Da Sjaafroedin Bahar nn  baik n sanak Palanta nn di Rahmati Allah 'Azza wa
jaall.
   Dari tataran n sistim komando nn Uda pernah jalani/lalui sesuai dgn thread
Uda,JB salut n memberikan apresiasi nn tinggi atas pencapaian Uda itu

    Uda memang batua,etnis Batak n Manado nn ikut berontak,tapi putra terbaik
mereka,a.l Jenderal A.H Nasution n Maraden Panggabean n Letjen Mantik pernah
diberikan kepercayaan oleh negara menjadi Menko Hankam n Kepala Staf AD nn
bergensi itu,kecuali Jend Mantik.

    Uda Sjaaf,JB n beberapa kawan2 Mahasiwa UI(KAMI-Jaya) nn baasa dari
Minang,thn 1967-68 pernah menanyakan kpd Jenderal Nas(dirumah beliau,jln
T.Umar) n Jenderal M.Panggabean di DepHankam, secara bercanda secara adik kpd
kakaknya,menyinggung kapan putra Minang diberikan kepercayaan menjadi
Panglima(KSAD).Kedua beliau ini dgn senyum mengangkat telunjuknya 'keatas'.

     Sampai kini makna menggerakan telunjuk itu keatas oleh dua Perwira Tinggi
senior AD itu masih 'misterius' bagi JB.                             Apakah itu
bermakna tgt dari Allah swt,or tgt dari Pj Presiden Soeharto,or tgt kapan rang
Minang 'bisa' berbaur kembali dgn etnis lain cq Jawa dlm kelurga Besar NKRI?

    Tampaknyo memang susah(ado barrier mungkin nn dibuat dibawah tangan???)
untuak naik menjadi orang no.1 di TNI-AD bagi putra Minang.Indikasinya selain
kasus Jend.Djamarin nn gagal menjadi KSAD, masih ado kasus serupa nn dialami
oleh Letjen(?) JB lupo namo 'e juga sebagai calon kuat menjadi KA SAD,tapi ndak
jadi,terakhir beliau ini ditunjuk menjadi Sekjen Dep.Perhubungan, cuma itu.

    Kalau secara jantan n kesatria(pandangan Uda),ughang Minang mengakui
kesalahan atas pemberontakan prri itu(bgmn caranya),bisakah stigma negatif ini
hilang dari diri etnis Minang?. Antahlah!

     JB,DtRJ,74thn,sadang di Bogor.