Maaf...
Rasonyo Papua jo Sumbar indak bisa disamokan kondisinyo

Papua mereka dalam kondisi No Choice, sahinggo babipun dipaluak naik pesawat.
Kok diawak masih banyak pilihan lain.

Ketika  naiak tiket kapatabang maso Peak Seasion , urang pulkam naik bus atau
kapa Pelni. Bahkan ado rombongan  nan maosong "Metro Mini" dari Batawi

Apakah memang awak  butuh airport tambahan ? Bahasa keren kadang disabuik
Bandara Perintis

Sacaro lokasi, selain Pasaman Barat, mungkin Solsel, Dharmasraya atau
Pangkalan/Kapur IX- Payakumbuh mungkin bagus dibangun Bandara

Tapi berapa banyak passenger nan ka tenggek di kapatabang itu ?

Sebagai contoh ada beberapa penerbangan perintis dari Aceh, Nias,  yg
menghubungkan daerah pelosok dengan dunia luar

Termasuk disini Bandara Pasir Pangiraian dan Japura-Rengat  di Riau yang
difungsikan kembali utk PON kemaren dan membawa jemaah haji ke Batam.
Sebelumnya ini merupakan bandara utk para transmigran

Pengoperasian kembali bandara2 tsb dan ada  airline yang turun naik disitu saat
ini  tidak menggembirakan, Padahal disana ada tambang batu bara dan sejumlah
kebun sawit swasta yg besar dll

Baa pulo awak di Sumbar

Lalu lintas di Sumbar sekarang beralih pada mobilitas yg lebih tinggi
Bus2 besar dari Pdg ke Bkt/Pyk dll sudah dikalahkan mobil kecil yg mau
mengantarkan orang sampai ka "janjang rumahnyo"

Walaupun tidak dibutuhkan dana yg besar utk membangun bandara tsb, apakah ada
airline yg secara teratur turun disana. Apakah penumpang yg selama ini turun di
BIM dari pagi sampai malam dan sudah diantar ke janjang rumahnya akan beralih
turun di Bandara dekat rumahnya tapi jadwal penerbangannya terbatas ?

Apa lagi back-up dari dunia industri/tambang/ kebun besar tampaknya masih
terbatas di Sumbar

Mari kita lihat kondisi pasarnya, mudah2an nanti "pasisia" ka Padang Jopang dan
Sungai Dareh sarato Lembah Gumanti menggelitik airline utk turun naik disitu

--TR
Powered by Telkomsel BlackBerry®