Assalamualikum Wr, Wb..

"Itu dahulu sekarang lain"

Pada saat langkah pertama  di Universitas. Adik adik
mahasiswas mestinya sudah melihat tiga setengah tahun
kedepan. Apakah akan berbaris bersama rekan rekan yang
lain mengambil formulir sambil memajang IP 3.5. Kalau
untuk ini jadilah masiswa pandai,  just do your
homework sambil menikmati kiriman ortu. Tapi kalau
berfikir sebelum saya selesai pada saat semester 6
atau 7 saya sudah dipinang oleh para perusahaan.
Jadilah mahasiwa abad 21 IP 3 POINT.ZERO ZERO tapi ada
satu kata "cadiak" sebelum kata pandai dilemparkan
orang pada anda. Ini ada beberapa saran dari saya yang
sehari hari berkecimpung dengan para fresh graduate
dari berbagai negara.

1.Jadilah mahasiswa kritis. Dosen anda itu tak lebih
pintar dari anda. Dia bisa koar koar karena kebetulan
dia lahir lebih dahulu dari anda.

2. Mulailah gemar bertanya jangan takut bertanya.
Jangan ditunda ketidak tahuan anda besok atau lusa.
Jangan tidur kalau masih ada soal yang tak selesai.
Mulailah berfikir cara abad 21, Karena ada anda dosen
itu berdiri disitu. Jangan biarkan dosen anda makan
gaji buta.
3.Bila anda mahasiswa teknik/ekonomi pelajarilah
bahasa program komputer seperti  VB net, C++ atau
Java, pahamilah oracle dan SQL kalau ada bisa lulus
umptn ini adalah hal kecil. Sebetulnya ini adalah
makanan anak anak cina yang tak sekolah di glodok
sana. Ini semua akan sangat membantu anda kelak.
mulailah dengan menulis program kecil tentang
bagaimana menghitung ini dan itu yang berhubungan
dengan mata kuliah anda dan pajanglah di internet

4.Kalau anda mau lebih plus lagi pertajam kemampuan
bahasa anda dan jangan bilang bahasa inggris atau
bahasa jepang itu sulit. Tak ada calculus disitu yang
diperlukan hanya sekedar kemauan. anda mau anda bisa

5.Pada saat semester 6 dan tujuh mulai mengeluarkan
paper atau poster dalam acara bergensi seperti SPE,
IPA, IATMI, IAGI atau berbagai persatuan
profesionalisme lainnya. Kalau tak punya lab karena
universitas kere,  paper literaturpun bisa.Karena ini
adalah ajang pertama menjual diri. Jangan takut
diremehkan. Semua orang yang berhasil dulunya juga
diremehkan
6.Terakhir anda harus punya satu ilmu andalan  yang
tak pernah dapat b apalagi c cantum ini di CV anda
sebagai ujung tombak.
7.Semua step yang diatas sudah saya terapkan pada anak
sulung saya.  Dia gagal masuk ITB Perminyakan cuma
diterima di Fisika UI, kemudian setelah berdikusi
panjang di masuk Trisakti. Pada saat semester enam
paper dan posternya terpajang di forum IPA, beberapa
perusahaan besar berdatangan ke boot dia melihat dan
bertanya,  koneksi dan relasipun terjalin dan berhasil
pula ikut program magang yang ujung ujungnya
memamerkan kebolehannya.

"menangis hari ini lebih baik dari pada berbaris
nanti." satu lagi, ini kata edison sipenemu listrik
genius itu satu persen inspirasi 99 persen berkeringat
Semoga ini jadi wakeup call buat adik adik mahasiswa/i

Wassalam
Zulkarnain Kahar,  49th

Kalau sanak bilang saya mengaada ada, Ini adalah
sebuah cerita nyata yang saya terapkan pada anak saya:

Tahun 2004 anak saya mendaftar di ITB perminyakan pil
1 dan fisika UI pil 2. ITB tidak masuk yang diterima
di Fisika UI.
Kalau niat nya mau masuk minyak lupakan saja UI. Masuk
ke trisakti walaupun swasta tak sekeren ITB dan UI.
kamu berhasil

"Genius is 1% inspiration and 99% perspiration" Thomas Edison

Looking for last minute shopping deals?
Find them fast with Yahoo! Search.
http://tools.search.yahoo.com/newsearch/category.php?category=shopping

http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tuliskan Nama, Umur & Lokasi anda pada setiap posting.
- Hapus footer & bagian yg tidak perlu, jika melakukan reply.
- Email attachment, DILARANG! Tawarkan kepada yg berminat & kirim melalui jalur
pribadi.
- Posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg bersangkutan minta
maaf & menyampaikan komitmen mengikuti peraturan yang berlaku.