Dunsanak Palanta RN n.a.h

Ini sekedar cerita ringan saja sehubungan investasi LG di Kota Padang terutama
akan membangun RS Modern yang menimbulkan pro dan kontra serta polemik terutama
disangkut pautkan lebih penekanan kepada sentimen berbau SARA sebagaimana 5
poin keberatan Pak MN yang kita baca dan dilewakannya ke palanta RN dan minta
kepada Kawan-kawan agar  dikomentari sampai saat ini tidak ada tanggapan dari
beliau apalagi masalah data peningkatan kirsten yang terlalu di dramatisir
angkanya dan tidak mempersempit khusus kristenisasi terhadap suku minang di
propinsi sumatera barat.

Saya cukup penasaran juga bagaimana RS Siloam ini, paling tidak saya ingin
lihat gambaran secara umum saja itu saya punya kesempatan berkunjung ke RS
Siloam Balikpapan yang cukup megah gedungnya untuk sesuatu urusan melihat teman
sakit yang dirawat dan mencari info dimana dokter mata paktek secara pribadi
dokternya (tidak di RS)

Ini gambaran umum dari saya :

1.Menjelang masuk pandang tertumbuk kepada lambang RS berupa huruf S yang
melingkari tanda salib (palang) ini tidak ada bedanya dengan lambang RS Yos
Sudarso kota Padang yang cukup kental bernuansa agama atau simbol2 kristen.

2.Parkir cukup luas dimana disana juga tersedia tempat landing helikopter
(helipada)

3. Ketika saya masuk banyak juga petugas rumah sakit dan perawat islam yang
bekerja dan pakai jilbab jadi artinya RS ini jika muslim yang bekerja tidak
harus seandainya berjilbab lalu ketika bekerja di RS harus membuka/tidak
berjilbab

4. Didalam ruangan rawat inap tidak ada terpasang tanda salib atau hal2 yang
berhubungan "ayat-ayat injil" yang dikutip lalu dipasang dikamar atau saya yang
tidak tahu apakah pasien islam punya ruang rawat yang terpisah dengan pasien
yang beragama kristen

5. Terdapat mushala buat beribadah umat islam, kantin, toko, atm, toko buku dll
sebagaimana RS modern lainnya, saya tidak menemukan suatu ruangan seperti
gereja atau tempat kebaktian agama kristen di RS ini atau memang ada tapi tidak
terlalu di ekspos tapi yang menjolok dan diketahui oleh orang banyak berkunjung
ke RS sebagaimana mushala.

Kesimpulan saya walau melihat secara umum RS ini murni bisnis semata dalam
pelayanan masyarakat yang berobat tidak ada unsur SARA..apapun agama yang
berobat bahkan tidak punya agama mereka menerima dan melayani sebagai SOP yang
berlaku di RS tsb, bahkan ekstrimnya setan sekalipun jika ada yang sakit
berobat kesana juga akan diterima :-)

Nah bagi saya pribadi RS Siloam bukan skala prioritas membawa istri, anak yang
sakit berobat kesana masih ada pilihan lain kalau memang sebagai suku minang
yang beragama Islam memang ada masalah psikologis kurang nyaman ke RS yang
melihat lambang tanda salib (hanya melihat tanda salib lambang RS ini saja
bukan kepada unsur SARA dan kristenisasi), pilihan saya ada RS Pertamina, RS
Restu Ibu, RS Polri bhayangkara yang merupakan RS yang ditunjuk provider kerja
sama dengan perusahaan hanya memberikan kartu peserta lansung dilayani dan
tanpa membayar walaupun bisa juga ke RS Siloam dengan catatan saya harus bayar
dulu didepan nanti baru ditagih ke provider sesuai plafon saya pertahunnya.

Jadi dari cerita diatas memang hal yang sangat penting dan perlu atas investasi
LG di Padang sebelum pembangunan fisik dilanjutkan adalah :

KETEGASAN BERKEKUATAN HUKUM bisa dilanjutkan investasi LG atau tidak sama
sekali agar tidak terjadi pro kontra yang berkepanjangan yang berakibat konflik
atau demo2 anarkis ditingkat massa  yang jadi korban masyarakat banyak juga,
sementara  tokoh seperti Pak MN yang sangat vokal hanya lebih kepada
surat-surat dan analisa tanpa data yang akurat lebih kepada sentimen berbau
SARA saja tanpa terlibat lansung dengan masyarakat banyak berdiri di garis
depan yang hanya  memantau dari Jakarta saja lalu mengirim surat2 terbuka dan
surat keberatan bukan bertindak memaksa dan memberi tekanan pihak otoritas
melihat aspek hukumnya seperti legalitas, perijinan dan mendorong pihak
otoritas agar memberikan ketegasan berkuatan hukum seandainya mega proyek LG
ini dihentikan.

Demikian mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan atas pendapat dan cerita
saya ini, saya lebih mempertimbangkan jangan terjadi hal2 ditingkat masyarakat
banyak kerusahan, demo2 antara pro dan kontra lalu dengan aparat keamanan,
kasihan kita tetap masyarakat badarai yang menjadi korban.

Terima kasih
Wass-Jepe, L- 48 ThnPowered by Telkomsel BlackBerry®