Benar Kanda Erwin. Perubahan cukup luar biasa saya
lihat. Dan saya sedikit sedih juga melihat IAIN yang
ada di PADANG.

Saya sering berdiskusi sama suami, membicarakan
masalah ini. Beliau berpendapat, kemajuan dan
perubahan itu, dimasanya Bapak Azyumardi Azra memang,
meski satu sisi banyak juga pandangan negatif tentang
beliau, namun sisi positifnya, kita melihat, IAIN
Ciputat dulunya telah berubah menjadi Universitas, dan
ini atas kelihaian beliau dalam menjalin hubungan
dengan Luar Negeri.

Apakah Unand, tidak berusaha untuk hal ini.? saya
tidak tahu itu.
Tapi banyak contoh-contoh pesantren, PT, saya lihat,
bisa majunya akibat dukungan dana dari Arab Saudi,
yang bukan merupakan pinjaman, tetapi benar-benar
Hibah. Kalau bantuan dari Eropahkan rata-rata berupa
bantuan pinjaman lunak. Yang mau ngak mau kita harus
kembalikan dan kita dililit hutang.

Contoh salah satu pesantren itu adalah Arrisalah yang
ada di PADANG(Anak saya sekarang disana), kemudian
cabang dari Darunnajah yang berada di
kota...(maaf,lupa saya nama kotanya), tetapi anak dari
salah seorang pendiri pesantren itu sekarang ada di
Mesir ini, dari dialah saya dapat cerita, bagaimana
Arab Saudi membantu sekolah itu, sekolah khusus untuk
orang-orang berkemampuan, tetapi tidak mampu, dan ngak
boleh dipungut biaya. Pernah sedikit kesalahan
dilakukan oleh pengurus dengan memungut biaya, atau
apalah, anak ini (teman saya itu),ikut pulang
menyelesaikannya.

Kalau diharapkan dari dana APBN atau APBD, saja, saya
kira sangat sulit, apalagi dana itu dikorupsikan
pula.Sebenarnya kalau ngak dikorupsikan, mungkin masih
ada harapan.

Wassalamu'alaikum. Rahima.

--- [EMAIL PROTECTED] wrote:

> Assalamu'alaikum Bu Rahima dan sidang palanta,
>
> Untuk kasus UIN Jakarta mungkin agak spesial bu.
> Perubahan yang terjadi
> semasa Rektor Azyumardi cukup fenomenal, baik fisik
> gedung dan status,
> (jadi universitas dari institut). Kerja samanya
> dengan islamic dev bank
> membuat pt ini mungkin yang terbesar, bahkan
> dibandingkan pt negeri
> tersohor lainnya.
>
> saya ingat gurauan Rektor Azyumardi ini (dalam suatu
> tulisan) ketika
> membangun fakultas kedokteran UIN Jakarta: "saya
> [...]

Be a better friend, newshound, and

http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tuliskan Nama, Umur & Lokasi anda pada setiap posting.
- Hapus footer & bagian yg tidak perlu, jika melakukan reply.
- Email attachment, DILARANG! Tawarkan kepada yg berminat & kirim melalui jalur
pribadi.
- Posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg bersangkutan minta
maaf & menyampaikan komitmen mengikuti peraturan yang berlaku.