Mak MM*** n.a.h.,

Apa itu "demokrasi"? Apa itu "musyawarah untuk mufakat" sebenarnya?

Apakah cukup memberi contoh sejarah Islam yang begitu kompleks dengan
perbandingan sangat sederhana 100 orang yang terdiri dari: 70 orang pareman
(mantan ini-itu) dengan 30 orang Siak, guru, anak muda yang paham ABS SBK
dsb. Sehingga, saking sederhananya contoh yang Mak MM ajukan, anak SD yang
belum khatam TPA pun bisa menjawab pertanyaan retoris seperti ini.

Jika kita memang serius ingin mengupas "musyawarah untuk mufakat" (dan
kaitannya dengan sejarah Islam), marilah kita lihat lagi apa yang terjadi
pada Senin, 12 Rabiul Awwal 11 H (8 Juni 632 M) ketika Nabi tercinta wafat,
dan terjadi peristiwa besar, sangat besar, bahkan ketika jasad Nabi belum
lagi dimakamkan: Peristiwa Saqifah Bani Sa'idah (SBS).

Mak MM*** tentu ingat, SBS adalah nama sebuah tempat, sebuah "balairung",
milik puak Sa'idah dari golongan Anshar, penghuni asli Madinah. Hanya
beberapa saat (masih hari Senin) setelah berita kematian Nabi menyebar,
kaum Anshar sudah berkumpul di SBS untuk menentukan siapa pengganti Nabi.
Tentu bukan pengganti Nabi dalam arti sebagai "Nabi baru", tapi pelanjut
pemegang kekuasaan politik.

Mendengar itu, Umar bin Khattab dan Abubakar bergegas ke SBS, dan
singkatnya, seperti dikisahkan dalam berbagai riwayat, membuat hasil
pertemuan berubah. Gelar khalifah pertama (baca: pemimpin politik pertama,
setara presiden karena kelak membawahi para gubernur) akhirnya jatuh kepada
Abubakar, setelah dibakar Umar, yang keduanya adalah Muhajirin, kaum
pendatang di Madinah, yang didominasi oleh puak Quraisy. Abubakar sendiri
berasal dari Bani Taim, bagian terkecil Quraisy yang tidak pernah terlibat
dalam "clan rivalries" (mirip konsep "sengketa tiada putus" kalau kita
pinjam istilah Jeffrey Hadler tentang masyarakat Minang).

Pertanyaannya saya: apakah mekanisme pembaitan Abubakar r.a. itu menurut
Mak MM*** adalah contoh "musyawarah untuk mufakat" paling ideal dalam
sejarah Islam dalam konteks memilih pemimpin politik?

Kalau jawaban Mak MM*** "ya", mengapa:

1. Sa'ad bin 'Ubadah yang tadinya digadang-gadang kaum Anshar (dari suku
Khazraj) sebagai pengganti Nabi (khalifah pertama) tidak mau membai'at
Abubakar, bahkan sampai Sa'ad sendiri wafat. Padahal, Sa'ad adalah juga
salah seorang sahabat yang dijamin Nabi masuk surga (sama seperti Abubakar).

2. Mengapa sepupu dan menantu Nabi, Ali bin Abi Thalib r.a., juga tak
memba'iat Abubakar? bahkan hadir ke SBS pun beliau tak, tersebab mengurus
jasad Nabi. (Baru kelak setelah istrinya, Siti Fatimah wafat, sikap Ali
berubah dengan berbai'at pada Abubakar).

Apakah dua contoh di atas menunjukkan adanya "mufakat yang dihasilkan dalam
musyawarah" (dalam konteks memilih pemimpin politik), Mak MM?

3. Belum lagi rivalitas antar kaum Anshar sendiri (yang terdiri dari dua
suku besar yakni Khazraj dan 'Aus) saat hendak menunjuk Sa'ad bin 'Ubadah
sebagai pengganti Nabi.

Ketika Munsyir bin Sa'ad, salah seorang tokoh Khazraj yang juga sepupu
Sa'ad bin 'Ubadah, lebih memilih Abubakar ketimbang sepupunya, salah
seorang tokoh Khazraj lain bernama Hubab bin Munzir berteriak menyebutkan
Munsyir bin Sa'ad sebagai "pengkhianat Khazraj".

Lain lagi sikap suku 'Aus yang khawatir akan disubordinasi oleh Khazraj
jika Sa'ad bin 'Ubadah yang terpilih sebagai khalifah, maka lewat salah
satu pemimpin mereka yang bernama Usaid bin Hudair, dia menyerukan agar
suku 'Aus memilih Abubakar saja ketimbang memilih Sa'ad bin Ubadah yang
sama-sama kaum Anshar, dengan sumpahnya yang terkenal, "Demi Allah! Jika
Khazraj menjadi penguasa atas kamu, mereka akan mempertahankan
keunggulannya atas kalian, dan kalian tidak akan ambil bagian sedikit pun.
Mari berdiri dan berbai'atlah untuk Abubakar!"

Kaum pendukung Ali, kelak dikenal sebagai syi'ah, yang meyakini bahwa Ali
yang paling pantas melanjutkan kepemimpinan Nabi, bahkan melihat peristiwa
SBS sebagai kolaborasi Abubakar-Umar untuk menyabot hak yang seharusnya
diterima Ali.

Umar kemudian membantahnya dengan menyebut kejadian (terpilihnya Abubakar
sebagai khalifah) itu sebagai "falthah", tidak direncanakan.

Mari kita lihat sejarah dengan kritis, Mak MM***. Inikah yang disebut
"musyawarah untuk mufakat"? Bayangkanlah betapa semua nama yang tersebut di
atas adalah murid langsung Nabi (para sahabat, yang hampir semuanya sudah
dijanjikan masuk surga oleh Nabi). Dan kejadian itu terjadi ketika jasad
Nabi mulia masih terbujur kaku di atas rumah. Aura kenabian masih sangat
kuat dan kental di udara.

Belum lagi setelah itu, dalam konteks kepemimpinan umat, terjadi Perang
Jamal (antara Ali dan Aisyah) atau Perang Shiffin (antara Ali dan
kolaborasi Muawiyah-'Amr bin Ash).

Kalau seluruh masalah kepemimpinan itu bisa dipecahkan dengan "musyawarah
untuk mufakat" seperti imbauan Mak MM***, mengapa orang-orang yang menerima
ajaran langsung dari Nabi saja  "gagal" melaksanakannya? Apa yang
menyebabkan Mak MM*** yakin bahwa "musyawarah untuk mufakat" yang
dikerjakan oleh manusia jaman sekarang ini yang sudah berlumur maksiat,
termasuk kita, akan bisa menghasilkan kualitas "mufakat" yang lebih baik
dibandingkan "mufakat" para sahabat?

Sejarah itu terkadang pahit, Mak MM***.  Apalagi jika menyangkut wajah
sendiri (umat Islam). Tapi kita harus berani mengakui, bahwa "musyawarah
untuk mufakat" (dalam memilih pemimpin politik) dalam sejarah Islam itu
bukanlah melulu catatan dalam tinta emas yang kita bisa tersenyum senang
saat membaca dan memikirkannya.

Wassalam,

ANB
Cibubur

Pada Jumat, 19 April 2013, Muchwardi Muchtar menulis:

> Dunsanak komunitas r@ntaunet n.a.h dan a.c.
>
> Soal Pilkada atau Pil-pil lainnyo di nagari awak, logika ambo pendek sajo.
> Baliaklah ka ajaran ugamo awak. Tapi, sudah jaleh ajaran ugamo indak
> (buliah) dikana di nagari nan banamo NKRI, karano kasado alahe musti adao
> UU-nyo.
>
> Dalam ajaran ugamo ambo, indak dikenal doh apo tu nan banamo Demokrasi nan
> --konon kabanyo--- dicokok  dari kampuangnyo Si Socrates. Kalau tataok sajo
> mampadewakan suaro (rayaik) nan tabanyak adolah suaro nan manang, mako ka
> tajadi taruih cabuah manyangkuik Pilkada ko do nagari awak.

> [...]

  2. E-mail attachment, tawarkan & kirim melalui jalur pribadi;
http://rantaunet.wordpress.com/2011/01/01/tata-tertib-adat-salingka-palanta-rntaunet/