From: Sidi Boby Lukman <belalang...@yahoo.com>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Thu, 30 May 2013 11:51:21
To: rantaunet@googlegroups.com<rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Bls: [R@ntau-Net] Re: Surat terbuka Prof Muchtar Naim.

Assalamualaikum, Wr, Wb

Salam dan hormat ambo sampaikan kepada dunsanak kasadonyo.
Inyo bantuak iko mah, he he, persoalan group Lippo iko mananaman pitih di kota
Padang adalah satu persoalan. Persoalan lainnya yang di takuik an dek Dr
Mochtar Naim adalah persoalan lain. Cubo cermati baliak surek Pak Mochtar itu,
paragraf per paragraf. Ambo indak pada posisi sebagai pembela Lippo atau
sebagai Pembela Irman bahkan juga tidak pada psosi sebagai pihak yang setuju
dengan Dr Mochtar Naim.

Ambo mancaliak dari posisi ambo sebagai anak mudo yang tidak punyo kepentingan
apa apa. Sia bana lah ambo ko, hanya sekrup ketek dari kerasnya sebuah
pergerakan zaman. Namun mencermati apa yang dituliskan Pak Mochtar ambo manilai
beiau terlalu tendensius dan provokatif baik terhadap James dan bahkan Irman
Gusman. Kenapa ambo sabuik mode itu, ini buktinya

"semua orang tahu bahwa RS Siloam dan sekolah tersebut adalah bahagian yang tak
bisa
dilepaskan dari upaya James T Riady, sebagai bahagian dari upaya kristenisasi,
seperti yang dilakukannya di mana-mana."

Bagi ambo kalimat itu sangat tidak patut dan mengherankan dituliskan dengan
gamblang oleh seorang Doktor Soliologi, Budayawan dan Tokoh sekaliber Doktor
Mochtar Naim. Ambo tidak tahu, pikiran apa yang sedang bergelora dikepala Pak
MN saat dia menulis surat ini. Sungguh ini bukan sebuah tulisan yang elok.

Ambo mengenal Pak MN sejak beliau menjadi Ketua DPW Partai Ummat Islam pada
tahun 1998 - hingga 2000 lalu,. Bahkan saat beliau menjadi anggota MPR-RI dan
Anggota DPD ambo kenal beliau bahkan dengan anak anak serta mendiang isterinya.
Dan alangkah terkejutnya ambo ketika tulisan ini diupload.

Pak Mochtar nan ambo hormati, apakah Pak MN punyo bukti kalau James itu tengah
melakukan upaya kristenisasi dimana-mana ? kalau ada, sampaikan buktinya di
palanta ko, kalau tidak Demi Allah (meminjam kalimat Pak MN sendiri) minta
maaflah. Tidak baik seorang seusia Bapak menuduh seperti itu.

Pak Mochtar dan dunsanak sapalanta nan ambo hormati.

Sepertti yang ambo tuliskan dari awal, haruslah kita memisahkan antara
persoalan yang satu dengan yang lainnya. Sebagai akademisi kawakan, Pak Mochtar
tentu lebih faham dari kami nan mudo mudo iko. Persoalan investasi group Lippo
adalah ranah ekonomi dan pembangunan. Seperti yang dituliskan oleh media di
Padang, nilai total investasi yang dicukurkan Lippo Group mencapai Rp. 1,3
Trilyun. Kama pitih ka dicari tu Pak. ??? dan setidaknya akan menyerap 4000 an
tenaga kerja seperti Dokter, Perawat, Profesional bidang  bidang perhotelan
serta banyak lainnya. Tidak hanya itu, bisa Pak MN bayangkan, content local
yang akan mereka manfaatkan dalam pembangunan itu juga luar biasa besarnya.
Semen akan laku, batu, pasir serta lainnya. Bisa Pak MN dan dunsanak bayangkan
kalau tiba tiba James dan Lipponya ngambek, lalu mereka membatalkan investasi
itu, mau dibawa kemana harapan anak anak kita yang sudah bermimpi akan bekerja
itu. Saya kira kita akan bersalah karena
 memupus harapan orang.

Terpenting adalah, ini akan mampu menjadi stimulus bagi investor lainnya untuk
masuk dan menanamkan modal di Padang serta Sumatrera Barat khususnya. Karena
pasca Gempa Bumi 2005, 2007 dan 2009 lalu, pertumbuhan ekonomi kota Padang
nyaris tidak bergerak significant.

Lalu kita kaitkan dengan isu isu SARA, sepertinya tidak pada tempatnya jika
kita kemudian menjadikan pembangunan Sekolah Pelita Harapan, RS Siloam, sebagai
alat untuk mengkristenkan orang Minang (Sumbar) naif sekali tuduhan ini. Coba
Pak MN cek ke RS SIloam, apakah ada pasien muslim yang dirawat di RS itu lalu
kemudian mengganti akidahnya seusai dirawat ? bahkan kalau tidak salah, salah
satu putra Pak MN Uda Emil Naim pernah pula dirawat di RS Siloam Gleneangles
dulu, Puteri bapak Meuthia juga lahir di Mount Elizabeth Hospital Singapura
tetap muslim sampai saat ini bahkan berhijab. Tidak ada yang salah dengan RS
itu. Tidak ada. Ini investasi bukan pekerjaan sesat.

Lalu Pak Mochtar dan dunsanak semua, soal sinyalemen Bapak tentang Uda Irman
Gusman menerima bantuan dana terkait rencana beliau untuk menjadi Calon
Presiden, saya kira ini adalah sinyalemen yang lebay dan tidak mendasar. Saya
kenal Irman, lebih dekat dari Bapak mengenalnya, meski Bapak pernah
bersama-sama dengan beliau di DPD,  Irman itu anak orang kaya, dia sudah punya
uang berlebih, menjadi Calon Presiden yang dilakukannya saat ini adalah untuk
berbuat pada negerinya. Saya juga tidak yakin Irman terpilih, jujur saja,
seperti yang pernah dia sampaikan kepada saya, meski 100 persen pemilih Sumbar
memilih Irman sebagai Presiden tidak jaminan dia akan menang di Pilpres. Saya
pribadi melihat langkah Uda Irman adalah langkah untuk menunjukkan dan mengajak
anak anak muda lainnya untuk maju ke depan, agar tercipta regenerasi di NKRI
ini.

Pak Mochtar dan dunsanak semuanya yang saya hormati. Marilah kita cerdas
menyikapi masalah, jangan mudah diprovokasi, terpancing emosi yang justru akan
merugikan kita sendiri. Soal data Pak Mochtar tentang turunya angka penganut
Islam di Sumbar, tidak sepenuhnya bisa dipercaya disebabkan oleh adanya
kritenisasi, bisa jadi jumlah kelahiran orang beragama nasrani itu tinggi atau
perpindahan penduduk. Pak Mochtar tentu tahu bahwa kesulitan ekonomi di kampung
menyebabkan banyak diantara sanak saudara kita bermigrasi ke daerah lain
mencari penghidupan.

Pak Mochtar saya adalah seorang ilmuan hebat, menjalani kehidupan di banyak
negara di belahan dunia ini, Bapak kuliah di Jogja, melanjutkan study S2
Montreal - Kanada, lalu berpindah ke New York, Singapura, lama di Makasar, lalu
pernah pula ke Inggris, dan Amerika tentu sudah banyak pengalaman Bapak, karena
sebagian besar hidup Bapak dilalui di luar negeri. Banyak ilmu dan pengalaman
yang Pak MN dapatkan. Berbagilah dengan kami yang muda muda ini. Berikanlah
kearifan, bukan memprovokasi. Kami orang kampung Pak Mochtar hanya dua negeri
yang kami jajaki, Ranah Minang dan Betawi ini. beda jauh dengan Bapak yang
sudah melanglang buana.

Demikianlah email ini saya tuliskan semoga perdebatan kita soal Lippo ini
berakhir, berilah kesempatan pada orang untuk berinvestasi, lelah kita rasanya
mendengar kalimat "SUSAH INVEST DI PADANG, KARENA BANYAK PERSOALAN"  dulu ada
kalimat, di Padang kalau bahas tanah susahnya minta ampun, sekarang sudah tidak
begitu terdengar lagi, jadi jangan muncul pula nanti kalimat "ORANG NON MUSLIM
DILARANG INVEST DI SUMBAR" tidak baik kalimat itu. tidak elok, Kita orang
Minang terbuka dan wellcome. Akidah kita pertahankan, mari pagari, lindungi
anak kemenakan kita, bimbing mereka tetap di jalan Allah SWT dan Rasurullah
Muhammad SAW. Saya Muslim seorang Ayah dan Mamak dari banyak ponakan,
Allhamdulilah meski beberapa kali dirawat di RS Kristen tidak berubah akidah
saya, tidak berganti kiblat saya. Hendaknya begitu juga dengan kita semua.

Hanya itu, sekian dan banyak Maaf
Semua kesempurnaan adalah Milik Sang Khalik dan kepadanya saya minta Ampunan
Billahitaufik Walhidayah
Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakaatuh

Boby Lukman
37 Thn - Jakarta
Asal Korong Lansano Nagari Sikucue Selatan
Kampuang Dalam - Padang Pariaman

  2. E-mail attachment, tawarkan & kirim melalui jalur pribadi;
http://rantaunet.wordpress.com/2011/01/01/tata-tertib-adat-salingka-palanta-rntaunet/