Sanak Jepe , Pak Saaf dan sanak sapalanta RN  n a h

Ambo lai terlibat pulo dalam soal kabun sawit jo kabun karet katiko dinas
di Pekan Baru. Terlibat dalam pembiayaan kepemilikan kebun untuk
rakyat/transmigran. Dari awal pembebasan tanah itu  pembyaran dalam
pembebasan tanah ke pemilik/penggarap  lai beres , indak ado nan ditipu
tipu sarupo di Lampung atau Sumsel . Sahinggo di Riau hampir tidak ada
gejolak.  Riau tu kekurangan tanago , susah mancari urang nan namuah karajo
kabun, karano itu didatangkan transmigran dari Jawa. Diagiah tiok
transmigran 2 Ha untuk kabun dan 2500 m tanah pekarangan untuk menanam
sayur untuk hidup sehari hari dan dikasi rumah Type 70. Tanah nan 2 Ha itu
ditanam sawit oleh pengembang dan setelah 2 tahun, Sawit dalam keadaan
siap berbuah,  kebun dialihkan menjadi milik transmigran dan masing masning
transmigran mendapat "Sertifikat " HGU atau Hak Milik (maaf agak lupo)  a.n
transmigran ybs. Biaya pembangunan kebun itu dibayar kepada pengusaha
(Perushaan Inti) yang juga berfungsi sebagai Pengembang oleh petani.
Kemudian untuk keperluan itu petani deberi KIK Dan KMKP oleh bank dlm
jangka waktu s/d 10 tahun. Hasil kebun petani dijual kepada Perusahaan Inti
yang punya pabrik penggilingan sawit itu. Penjualan dikoordinir oleh
"Koperasi " dan semua petani transmigran menjadi anggota koperasi.  Kredit
bank dicicil melalui hasil panen yang dibayar bulanan dan dipotong oleh
bank dalam persentase tertentu dari hasil panen TBS (Tandan Buah Segar)
yang dibayar oleh Perusahaan Inti.  Sekarang ini kredit yang diberikan bank
kepada transmigran itu sudah lunas semua dan sertifikat kebun milik
transmigran itu sudah dikembalikan kepada petani dan bebas untuk dijual
dsbnya. Jadi sanak Jepe, proyek PIR TRans yg dirancang tahun 1990 an itu
menurut saya sukses mengentaskan kemiskinan, karena petani itu hidup mereka
sekarang sudah cukup sejah tera , jauh dibandingkan dengan ketika mereka
mulai dulu. Walaupun mereka "kuli" tapi menjadi kuli di kebun milik
sendiri.  Koperasi juga berfungsi mensejahterakan mereka sebagai anggota.
Sejak awal mereka datang sebgai calon petani/pemilik kebun , koperasi itu
sudah menjalankan fungsinya dalam menuhi kebutuhan se hari hari.  Hampir
tidak ada gejolak karena semua terlaksana sesuai aturan yang berlaku.
Pemilik kebun Inti boleh berpindah tangan tapi  organisasi tani kebun itu
cukup kuat sehingga mereka (Koperasi  wadah mereka) menjadi partner yang
setara bagi Pemilik Kebun Inti.
Dalam mensejahterakan anggota , koperasi di pekebunan perkebunan itu cukup
berhasil.
Dalam tulisan saya dimuka  , saya hanya mengingatkan bahwa koperasi belum
dapat diharapkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara signifikan
karena 'modal' nya tidak kunjung terkumpul , sehingga tidak dapat
diharapkan untuk melakukan investasi yang signifikat bagi pertumbuhan
ekonomi. Tapi koperasi di daerah perkebunan rata rata sukses dalam
mensejahterakan anggota mereka.
Soal mengembalikan 'tanah HGU" setelah habis masa HGU nya dengan membaginya
kepada rakyat tempatan di Sumbar, Insya Allah tidak akan terjadi, karena
sebagian besar kebun itu sudah milik rakyat tempatan.  Kebun karet di
Sumbar 97,5 % sudah milik rakyat. Kebun sawit sekitar 45 % juga milik
rakyat yang dulunya  bekas pemilik  tanah ulayat yang dikonversi menjadi
kebun sawit. Situasiny beda dengan daerah daerah lain. Begitulah kenyataan
.
Tantang langkah  yang sanak Jepe lakukan dalam pembinaan petani tempatan,
itu perlu menghindari konflik. Itu langkah preventif yang baik sekali.
Konflik sosial itu umumnya terjadi karena ada yang meng 'kompori' dan isu
negatif termakan oleh mereka kalau kesejahteraan sosial di daerah itu
memang timpang dan ada ketidak adilan.  Dan di kebun eks PIR Trans di Riau
dan Insya Allah di kebun kebun di Sumbar situasinya tidak seperti itu.
Wassalam
Dunil Zaid, 70 +  7/12 . Kpg Ujuang Pandan Parak Karambia, Pdg.Tingga di
Jkt.