Saya punya kolega orang Maroko warga negara Canada dan
sekarang bersama saya di Jeddah bekerja dalam satu
proyek. Karena lahir dan dewasa di Maroko, ia adalah
native arabic speaker.

Bulan lalu hari Jumat kami umrah bersama ke Makkah.
Selesai shalat Jumat, ia berkomentar, "khotbah khatib
tadi sangat bagus! Extremely beautiful!"
"Oh ya? Memang tadi khotbahnya tentang apa?" tanya
saya.
"I don't know exactly," cetusnya.
"What? Apa-apaan ini, ente orang Arab tapi nggak
ngerti khotbah khatib yang 100% berbahasa Arab itu?"
tanya saya kaget.
"Terus terang saya memang tidak mengerti sepenuhnya
isi khotbah khatib tadi karena ia menggunakan bahasa
Arab versi Quran. Bahasa yang sangat indah, puitis,
penuh analogi, metafora, eufumisme, dan lain-lain.
Tapi saya sangat merasakan keindahan bahasanya, walau
saya nggak ngerti maksudnya apa," jawabnya lagi.

Sama halnya dengan saya (seorang native Indonesian
speaker) bisa merasakan keindahan puisi Amir Hamzah
atau Chairil Anwar tanpa 100% mengerti maksud puisi
mereka itu. Atau orang Inggris yang menikmati karya
Shakespeare walau banyak kosa kata tidak dipakai sama
sekali dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa di antara kita bisa merasakan keindahan
bahasa minang dalam sambutan adat para Datuk. Namun
mengertikah Anda maksudnya 100% walaupun Anda orang
minang tulen?

Beberapa profesor UI mengaku sangat kesulitan
menerjemahkan buku Charles Darwin "The Origin of
Species" karena pada jaman itu Darwin menggunakan
bahasa Inggris ala Victorian.

Kembali pada topik kita tentang pentingnya belajar
bahasa Arab. Akhirnya saya sampai pada kesimpulan
bahwa Anda tidak mungkin memahami AlQuran hanya dengan
modal fasih berbahasa Arab!

Bahasa Arab yang Anda pelajari sekarang dan dipakai
dalam kehidupan sehari-hari di jazirah Arab sana tidak
sama dengan bahasa Arab versi Quran. Seorang teman
(orang Saudi) mengatakan bahwa mungkin beberapa suku
di gurun Hadramaut masih menggunakan bahasa Arab versi
Quran, namun ini hanya kemungkinan.

Saya rasa percuma belajar bahasa Arab untuk tujuan
memahami AlQuran. Biarkan saja para ahli sastra Arab
yang native arabic speaker menafsirkannya buat kita.
Sama halnya dengan saya mempercayakan ulasan HB Yassin
untuk memahami puisi Amir Hamzah dan Chairil Anwar.

Setekun apa pun Anda belajar bahasa asing di sekolah,
Anda tidak akan bisa menyamai kemampuan berbahasa
orang yang sudah jadi native speaker di bahasa
tersebut.

Oleh karena itu saya sarankan, pelajari bahasa asing
yang menyokong karir Anda. Jika Anda memilih karir
sebagai seorang Ustad, Kyai, atau ingin menjadi TKI di
Timteng, bahasa Arab adalah pilihan terbaik untuk
dipelajari. Namun secara umum, bahasa Inggris tetap
pilihan utama untuk menyokong karir apa pun.

--- Rahima <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Karena ini kuncinya. Tidak mungkinlah seseorang
> menafsirkan AlQuran sementara dia sendiri ngak tau
> bahasa Arabnya.Saya kira ini penting buat masyarakat

Looking for last minute shopping deals?
Find them fast with Yahoo! Search.
http://tools.search.yahoo.com/newsearch/category.php?category=shopping

http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tuliskan Nama, Umur & Lokasi anda pada setiap posting.
- Hapus footer & bagian yg tidak perlu, jika melakukan reply.
- Email attachment, DILARANG! Tawarkan kepada yg berminat & kirim melalui jalur
pribadi.
- Posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg bersangkutan minta
maaf & menyampaikan komitmen mengikuti peraturan yang berlaku.