan semacam ‘moratorium’ tubo manubo ini.

  Saya sangat yakin, kalau rincian rumusan doktrin ABS SBK ini dapat kita
selesaikan, banyak masalah Minangkabau yang selama ini kita hadapi, akan
terselesaikan sejak dari akarnya yang paling paling dalam. Insya Allah.

  Wassalam,
  Saafroedin Bahar

Website: http://www.rantaunet.org
UNTUK SELALU DIPERHATIKAN:
- Selalu mematuhi Peraturan Palanta RantauNet lihat di
http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-palanta-rantaunet
jalur pribadi.