________________________________
 Dari: Dr. Saafroedin Bahar. <saafroedin.ba...@rantaunet.org>
Kepada: Rantau Net Rantau Net <rantaunet@googlegroups.com>
Dikirim: Jumat, 9 Agustus 2013 5:20
Judul: Re: Bls: Bls: [R@ntau-Net] raso hormat ka nan labiah tuo -- ado siklus
perubahan.

Sanak Zaid Dunil, rasanya memang demikianlah sifat ilmu dan ilmuwan. Saya
setuju penuh. Salam kenal.
Wassalam,
SB.

From:  Zaid Dunil <zdu...@gmail.com>
Sender:  rantaunet@googlegroups.com
Date: Thu, 8 Aug 2013 22:18:50 +0700
To: Rantaunet<rantaunet@googlegroups.com>
ReplyTo:  rantaunet@googlegroups.com
Subject: Re: Bls: Bls: [R@ntau-Net] raso hormat ka nan labiah tuo -- ado siklus
perubahan.

Ass. Ww.
Sanak sapalanta
n a h.
Re  : Raso hormat ka nan labieh tuo
Pengetahuan dan
ilmu lazimnya tidak memandang umur. Seorang yang sudah berumur tidak bisa
mengklaim paling pandai dan paling tahu dalam segala hal. Pemahaman ilmu yang
mendalam pada seseorang lazimnya hanya pada bidang tertentu saja. Begitu dia
masuk dalam diskusi  sesuatu tentang
materi atau bidang diluar studynya atau bidang yang tidak dikuasainya , dalam
arti bukan bidang study atau keahlian yang menjadi ‘major’  baginya, maka
kemungkinan bahwa paparan atau
gagasan yang dikemukakan akan banyak yang terasa agak ‘dangkal’ , dilihat dari
kaca mata mereka yang menggeluti ilmu itu secra penuh. Bisa bearkibat orang yang
lebih tahu tentang pokok itu malas memberikan tanggapan , takut beliau merasa
gagasannya
direndahkan . Apalagi kalau beliau itu seorang yang sangat dihormati karena
keahliannya dalam bidang tertentu dimana bahkan beliau sudah banyak jasanya bagi
Bangsa dan Negara. Hal ini kadang tidak disadari oleh sebagian warga di ‘lapau’
ini  sehingga begitu ada yang menanggapinya
dengan pikiran berbeda, maka ada pihak yang merasa bahwa yang menaggapi gagasan
beliau itu adalah seorang yang tidak menghargai penggagas atau orang yang
banyak jasanya itu. Dalam menanggapi materi suatu permasalahan yang dilemparkan
ke khasanah ‘lapau’ ini seharusnya kita cukup membahas materinya , tanpa perlu
mempertimbangkan bahwa yang melontarkan gagasan itu tua atau muda dan bahasa
yang digunakan tentu saja dengan bahasa dan istilah yang lazim digunakan ketika
membahas pokok persoalan yang dimaksud.
Saya yang sdh kepala tujuh, tentu sadar kalau sayapun  sudah tergolong tua,
namun saya tidak merasa
perlu digunakan bahasa yang bertingkat  karena sudah berumur , apalagi kalau
saya
sadar bahwa  ilmu  yang tersisa pada saya termasuk ilmu yang  sudah tua pula
yang mungkin sudah banyak ketinggalan
dari ilmu mereka yang lebih fresh pada
bidang stud yang sama. Dan saya suka saja menambah ilmu dari yang lebih
muda dan tidak sungkan mengakui bahwa pengetahuan dia lebih up to date
dibandingkan saya, dan biasa saja kalau saya yang lebih tua menaruh hormat pada
mereka itu.
 Mohon maaf kalau
ada kata kata yang kurang tepat atau tidak pada tempatnya.
Wassalam.
Dunil Zaid , 70,
Kampuang Ujuang Pandan Parak Karambia, Padang.

2013/8/8 Ahmad Ridha <ahmad.ri...@gmail.com>

Seringkali memang lebih mudah menyerang pembawa pesan ketimbang mengkritisi
pesannya. Lebih seru lagi kalau beramai-ramai.