Insya Allah ambo indak salah pengertian, Ajo nan budiman. Kalimek awal Ajo
babunyi:

----
Kalau awak di tanahair memilih ikut bela diri negara asing, sementara
silek seni bela diri awak, sudah sangat populer di luar negeri.
---

has speak for itself, right Jo?

Unsur kontradiksi yang ditekankan pada kalimat Ajo di atas lewat lewat
penggunaan kata "sementara", jelas menunjukkan preposisi 1 ("kalau awak di
tanah air memilih ikut bela diri asing") kurang disukai dibandingkan dari
preposisi 2 ("sementara silek seni bela diri awak, sudah sangat populer di
luar negeri") yang bermakna "kenapa sih awak di tanah air malah berlatih
bela diri asing, padahal orang asing sendiri banyak yang berlatih silek
awak."

Kalau bagi Ajo kalimek di ateh indak balaku di anak cucu Ajo dek karano ado
"demokrasi keluarga", buliah ambo tahu manga Ajo indak membuka peluang
untuk, paling tidak, menduga bahwa di keluarga lain lain pun punya
"demokrasi keluarga" yang sama, entah mereka mau berlatih kempo, jiu
jitsu atau jet kun do?

Wassalam,

ANB
45, Cibubur