Ass. Ww.

Sanak sapalanta n a h.

Re  : Raso hormat ka nan labieh tuo

Pengetahuan dan ilmu lazimnya tidak memandang umur. Seorang yang sudah
berumur tidak bisa mengklaim paling pandai dan paling tahu dalam segala
hal. Pemahaman ilmu yang mendalam pada seseorang lazimnya hanya pada bidang
tertentu saja. Begitu dia masuk dalam diskusi  sesuatu tentang materi atau
bidang diluar studynya atau bidang yang tidak dikuasainya , dalam arti
bukan bidang study atau keahlian yang menjadi ‘major’  baginya, maka
kemungkinan bahwa paparan atau gagasan yang dikemukakan akan banyak yang
terasa agak ‘dangkal’ , dilihat dari kaca mata mereka yang menggeluti ilmu
itu secra penuh. Bisa bearkibat orang yang lebih tahu tentang pokok itu
malas memberikan tanggapan , takut beliau merasa gagasannya direndahkan .
Apalagi kalau beliau itu seorang yang sangat dihormati karena keahliannya
dalam bidang tertentu dimana bahkan beliau sudah banyak jasanya bagi Bangsa
dan Negara. Hal ini kadang tidak disadari oleh sebagian warga di ‘lapau’
ini  sehingga begitu ada yang menanggapinya dengan pikiran berbeda, maka
ada pihak yang merasa bahwa yang menaggapi gagasan beliau itu adalah
seorang yang tidak menghargai penggagas atau orang yang banyak jasanya itu.
Dalam menanggapi materi suatu permasalahan yang dilemparkan ke khasanah
‘lapau’ ini seharusnya kita cukup membahas materinya , tanpa perlu
mempertimbangkan bahwa yang melontarkan gagasan itu tua atau muda dan
bahasa yang digunakan tentu saja dengan bahasa dan istilah yang lazim
digunakan ketika membahas pokok persoalan yang dimaksud.  Saya yang sdh
kepala tujuh, tentu sadar kalau sayapun  sudah tergolong tua, namun saya
tidak merasa perlu digunakan bahasa yang bertingkat  karena sudah berumur ,
apalagi kalau saya sadar bahwa  ilmu  yang tersisa pada saya termasuk ilmu
yang  sudah tua pula yang mungkin sudah banyak ketinggalan dari ilmu mereka
yang lebih fresh pada  bidang stud yang sama. Dan saya suka saja menambah
ilmu dari yang lebih muda dan tidak sungkan mengakui bahwa pengetahuan dia
lebih up to date dibandingkan saya, dan biasa saja kalau saya yang lebih
tua menaruh hormat pada mereka itu.

 Mohon maaf kalau ada kata kata yang kurang tepat atau tidak pada tempatnya.

Wassalam.

Dunil Zaid , 70, Kampuang Ujuang Pandan Parak Karambia, Padang.