MakNgah menulis:

"Mudah-mudahan satu ketika nanti, Daerah Selatan ini punya bendara".

----

ANB:

Jawaban normatif: Amin yra.

Jawaban praxis: ini sebetulnya tugas organisasi-organisasi Minang, apalagi
tingkat nasional dengan jejaring internasional sebagai "Pressure Group"
(dalam arti positif) seperti saya suarakan sepekan terakhir di milis ini.

Kenapa?

1. Selama 67 tahun Indonesia Merdeka? Ada berapa pertumbuhan bandara
perintis di Sumbar?

Ada 10? Tidak! Ada 5? Nehi. Lantas berapa? S-A-T-U.
Di mana? Laban, Pasaman Barat.

Sekarang ini kalau kita ke Papua (selain ke bandara Tanah Merah di Digul
yang MakNgah sebut kemarin), di Kaimana Papua Barat pun ada bandara
sendiri, selain di ibukota Manokwari.

2. Berapa proyeksi pertumbuhan bandara perintis di Sumbar tahun depan?
(Silakan kalau ada yang mau jawab, karena tidak sulit menjawabnya).

Berapa proyeksi pertumbuhan bandara perintis di Indonesia Bagian Timur? 15
bandara!

http://www.merdeka.com/uang/bangun-15-bandara-baru-penerbangan-perintis-diutamakan.html

3. Mahalkah membuat sebuah bandara perintis?

Tidak. Karena hanya sekitar Rp. 50 miliar.
(Yah, kira-kira biaya 2 musim kompetisi klub Semen Padang yang Rp. 23
miliar per musim).

4. Tetapi kenapa tidak ada organisasi Minang yang memikirkan hal
SESTRATEGIS ini padahal para "Saudagar Minang" semakin banyak dari tahun ke
tahun?

Jawaban mudah:
1. Karena semua menganggap itu hanya tugas Pemprov.
2. Tugas organisasi Minang cukup hanya merumuskan, mengkaji ulang,
menyelidiki sejarah. ABS SBK, terus menerus, dari era ke era, meski semakin
banyak pakar Ekonomi Pembangunan, semakin menjamur sarjana Teknik Sipil,
Teknik Perhubungan, dll.

5. Jadi jangan heran kalau hanya 5 tahun dari sekarang (2017-2018), Sumbar
akan semakin tertinggal dari Sumba (Indonesia Timur) seperti diposting
seorang sanak palanta yang baru pulang dari sana pekan lalu.

Silakan diskusi dilanjutkan MakNgah ....

Salam,

Akmal N. Basral
44+, Cibubur