Manusia yang kecil dan yang terbatas daya pikirnya itu membayangkan Allah YME
mempunyai sistem administrasi yang mirip2 sistem administrasi manusia. Makanya
mereka membayangkan untuk administrasi dosa dan pahala ada malaikat Munkar dan
Nankir yg nyatat di kanan-kiri kita. Baru-baru ini di KITLV Leiden ada pameran
buku SORGA DAN NERAKA, komik bergambar serem2 yang diperuntukkan untuk anak2
kita di Indonsia. Saya dulu juga membacanya. Ngeri sekali gambaran neraka itu:
orang yang memotong lidah dankelaminnya sendiri, orang yang minum darah dan
nanah, mereka yang berjalan di titi lalu terlempar jaruh ke api yg menyala2.
Matahari hanya sejengkal dari kepala. Menarik sekali bagaiamana manusia dalam
kecemasannya merepresentasikan hari akhirat itu dalam bentuk visual.....
Seorang teman saya berencana menulis sebuah proefschrift mengenai ini.

Salam,
Suryadi

On Jan 9, 2008 6:44 PM, Syafrinal Syarien <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Nah kan jaleh tuh ha, Allah lebih tahu dari malaikat.
> Jadi indak paralu bagai Malaikat melapor-lapor ka
> Allah doh takah ajudan malapor ka presiden. Apo guno-e
> kegiatan lapor-melapor saat wakatu Ashar tu? LAgipulo
> wakatu Ashar tu beda-beda di tiok tampek. Jadi jadwal
> acara lapor-melapor ko jadi kontinu taruih. Seharian
> bisa melapor se karajo malaikat ko.

Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di di bidang Anda! Kunjungi
Yahoo! Answers saat ini juga di http://id.answers.yahoo.com/
Website: http://www.rantaunet.org
UNTUK SELALU DIPERHATIKAN:
- Selalu mematuhi Peraturan Palanta RantauNet lihat di
http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-palanta-rantaunet
jalur pribadi.