Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un ...

Terima kasih dengan kaba nan baambaukan ko Angku Nofend. Beliau telah
mendahului kita; seperti kemarin saya ucapkan dengan berita duka alm Zainal
Bakar, "mumbang jatuah kalapo jatuah".

Beliau tidak akan kembali lagi, semoga perjalanan jauhnya selamat sampai ke
tujuannya ke tempat yang telah tersedia menemui Janjian Ilahi Rabbi. Semoga
keluarga yang ditinggalakan dapat sabar dan tawakkal melepas kepergiannya.

Dari pihak pribadi saya sendiri pernah terjadi misinterpretasi miskomunikasi
yang tidak enak tak terlupakan di Lapau ini dengan beliau bersama Rangkayo Yul
(yang waktu itu saya anggap dan panggilkan Angku Yul). Peristiwa itu sudah saya
maafkan dan kami berdua sudah saling memaafkannya baik di jalur pribadi atau di
tempat umum di Lapau ini. Hanya dengan Rangkayo Yul saya tidak pernah
berkomunikasi. Inilah kesempatan, second chance di Bulan Ramadhan yang mulia
ini, untuk mengingatkannya bahwa kami sudah saling memaafkan. Semoga Rangkayo
Zul ingat, dapat sabar dan tawakkal dengan kepergian suami yang dicintai;
utang-piutang moral antara kami sudah kami selesaikan. Subhanallah.

Salam,
Sjamsir Sjarif
Santa Cruz, Callifornia, USA