Waalaikumsalam wr wb.

  Pemahaman saya, karena "fair" itu kata sifat (? maaf, dulu waktu pelajaran
bahasa ambo duduak di belakang) pengertiannya sangat relatif. Fair menurut si A
mungkin beda dengan si B, beda dengan perusahaan, pemerintah dst. Itu sebabnya
- dalam posting sebelumnya - saya menghindar dengan mengatakan "Di luar masalah
fair atau tidak, ini memang banyak
terjadi".

  Nah, kalau menurut saya, sambil menunggu tibanya jaman "fairness" itu (dengan
catatan, fairness menurut siapa juga harus didefinisikan juga), mengapa tidak
dimulai dengan hal hal yang lebih praktis (maksud saya practicable,
implementable).

  Cara yang lebih praktis itu - menurut saya - ya para alumni tolong ingat
adik2nya ....

  Riri Chaidir

Muzirman -- <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

AssWrWB, Rekan Riri,terimakasih dan senang sekali menerima input dr
rekan Riri, bgmn ke accurate info ini lah saya coba utk
mendapatkannya, dan terinci " legally acceptable, and defendable".
Disini kita berbeda, prinsip nya : setiap warga negara mempunyai hak
yg sama sesuai persyaratan yg ditentukan (ijazah, jurusan, umur,
physic,etc) melamar/bekerja pd Lembaga Publik.

Masalah fair, jelas itu tidak fair, masalahnya ;"apakah kita secara
pelan2, belajar (sekali lagi "belajar"} memperbaiki "/kondisi /system"
yg tidak fair ini, "at least" utk diri saya, krn ada kalimat
"Kewajiban seorang ummat tergantung kpd kemampuannya" . Krn kita bisa
sedikit mampu berbicara " mari kita katakan apa yg kita yakinni itu
tidak fair kita sampaikan secara baik, sopan.
"Rekrutmen utk univ.tertentu sangat sering terjadi" : jelas krn univ.
tertentu tsb punya fasilitas process belajar mengajar, prof. dosen yg
baik dan berkwalitas (??).Tentu mahsiswa dan alumni nya terukur /dan
dominant lbh baik relatively.(??).Pertanyaan nya: Apakah
negara/pemerintah memberikan dana pembangunan/pengembangan universitas
secara
fair ?,(menuju ke fairness).terhadap Univ. tertetu dan univ. di Luar
tertentu itu. Jelas belum /tidak bisa "krn harus ada prioritas dan
kemampuan negara". Pertanyaan lagi: sampai kapan prioritas itu di
berikan kpd Univ. itu itu tertentu itu saja.(sukar utk dibuktikan krn
kebijakakn kita tidak transparansi dan UU Kebebasan mendapatkan
Informasi Publik belum ada), tp bisa kita rasakan /alami dan lihat)

Mudah2an kelihatannya sdh mulai mengarah kesana menuju kearah
kesempatan yg sama. Pointnya adalah : Negara harus menciptakan
sistem/kondisi yg berkeadilan(fair) utk warganya utk
bersaing/berkompetisi secara bebas dan terbuka/transparan serta dapat
dibuktikan.
Utk kakak2 alumni Unand, mari ciptakan kebijakan /policy rekrutment
yg fair dan tranparan, mari berkompetisi secara fair.
Rekan Riri, hanya itu saja dulu. Mari kita diskusi lagi, saya bekajar
dari rekan Riri, terimaksih banyak.
Wass. Muzirman

2008/3/5 Riri Chaidir :
> Sanak Muzirman,
>
> Kalau menurut saya, yang lebih penting bukan lagi "apa saja informasi yang
> diterima Ronal, rinciannya bagaimana dst dst ..."
>
> Dalam rekrutmen, prioritas terhadap alumni dari sekolah/ perguruan tinggi
> tertentu merupakan hal yang sangat sering terjadi. Ada yang diam2, dan ada
> juga yang terang2an. Di luar masalah fair atau tidak, ini memang banyak
> terjadi.
>
> Nah, pertanyaannya, apakah alumni Unand yang punya posisi/ kewenangan tidak
> berpikir untuk melakukan hal yang sama? Apakah mereka ingat adik2nya?

> [...]

Never miss a thing.   Make Yahoo your homepage.
http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tuliskan Nama, Umur & Lokasi anda pada setiap posting.
- Hapus footer & bagian yg tidak perlu, jika melakukan reply.
- Email attachment, DILARANG! Tawarkan kepada yg berminat & kirim melalui jalur
pribadi.
- Posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg bersangkutan minta
maaf & menyampaikan komitmen mengikuti peraturan yang berlaku.