Bagi yg belum membaca penjelasan Kepsek SMA 2 Toli toli, berikut disampaikan
hal tsb

Kelihatan disini dia juga telah bertindak bersama Ka Dinas Depdikbud Kabupaten
dan melaporkan tindakannya pada Bupati

Karena diera Otonomi ini Depdikbud Kabupaten dibawah Bupati, Bupati yg
mengangkat dan memberhentikan Kepsek

---TR

Penjelasan Kepala SMA 2 Tolitoli Tentang 5 Siswi yang Lecehkan Gerakan Shalat

Posted by Abu Hafsah

Aksi joget lima siswi SMA 2 Tolitoli di youtube membuat geger. Penyebabnya
mereka yang memakai seragam baju olahraga itu berjoget dengan sesekali
menggunakan gerakan shalat.

Pihak sekolah menyesalkan aksi joget para siswi yang dinilai tidak patut
tersebut. Pihak sekolah sudah memberikan sanksi berupa pemberhentian dan tidak
membolehkan mereka mengikuti Ujian Nasional kepada siswi-siswi tersebut.

Berikut penjelasan lengkap Kepala Sekolah SMA 2 Tolitoli Muallimin yang
diterima detikcom, Jumat (19/4/2013). Penjelasan tersebut dikirm melalui surat
elektronik dengan kop surat resmi SMA 2 Tolitoli.

a). Awal Terjadinya Peristiwa

Pada hari sabtu tanggal 9 Maret 2013, sesuai dengan jadwal pembelajaran di SMA
Negeri 2 Tolitoli jam 07.00 pagi masuk sekolah dan seluruh kegiatan PBM di
sekolah berakhir pada pukul 12.15, namun karena menjelang palaksanaan UN, maka
diberlakukan kebijakan untuk dilaksanakan kegiatan les bagi kelas calon peserta
UN, pada hari itu jadwal les dilaksanakan pada pukul 15.00, interval waktu
antara jam 12.15 dan 15.00, itulah dimanfaatkan oleh 5 orang siswi.

1) Andika Riska (pemilik HP), 2). Riska Mardasari. 3) Yayu Lestari, 4)
Mardiana, dan 5) Sukmawati untuk melakukan aktifitas yang terhina tersebut di
ruang kelas XII IPS 4 sekaligus tempat belajar siswi tersebut setiap hari.
Dengan memperagakan gerakan praktik shalat berjama’ah yang dikombinasikan
dengan dancing serta mempelesetkan bacaan ayat-ayat al-Qur’an (surah
Al-Fatihah) yang diselingi dengan musik pop “one more night.” Aktivitas
tersebut didokumentasikan melalui kamera telepon genggam (HP) milik salah satu
pelaku dan memaksakan pada seorang siswa lain untuk memegang kamera HP tersebut
sehingga gerakannya terekam yang berdurasi sekitar kurang lebih 5-6 menit.

Peristiwa tersebut tidak segera diketahui oleh segenap warga sekolah (Kepsek,
dan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan), karena siswa siswi yakini bahwa
hal tersebut melanggar peraturan dan tata tertib Sekolah, yaitu : Siswa Siswi
tidak diperbolehkan membawa HP (Hand Phone) ke Sekolah.

b). Informasi awal

Pada hari Jum’at tanggal 29 Maret 2013 pagi sekitar pukul 09.00, suami dari
salah seorang tenaga pendidik di SMA Negeri 2 Tolitoli, berada di pasar
kelurahan Tambun melihat warga berkerumun menonton video tersebut, sehingga
yang bersangkutan segera menyampaikan kepada isterinya setelah sampai di rumah,
dan selanjutnya tenaga pendidik tersebut (Zainab. S.Pd) melanjutkan informasi
tersebut kepada pihak sekolah pada esok harinya (Sabtu 30 Maret 2013). Karena
Kepala Sekolah dalam keadaan kurang sehat sehingga tidak sempat hadir di
sekolah, dan hanya menginstruksikan kepada wakil kepala sekolah bidang
Kesiswaan (Dra. Lusiana Abukasi) dan Bidang sarana pra sarana (Nuheria, S.Pd.)
untuk segera menggelar rapat istimewa, yang dihadiri oleh sebagian besar tenaga
pendidik dan staf TU, yang menghasilkan kesepakatan sebagai berikut :

1. Menyamakan persepsi terhadap peristiwa tersebut, untuk dijelaskan kepada
orang tua pelaku, agar tidak menimbulkan penafsiran yang keliru dari masyarakat
luas.

2. Menyampaikan hasil kesepakatan kepada Kepala Sekolah dalam waktu yang
sesingkat-singkatnya.

3. Mendesak Kepala Sekolah untuk memimpin Rapat istimewa kembali dalam
kesempatan pertama.

Selaku pimpinan rapat, Nuheriah S.Pd. hari Sabtu sekitar pukul 16.00,
berkunjung ke rumah kediaman kepala sekolah untuk melaporkan hasil kesepakatan
tersebut, selanjutnya kepala sekolah mengambil sikap tegas dengan mengundang
ketua FPI Kab.Tolitoli (Andi Hamka) bersama Kapolsek Baolan (Zulkifli) untuk
dimintai pandangannya terhadap peristiwa tersebut pada pukul 19.30 (malam
Senin). Kemudian menetapkan jadwal rapat lanjutan pada hari senin, tanggal 1
April 2013 setelah pelaksanaan upacara bendera. Namun karena Kepala Sekolah
mengalami gangguan kesehatan (pingsan) setelah upacara bendera selesai akibat
kesedihan dan upaya pengendalian emosional, sehingga rapat tidak dapat
dihadiri, dan rapat tersebut dipimpin oleh wakasek Kesiswaan (Dra. Lusiana
Abukasi) dan Wakasek Sarana Prasarana (Nuheriah. S.Pd). yang menghasilkan
kesepakatan peserta rapat mengajukan kepada Kepala sekolah dengan suara bulat
(tenaga pendidik dan staf TU) bahwa ke 5 orang siswi tersebut harus dipecat,
walaupun belum secara resmi. Selanjutnya pada pukul 16.00, Kepala Sekolah
mengundang kepada tenaga pendidik dan staf TU agar hadir di rumah kediaman
kepala sekolah untuk melaksanakan rapat istimewa ke 3 dan saat itu disepakati
secara Institusional bahwa ke 5 orang pelaku di keluarkan dari SMA Negeri 2
Tolitoli dan tidak berhak mengikuti Ujian Nasional tahun pelajaran 2012/2013.

Pada hari Selasa tanggal 2 April 2013, Kepala sekolah membuat surat panggilan
kepada orang tua wali siswi dan diantar langsung pada hari itu juga agar hadir
di sekolah pada hari Rabu tanggal 3 April 2013 pukul 09.00 pagi untuk menerima
keputusan terhadap anak-anak mereka. Pada hari itu juga (Selasa 2 April 2013)
kepala sekolah mendatangi Kapolres untuk melaporkan kejadian di SMA Negeri 2
Tolitoli. Tanggapan Kapolres secara tegas memerintahkan kepada stafnya agar
segera menjemput ke 5 orang pelaku, namun kepala sekolah menyarankan agar
menjemput siswi bersama orang tua walinya di SMA Negeri 2 Tolitoli, pada hari
Rabu pagi jam 09.00. Empat (4) dari 5 orang tua wali yang diundang hadir di
sekolah, segera kepala sekolah mengundang kepada orang tua yang hadir untuk
masuk ke dalam ruang Pusat Sanggar Belajar (PSB) bersama anak mereka untuk
menyaksikan video tersebut melalui media infocus.

Karena depresi berat para orang tua tersebut tidak dapat menyaksikan perbuatan
anak-anak mereka, dan sebelum berakhir video tersebut, satu persatu orang tua
mereka meninggalkan ruangan dengan kesadaran bahwa anak tersebut pantas
menerima sanksi yang diberikan oleh sekolah.

Pada saat itu pula kepala sekolah jatuh pingsan akibat kepedihan hati mendengar
ayat-ayat al-Qur’an yang dipelesetkan dan praktik shalat yang dipermainkan,
sehingga surat pemberhentian tidak dapat dibuat secara resmi.

Pada hari Rabu tanggal 3 April 2013 pukul 09.30, Pihak aparat kepolisian hadir
di SMA Negeri 2 Tolitoli dan menjemput siswi tersebut selanjutnya di bawa ke
Mapolres untuk dimintai keterangan dengan status saksi. Surat Keputusan secara
resmi ditanda tangani pada tanggal 4 April 2013 dan diantar langsung ke alamat
orang tua wali oleh 2 orang staf masing-masing 1). Basri Baso, S.Pd. (guru BK)
dan 2). Bahruddin. (security) SMA Negeri 2 Tolitoli.

Sejak awal informasi ini menyebar, tiga orang tua wali berkunjung ke kediaman
kepala sekolah untuk memohon kebijakan agar anaknya tidak dikeluarkan dari
sekolah dan tetap diikutkan pada Ujian Nasional, namun tindakan kepala sekolah
tidak banyak memberi keterangan tapi lebih mementingkan untuk memutarkan video
yang ada di HP dengan harapan agar mereka dapat menerima dengan tulus
keputusan, dan ternyata orang tua tersebut dapat memaklumi atas pemberhentian
anaknya.

c. Solusi/Tindakan selanjutnya

Pada hari ahad 7 April 2013 sekitar pukul 21.00, Kepala sekolah bersama Kepala
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (DISDIKPORA) bersama pejabat Kabid. Dikmen
dan beberapa staf lainnya, didampingi oleh Kepala KESBANGLINMAS Kab.Tolitoli
menghadap Bupati di kediaman di Desa Lalos Kecamatan Galang, untuk melaporkan
langkah-langkah yang telah ditempuh oleh sekolah, dan respon bapak Bupati
menyatakan bahwa tindakan pemecatan kepada siswi tersebut sudah tepat sesuai
peraturan, dan cukup mengupayakan agar diikutkan pada ujian paket C tahap kedua
bulan juni 2013 mendatang.

Hal tersebut juga telah dikonfirmasikan dengan pihak Kementerian Agama Kab.
Tolitoli serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tolitoli, sehingga hasil
keputusan sidang MUI mengeluarkan surat kepada Kepala SMA Negeri 2 Tolitli yang
intinya “MENGUTUK DENGAN KERAS TINDAKAN SISWI SMA NEGERI 2 TOLITOLI, yang
termasuk pada istilah Tal‘abul ibadah (mempermainkan ajaran agama), dan harus
dikeluarkan dari sekolah sebagai sanksi atas perbuatannya itu.

Kesimpulan

Dengan memperhatikan peristiwa yang terjadi di SMA Negeri 2 Tolitoli tersebut,
maka melalui pengungkapan kronologis ini disampaikan beberapa kesimpulan
sebagai berikut :

Bahwa kegiatan yang dilakukan oleh oknum siswi SMA Negeri 2 Tolitoli pada
tanggal 9 Maret 2013, yang melakukan gerakan praktik shalat dikombinasikan
dengan dancing, serta memplesetkan bacaan ayat-ayat Al-Qur’an (surah
al-Fatihah) dengan diselingi oleh musik pop “one more night“ , dan
mendokumentasikan serta menyebarluaskannya, hal itu termasuk “Penistaan agama”
dan bertentangan pasal 156 a KUHP.

Bahwa keputusan institusional dengan mengeluarkan dari sekolah kepada 5 orang
siswi pelaku penistaan agama tersebut adalah prosedural, logis dan rasional.

Kepada siswi yang bersangkutan dinyatakan tidak diperkenankan mengikuti Ujian
Nasional (UN) pada tahun pelajaran 2012/2013 di SMA Negeri 2 Tolitoli.

Segala keputusan selanjutnya diserahkan kepada pihak aparat kepolisian sesuai
dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Saran-saran

Agar tidak terulang perbuatan hina tersebut, diharapkan kepada semua pihak,
terutama orang tua dan pendidik agar kepedulian dan pengawasan terhadap peserta
didik pada semua tingkatan pendidikan dan semua lingkungan baik formal,
informal mapun non formal, sehingga peserta didik dapat terjaga dan terpelihara
dari segala dampak negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan dunia informasi
dan komunikasi saat ini.

Selanjutnya, sebelum mengenal lingkungan yang lebih luas, hendaknya peserta
didik dibekali dengan bimbingan iman dan ahklak sesuai jenjang pendidikan yang
mereka tempuh, agar ruang gerak mereka tetap terkontrol dengan nilai-nilai
ajaran agama.

Akhirnya semoga ungkapan kronologis peristiwa ini, dapat memberikan gambaran
yang lebih jelas dari apa yang diketahui oleh publik/umat sebelumnya.

Tolitoli, 15 April 2013.

Kepala Sekolah

Muallimin. S.Pd.I., M.Pd.I

April 20, 2013