Untuang sanak Rahima ko tingga di Mesir mah. Kalau tingga di Eropa tantu lah ka
paniang lelek pulo sarupo lauak kanai tubo urek (eh...tamasuak "tukang tubo"
pulo ambo ko ndak?).
Sadang tingga di Mesir baru, lai ndak pandai babahaso Minang lai Sanak Rahima
di lapau ko.
Ambo tingga di Eropa ko, tapi lai indak batuka ugamo ambo doh. Lai balemak juo
bahaso Piaman ambo nyeah.
IKO NAN DISABUIK 'RELATIVITAS BUDAYA' SANAK RAHIMA. Kok ambo baco novel El
Shirazi, Ayat-Ayat Cinta, nan berlatar Kairo tu, tau pulo ambo banyak saketek e
'kekurangan' (baco relativitas) budaya Mesir tu. Apo lai kalau diambah mambaco
novel2 N. al Sadawi. Paralu ka Mesir kito ko mah. Ka Spanyol ambo alah (Madrid,
Granada, Cordoba, Huelva, Al-Meira, Sevilla, Barcelona, Malaga, dll.)
Masyarakat Spanyol dengan budayo siesta-nyo terkenal dengan keramahannyo,
meskipun inyo "kapia lanaik".
Mohon maaf ko sanak. Garah di lapau. Kopi steng, rang dapua!

Salam Idul Adha,
Suryadi

Assalamu'alaikumwarahmatullahiwabarakaatuh.

Koq saya dah lama tinggal di Mesir(lbhkrg 17 thn, ngak
pernah lihat ada lelaki yang cium jidat lelaki, atau
jalan sambil pegangan tangannya yah...?)Yang saya
lihat lk gandeng tangan cewek, ngak tau apakah mereka
suami istri, atau tunangan, tapi biasanya di Mesir
orang yang jalan duaan lk dan pr adalah suami istri,
atau tunangan. Suami istri biasanya pegangan tangan,
tapi tunangan biasanya jalan berdua aja. Kebiasaan
orang Mesir memang sang suami sangat melindungi
istrinya dalam perjalanan, terutama di bis, atau
angkot. Kalau ada lelaki lain coba-coba menyentuh
istrinya itu, alamat kaos kaki melayang.

Dulu, sewaktu tingkat satu kuliyah, saya sering sekali
dicium pipi kanan dan kiri oleh teman wanita yang
Mesir, saya selalu menghindarinya. bukan apa-apa,
kadang mereka itu belum mandi, kadang lipstiknya suka
lengket dipipi, ngak enak banget rasanya, ngak nyaman.
akhirnya cara menghindarinya, sebelum mereka menyerbu
saya, saya lebih dahulu memberikan jabatan tangan
saya, dan ucapkan salam, atau cara yang aman adalah
datang awal sekali, sehingga kita bisa duduk dibangku,
sambil baca, jadi, biasanya yang cipika-cipiki itu
adalah bagi yang baru ketemu dan belum duduk
dibangku.Dan itu sesama cewek, saya dah lama di Mesir
belum pernah lihat dijalanan merupakan kebiasaan ada
yang lain jenis melakukannya setiap ketemu.

Saya malah seminggu di Spanyol melihat cewek-cowok
biasa aja melakukan hal-hal yang lebih kurang pantas
dipandang mata di jalanan umum begitu. Masih lebih
terjaga mata saya melihat hal-hal tak pantas begituan
di Mesir ketimbang di Spanyol yang hanya seminggu itu.
Coba saja kalau bertahun saya disana, apalah jadinya
mata saya ini.Ngak dilihat, terlihat jelas, ngak
dipandang dia ada didepan mata.Masih lebih banyak
terjaganya mata dari melihat pakaian wanita you can
see, di Mesir itu, ketimbang di sono itu.

Wassalamu'alaikum. Rahima.

(hehehe..sejujurnya dr awal saya kagak ngerti apa itu
topik cipika-cipiki, setelah baca postingan dik Ridha
baru saya mengerti, akhirnya saya coba mengartikan
sendiri kepanjangan cipika-cipiki itu, moga ngak salah
dugaan saya).

--- Syafrinal Syarien <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Cipika-cipiki sesama pria-pria adalah kebiasaan di
> Saudi Arabia, malah sampai cium jidat segala. Bukan
> hanya itu, jika dua orang pria yang akrab, mereka
> biasanya jalan bergandeng-tangan di depan publik.
> Mungkin karena mereka nggak bisa cipika-cipiki atau
> gandeng tangan dengan cewek, akhirnya dengan cowok
> pun
> boleh lah... :)
> Nah, biasanya banyak yang menganggap semua yang
> berbau
> Arab berarti berbau Islam juga. Akhirnya
> cipika-cipiki
> jadi kebiasaan lokal juga.

> [...]

Be a better friend, newshound, and

Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di di bidang Anda! Kunjungi
Yahoo! Answers saat ini juga di http://id.answers.yahoo.com/
Website: http://www.rantaunet.org
UNTUK SELALU DIPERHATIKAN:
- Selalu mematuhi Peraturan Palanta RantauNet lihat di
http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-palanta-rantaunet
jalur pribadi.