*Buek nan suko mambukak kada urang lain (kada urang awak sandiri),
Barantailah mamakan bangkai
manusia!<http://blogs.garutleather.com/2012/12/05/bagi-yang-senang-membuka-aib-orang-lain-berhati-hatilah/>
*

Lagi-lagi, tulisan nan dipalewakan di RN ko membuek ambo teahanyak.

Mengalirlah kisah penuh hikmah yang sempat membuat saya menagis, aduhia
kasihannya sang shahabul hikayah yang memberanikan diri menceritakan kisah
kelamnya. Dan akhirnya, dirangkai dengan indah oleh Akh Salim, lewat
tulisannya berjudul “Mencintai penanda Dosa”. Tulisan beliau cukup
menyentak iman, bagaimana tidak, seorang yang terkenal shalih dan shalihah
dikalangan aktifis dakwah kampus, sosok yang terkenal senior tersebut,
mampu jatuh ke dalam jurang dosa.. lalu bagaimana kita??*Masih ingat, “sang
adik” yang dulu saya kenal dan  saya kagumi dengan keterjagaannya. Dan yang
dulu sempat menceritakan “daftar hitam” sang ketua organisasi nya kepada
saya. Baru-baru ini saya ketahui, ia tengah mengalami goncangan diri.
Ke-istiqomahannya sedang diuji. Dan ini, baru saya ketahui lewat
facebooknya juga pengakuan dari sahabat dekat “sang adik” ini. Masih ingat
sekali “sang adik” berucap, betapa tidak terjaganya sang ketua yang dulu
sempat ia kagumi.. hanya karena kurang pandai menjaga diri dan kini, “sang
adik” pun jatuh pada kondisi yang serupa. Ia terjebak dalam kondisi yang
sama dengan ketua organisasinya. Saya hanya bisa menangis dalam hati..
aduhai.. betapa hitungan bulan mampu merubah semua isi hati. Padahal baru
saja beberapa bulan yang lalu kami bertemu, saling bercerita dan
menguatkan.. dan pada kali ini, semua bagai angin lalu. Mungkin salahku..*

*Teringat petuah agung, tersirat ancaman pasti..*

*“Setiap Kami menyepakati, apabila ada seorang mukmin menghina saudara
mukminnya atas suatu dosa, maka ia tidak akan mati, kecuali Allah akan
menimpakan dosa/kesalahan yang serupa”** [Dari Imam Ahmad bin Hambal dalam
kitab Az zuhd]*

*Tersentak sekali membaca petuah ini, kiranya, karma itu benar-benar ada..
dan saya pun pernah mengalami persis dengan apa yang disampaikan imam ahmad
tersebut. bahkan, beberapa teman-teman yang saya kenal juga mengalami
kondisi yang sama.*

*Sering kali kita menghina seseorang, bahkan membeberkan aib-aib nya kepada
orang lain. Sampai mengerutuki bahkan mewanti-wanti diri agar tidak berulah
sama seperti orang yang sedang kita rutuki. Tahu apa kita dengan kondisi
mereka, sampai berani-beraninya kita menjudge mereka se-enak diri. Merasa
diri paling shalih dan yakin tidak mungkin akan jatuh pada dosa yang sama.*

*Disanalah masalah dan gawatnya. Kita tidak tahu, betapa kiranya mereka
“jiwa-jiwa pendosa” pun meng-insyafi bahwa mereka salah, mereka tahu apa
yang mereka lakukan dosa. Namun diantara mereka, ada yang mampu bertahan
dan mencoba keluar dari kubangan dosa, lalu menguatkan dinding pertahanan
kembali dengan ‘amal-‘amal shalih yang mungkin lama tidak mereka lakukan
akibat keimanan yang sedang menurun, ada juga yang tidak mampu bertahan,
terlena hingga mencari pembelaan-pembelaan untuk melegitimasi dosa-dosa
yang mereka lakukan, hingga pada akhirnya, terlepaslah tali keistiqomahan.*

*Lalu, apakah kita tahu, kita mampu menjadi yang bertahan atau malah yang
terlena? Kita tidak akan pernah tahu, sebelum kita mengalami kondisi yang
sama. Dan disitulah letak ujian yang Allah berikan atas hinaan, juga cacian
yang kita berikan. Kita ditimpakan dosa dan kesalahan yang sama, agar kita
bisa merasakan, bagaimana tidak enaknya menjadi “jiwa-jiwa pendosa”.*

*Allah itu Maha adil. Betapa kiranya, kita diajak untuk bijaksana dalam
menilai permasalahan hidup. Betapa kiranya, kita diajarkan untuk menjadi
pribadi yang saling menjaga aib-aib saudara-saudara seiman kita. Dan ini
menjadi pelajaran berharga, khususnya saya pribadi, agar tidak mudah untuk
menghina atau memandang sebelah mata  orang-orang yang melakukan dosa,
karena pada hakikatnya kita pun adalah hamba Allah yang juga punya potensi
menjadi hina bahkan mulia. Untung saja, Allah tidak menimpakan dosa yang
membuat kita terlepas dari tali agamanya, sekalipun ada yang Allah
palingkan dari kebenaran, naudzubillah semoga kita dihindarkan.*

*Dari pelajaran penuh hikmah, saya memetik ibrah terindah. Agar kiranya,
ketika ada saudara kita yang melakukan dosa, tidak serta merta kita
merutuki atau bahkan menghina juga mencacinya, baik langsung maupun
tersimpan di dalam hati. Alangkah lebih baik, kita justru mendo’akannya,
agar Allah segera meluruskan kebengkokan dirinya, menuntunnya ke jalan yang
lebih lurus dan meneguhkan dirinya dalam keistiqomahan. Lalu sembari
berdo’a pula, agar Allah tidak menimpakan kita dalam dosa yang sama. Itu
lebih indah bukan? Daripada harus menghina dan mencaci yang jelas mampu
meninggalkan luka yang abadi di dalam hati orang-orang yang kita caci.*

*Kalaupun terpaksa menceritakan aib saudara kita, semoga kiranya hanyalah
untuk mencari jalan agar bisa memperbaiki ketidaklurusannya, menariknya
kembali dalam keistiqomahan, dan yang jelas menceritakannya pun hanya
kepada orang-orang yang memang terkenal shalih dan amanah untuk saling
menjaga aib diri saudara-saudara kita. Bukan diceritakan dihadapan khalayak
ramai, bukan dijadikan konsumsi public. Biarlah, aib-aib tersebut menjadi
pelajaran berharga bagi kita, agar kita bisa menjaga diri dari segala celah
yang dapat menjatuhkan kita pada kubangan dosa yang serupa, meningkatkan
keimanan dan ketaqwaan kita, lalu memagarinya dengan ‘amal-‘amal shalih.*

*Sungguh, terngianglah suatu hadits yang cukup menggetarkan hati kala
membacanya*

*“Tidaklah seorang hamba menutupi aib hamba lainnya di dunia, melainkan
Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat kelak.”** (HR. Muslim no. 2590)*

*Dan, pelajaran inilah, yang membuat saya sangat mencintai persaudaraan di
jalan Allah dan berjanji akan menjadi pribadi yang menjunjung tinggi
nilai-nilai ukhuwwah. Seperti azzam yang selalu saya tanam dalam hati.
“Saya ingin dan akan berusaha menjadi sahabat setia layaknya Abu Bakar r.a
kepada Rasulullah SAW”..*

*Jadi terkenang..*

*“Jiwa-jiwa yang pernah tersalah, yang diabadikan al Qur’an, seperti musa
yang dulu pernah membunuh kaumnya, layaknya yunus yang menghindar dari
beban risalah hingga ia ditelan ke dalam perut hiu, seperti adam yang
memakan khuldi lantas diturunkan ia ke bumi, lalu ketiganya bertobat,
berjanji akan patuh pada perintah iLLahi, dan harum lah nama mereka, mulia,
hingga ke Jannah”*

Pada 6 Agustus 2013 09.33, Dr. Saafroedin Bahar. <