Sanak sapalanta nan budiman,
kebetulan pada hari Kamis-Jumat pekan lalu (20-21 Sept), ambo sampek hadir di
Muara Labuh untuk acara ko, akan ambo sampaikan apo nan ambo liek dan danga di
sinan. Hari Kamis adalah Doa Bersama (selamatan) untuk rencana pengeboran
pertama PT Supreme Energy Muara Labuh, sedangkan hari Jumat adalah stud ini
(penajakan), atau drilling perdana.

----
Disclaimer: ambo bukan karyawan/share holder SEML dan indak berkepentingan
langsung, jadi ini adalah pendapat ambo surang. Untuk info tentang SEML bisa
dibaca di http://www.supreme-energy.com. Ambo adalah panulih biaso dan mandapek
kamurahan hati Allah sahinggo CEO SEML, Supramu Santosa, mangundang ambo
sabagai kawan untuk maliek acaro penting tu. Di Muara Labuh, ambo sampek batuka
pandapek jo Victor van der Plas (COO SEML, mewakili GDF Suez), dan Yasuki Sato
(CFO, mewakili Sumitomo) dek karano SEML adolah bentukan dari tigo  kalompok ko
(Supreme Energy dengan Pak Pramu sebagai Presiden dan CEO, serta GDF Suez dan
Sumitomo dengan masing-masing nama di ateh sabagai wakil mereka di SEML). Di
Muara Labuh, ambo sampek pulo badiskusi singkat jo Bupati H. Muzni Zakaria
(hadir di dua acara ko). Sahinggo apo nan ambo tulih di bawah ko adalah
rangkuman dari pandapek-pandapek itu ditambah sambutan dari Direktur Panas Bumi
(Tasnaldi, nan urang awak juo), Ketua
 DPRD Solok (Khairunnas), Asisten II Gubernur Sumbar, bidang Ekonomi (karano
Pak Irwan Prayitno mandadak dipanggil Jero Wacik ka Jakarta, meski sabalunnyo
alah konfirm hadir) serta obrolan ambo dengan Triharyo Indrawan Susilo (Hengki,
anak Pak Susilo Sudarman, CMO SEML).
-----

Dek karano banyak pandapek sanak sapalanta sabalunnyo nan mancaliek proyek ko
dengan pendekatan "mancaliek gunung" (general), ambo cubo lakukan pendekatan
"mancaliek pohon" (labiah spesifik) agar labiah taliek aa nan dilakukan SEML ko
di Muara Labuh sabananyo. Ambo cubo bagi dalam duo bagian (Teknis dan
Non-Teknis).

Teknis
1. SEML adalah bagian dari Rencana Pemerintah untuk Proyek Percepatan 10.000
MegaWatts Kedua.
2. Ado 16 titik potensi geotermal di Sumbar.
3. Potensi geotermal di Muara Labuh (ML) mulai diriset oleh SEML sejak 2008.
Baru pada Maret 2012, ado agreement dengan PLN sebagai buyer nan akan mambali
listrik dari PLTP ko.
4. Salamo 4 tahun ko, SEML alah manginvestasikan sekitar 20-25 juta dolar untuk
pambangunan infrastruktur (mambuek jalan ka lokasi, dlsb). Sampai saat kini
alun ado pamasukan ka SEML, sadonyo pangaluaran. Investasi keseluruhan proyek
(termasuk setelah jalan) adalah 6,7 trilyun.
5. Stud in (penajakan partamo) hari Jumaik lalu adalah untuak fase eksplorasi.
Artinyo, satalah sagalo macam janih riset dilakukan dan manunjukkan hasil
positif (di ateh karateh), maka saatnya untuk manguji hasil riset tu dengan
malakukan pengeboran untuk pambuktian empiris.
6. Direncanakan eksplorasi berlangsung pada 4 sumur (minimal) dan 6 sumur
(maksimal). Masing-masing eksplorasi sumur sekitar 1,5 bulan, sehingga
dibutuhkan waktu 6-9 bulan untuk menuntaskan eksplorasi.
7. Jika hasil eksplorasi positif, maka awal 2014 baru akan dimulai fase
eksploitasi selama sekitar 2 tahun (sampai 2016 tahun).
8. SEML mendapat izin dari pemerintah untuk mengelola PLTP ML salamo 30 tahun.
9. SEML adalah parusahaan energi partamo nan mandapek izin pengelolaan
geotermal setalah munculnyo UU Panas Bumi, saat Ketua Komisi VII dijabat oleh
Irwan Prayitno (kini Gub Sumbar). Sabalun itu, para pemain geotermal adalah
parusahaan-parusahaan "tuo" samacam Pertamina, dll.
10. Daya listrik di Sumbar saat ini sekitar 450-an MegaWatt, sahinggo jika SEML
nan punyo daya produksi 220 MW (2 x 110) alah samporono baoperasi kudian hari,
saparuah dari kebutuhan listrik Sumbar saat ini adalah bisa dipasok dari
Solsel.

Non-Teknis

1. Ado anggapan di masyarakat bahwa proyek geotermal ko berpotensi seperti
Lapindo jika tajadi musibah. Anggapan itu disabuik oleh Bupati Muzni Zakaria
dalam sambutan Hari Kamis (Doa Basamo).
    "Masih ada kabar yang menyebutkan proyek ini bisa seperti Lapindo. Saya
minta agar isu semacam ini jangan diperpanjang. Kalau belum mengerti tentang
panas bumi, tanyakan pada insinyur-insinyur SEML. Nanti akan mereka jelaskan.
Tapi kalau mereka jelaskan dengan sangat rinci, nanti kita juga yang pusing
mendengarnya. Karena itu mohon warga agar percaya kepada saya bahwa insya Allah
tidak akan terjadi peristiwa seperti Lapindo di Solsel ini," ujar Pak Bupati
(gelar S2 beliau adalah M.Eng, S1 dari Teknik Sipil dan pernah lama berkhidmat
di kantor PU).

2. "SEML sudah melakukan 9 x sosialisasi bagi warga Muara Labuh dan Solsel,
termasuk dengan memberangkatkan 50 (lima puluh) tokoh masyarakat untuk melihat
proyek Geotermal di Bandung untuk melihat bagaimana amannya proyek geotermal
ini" (Sambutan Pak Pramu sebelum Doa Basamo pada hari Kamis).

3. "Baru tahap awal saja belum sampai produksi, proyek ini sudah membawa berkah
bagi masyarakat Muara Labuh, karena tanah milik mereka harganya sudah naik
harganya sampai berpuluh-puluh kali lipat," ujar Buya ... (ambo lupo namonyo,
bisa dicek lewat sanak Nofrins Napilus -- anggota milis ko nan Senior Manager
Field Relations SEML -- sabalun mamulai Doa Basamo. Kato-kato Buya ko manuruik
ambo manunjuakkan sacaro implisit ado pandapek di masyarakat bahwa proyek ko
indak mambao barokah ka masyarakat banyak, hanyo untuang bagi SEML sajo).

4. "Selama saya 25 tahun berkiprah di dunia energi, baru sekali ini saya
bahagia luar biasa karena meresmikan mega proyek yang berlangsung di tanah
kelahiran sendiri, Sumbar," ujar Direktur Panas Bumi Tisnaldi. "Apalagi proyek
ini ditangani oleh putra-putra Minang yang kapabel di bidangnya termasuk Pak
Pramu yang urang sumando."

Putra-putra Minang yang kapabel nan dimukasuid Tisnaldi adolah Julfi Hadi (VP,
Explorations & Subsurface Engineering) sebagai penanggung jawab pengeboran dan
Asrizal Masri (Manajer Operasi).

Kiro-kiro itulah nan bisa ambo kaih dari ingatan tentang SEML salamo dua hari
kunjungan Kamis-Jumat pekan lalu.

Bagi ambo pribadi, pangalaman nan labiah bakasan bukan hanyo tentang SEML.
Sajak batamu Pak Pramu Rabu malam di Rumah Gadang Sicamin (Biaro) miliknyo
sampai pulang Sabtu siang (barangkek dari Biaro pulo ka BIM), obrolan ambo jo
Pak Pramu dan beberapa urang tamunyo nan lain dari baragam profesi
(non-pengusaha geotermal), salalu manyangkuik pambicaraan tentang hakikat dan
makrifat dalam ugamo Islam, baiak sampai lapeh tangah malam, dalam pajalanan
Kiktinggi-ML pulang pagi, bahkan sampai sarapan pagi hari Sabtu manjalang ambo
pulang. Intens bana awak badiskusi ugamo, salain  shalat bajamaah di "surau"
Pak Pramu nan talatak di lantai 2 Rumah Gadang Biaro (tampeknya antara simpang
4 Angkek, Candung, arah Pasar Lasi).

Mohon maaf ambo bagi urang-urang nan alun tahu banyak tentang Pak Pramu, atau
masih "manyangsikan" niek baiak baliau saolah-olah SEML hanyo akan manambang
kekayaan alam ranah Minang dan malupokan rakyat. Insya Allah sapangamatan ambo,
itu bukan sifat baliau. Investasi raksasa sebesar hampir 7 trilyun (di mana
pada fase eksplorasi ini hampir semuanya dari uang pribadi beliau) adalah
risiko yang tidak kecil dibandingkan jika uang tersebut beliau investasikan
untuk kebutuhan pribadi dan keluarga sendiri.

Kedua, ambo alah maliek dengan mato kapalo sendiri sebuah pesantren di Kebon
Jeruk Jakarta, nan dibangun Pak Pramu, kini lengkap dengan bangunan kelas
tingkat tiga dan masjid serta asrama bagi santri, yang nilainya sekitar Rp. 5
M. Awalnyo dimulai karena satu waktu Pak Pramu bertemu jo ustad pengelola
pesantren ko nan rumahnyo dipenuhi anak-anak jalanan nan lalok di setiap sudut
rumah, bahkan sampai ka ateh meja. Peristiwa ko mambuek Pak Pramu tasantuah
hatinyo dan mangaluakan dana pribadi (bukan dana Supreme) untuk membangunkan
pesantren yang layak.

Sangkek carito, Pak Pramu iko bukanlah tipe pengusaha Kapitalis (dengan "K"
gadang) nan indak paduli jo masyarakat atau lingkungan. Ambo taringek pado maso
ambo alun kana pribadi jo Pak Pramu, surang kawan ambo di majalah Petrominer
(Prismono namonyo) pernah bilang bahwa ado pengusaha "unik" di bidang oil &
geotermal yang ringan tangan mambantu urang. "Kalau ada proposal permintaan
bantuan dana masuk ke kantornya dan kantornya tak bisa membantu, Pak Pramu
sering mengeluarkan uang sendiri untuk proposal itu," kata Prismono.

Ruponyo Allah manggarihkan ambo bisa pulo batamu, bakanalan, dan manjadi cukuik
akrab, jo salah seorang hambaNyo nan, manuruik mato tabateh ambo ko, sangaik
luar biaso ko. (Ambo parnah lo diberitahu seorang Vietnam pebisnis migas nan
kenal Pak Pramu bahwa Pak Pramu ko sangaik membela karyawan Indonesia di mato
para bos "bule" pado karajo-karajo sabalunnyo. "Belum pernah saya melihat ada
seorang bos Indonesia yang begitu mati-matian memperjuangkan agar gaji sopir
perusahaan dinaikkan agar layak dalam sebuah meeting BOD. Padahal urusan gaji
sopir perusahaan itu kan sudah bukan level dia lagi yang memikirkan. Tapi bagi
Pak Pramu hal itu sering mengusik pikirannya, "Apakah gaji sopir perusahaan
kita sudah layak untuk mereka hidup?"

Daftar "testimoni" seperti di atas bisa diperpanjang (karena selama di Muara
Labuh, saya sempatkan juga bicara dengan sejumlah sopir, security, dan karyawan
lain) tentang pendapat mereka bekerja di SEML dan tentang kesan mereka tentang
Pak Pramu, terutama dari karyawan yang pernah bekerja di perusahaan sejenis
lain milik asing.

Dan hasilnya adalah .... Silakan sanak sapalanta nan masih merasa perlu
mendapatkan tambahan keyakinan tentang latar belakang Pak Pramu (karena
seringkali kebijakan perusahaan itu diwarnai oleh karakter pribadi sang CEO),
untuk bertanya kepada karyawan SEML di lokasi, di semua bidang. Kalau semua
saya ungkap di sini, rasanya nanti akan menjadi promosi saja.

Namun saya pribadi yakin setelah mengetahui akhlak beliau, dan dua kali
kunjungan ke ML (yang pertama bulan Juni), insya Allah SEML akan menjadi
maslahat bagi warga Muara Labuh dan Solsel khususnya, serta masyarakat Sumbar
pada umumnya.

Jika ada data saya (terutama sisi teknis) yang keliru kutip, mohon sanak
sapalanta nan mangarati untuak memperbaiki.

Wallahu a'lam bish shawab,

Akmal Nasery Basral
Cibubur

minds are like parachutes. they work best when open.