Dunsanak Palanta RN

25 pcs kalender pesona ranah minang MAPPAS 2013, hari ini sudah saya terima
kiriman dari Reni.

Kesempatan pertama paket berisi 25 kalender menjelang jam istirahat kantor saya
buka lalu sekitar 17 pcs saya bagikan ke staf2 saya dan kolega di kantor yang
umumnya suku non minang tentunya sambil sedikit "banting
mulut..bla.bla.bla..bla" berpromosi seputar object pariwisata ranah minang
mulai dari pesisir pantai (wisata bahari) sampai ke pegunungan (wisata alam
daratan) dengan segala pesona, keelokan dan keindahan bentangan alam ranah
minang dan tentunya tidak lupa juga cerita banting mulutnya satu paket dengan
wisata kuliner dengan aneka lagaj, ragam dan gaya menu khas selera minang yang
bercita rasa menggugah dan mangguguah selera makan :-)

Rata2 mereka mengapresiasi dan kenal baik dengan pesona keindahan alam ranah
minang ini ditambang cerewet banting mulut saya sambil bergurau dan santai
berkomunikasi dengan mereka.

Seperti masukan om Duta dan pernah juga saya sampaikan salah seorang kolega
saya dikantor setelah saya "ceramah banting mulut" lalu komen

"Seharusnya apa yang Pak Jepe jelaskan itu setiap halaman kalender lay outnya
bisa di bagi empat, jadi ada object wisata disuatu daerah, event wisatanya,
hiruk pikuk kulinernya"

Misalnya menurut saya

Kab Tanah Datar, object wisatanya mungkin puncak pato atau bentangan alam
diseputar puncak pato, lalu event wisatanya pacu jawi, lalu kulinernya bisa
minum kawa dengan sayak tempurung dengan aneka camilan/jajanan khas atau Pangek
Ikan Simawang yang di jual di pasar trad Batu Sangkar

Lalu salah seorang kolega non minang yang tidak asing ℓągȋ̊  (kebetulan sama
pindah dengan saya dari Pekanbaru) adalah penggemar berat gulai kepala ikan ala
orang Piaman..

Setiap ke Samarinda dengan saya begitu menikmati sekali gulai kepala ikan kakap
ala masakan Piaman ini disebuah RM Padang ternama di Samarinda

Komennya : jika bicara gulai kepala ikan, Inilah gulai kepala ikan terhebat
yang pernah saya rasakan masakan suku anda Jepe, rasa-rasanya lewat semua gulai
kepala ikan yang berbahan dasar santan masakan suku lain di Nusantara.

Masukan diatas semoga kedepan jika MAPPAS membuat kalender ℓągȋ̊  sebagai salah
satu media promosi pariwisata ranah minang mungkin perlu dipertimbangkan dan
dikaji dengan kedalaman yang tinggi.

Sementara hanya itu yang bisa saya lakukan di rantau borneo ini dan setiap
kumpul2 dengan kolega serta kawan2 non minang insya Allah saya tak pernah bosan
banting mulut memprovokasi mereka tentang pesona pariwisata ranah minang baik
dari sisi bentangan alam (object wisata) maupun kulinernya, mungkin ada rencana
kami  untuk Trip ke ranah minang dalam tahun 2013, tahun 2012 awal Januari saya
juga telah mengajak teman2 ke ranah minang trip wisata (wiskul).

Wass-Jepe
@Balikpapan, 48 thn