Ustad Ridha;

Kalau Ustad merasa tidak merasa melakukan ad hominem, saya minta maaf yang
sebesar-besarnya.

Hanya bagi diri saya sendiri, antara 'doing good things' dengan 'doing
things goods', sesuatu hal tidak bisa dipisah-pisah. Islam itu kebajikan,
mengaktualisasikan Islam harus dengan cara yang bajik.  Islam tidak hanya
tujuan, tetapi juga cara.

Bagi saya mengorek-ngorek kekeliruan orang lain yang pendapatnya tidak saya
sukai, bukan kebajikan. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan.
Kekurangan seseorang tidak menyebabkan apa yang disampaikannya lalu salah
semua.

Jusfiq Hadjar, musuh orang Minang nomor satu,  dan lawan saya bakaruak arang
selama bertahun-tahun di Proletar dan Apakabar, pernah saya sampaikan
kebaikannya di sini, seperti  keberpihakannya secara konsisten terhadap
orang-orang yang teraniaya, termasuk umat Islam dalam peristiwa Tanjung
Priok, masyarakat Aceh sewaktu DOM diberlakukan, rakyat Irak dalam Perang
Teluk dan yang dizalimi Israel

Dengan bersikap seperti itu, tentu saja saya telah merasa sempurna. Walaupun
badan sudah bau tanah, saya merasa sangat-sangat jauh dari sempurna

Ya, apalah awak ini

Wassalam, HDB-SBK (L, 69)

====

Re: [R@ntau-Net] Ustad Chodjim mengenai Al Maidah 51
Fri Aug 3, 2012 4:47 pm (PDT) . Posted by:
"Ahmad Ridha"

Pak Darwin,

Pertama, mohon ditunjukkan tulisan saya yang "argumentum ad hominem". Saya
menilai ini adalah tudingan yang besar, dan jika memang saya melakukannya,
tentu saya perlu mengetahuinya agar dapat menghindarinya.

Kedua, pesan yang diteruskan dimaksudkan untuk menjelaskan makna suatu ayat
al-Quran sehingga tentunya perlu dicermati jika dalam tulisan yang sama ada
ungkapan al-Quran yang digunakan tidak dalam makna yang semestinya.
Ibaratnya ada seseorang didaulat untuk menjelaskan suatu teori matematika,
lalu dalam penjelasannya disebutkan bahwa "dua adalah bilangan ganjil".

Ketiga, komentar saya tidak ditujukan untuk mendukung calon manapun dalam
Pilkada DKI. Saya hanya tidak mau ayat al-Quran hanya dimanfaatkan atau
dipelintir untuk kepentingan politis.

Mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan. Terima kasih.

Ahmad Ridha