Sanak2 sa palanta yth.

Dari 3 pemeluk agama samawi keturunan nabi Ibrahim AS yaitu menurut urutan
umurnya: Yahudi, Kristen, dan Islam, hanya orang2 Yahudi yang tidak mau
menyebarkan agama mereka. Kenapa? Mereka menganggap bangsa Yahudi sebagai
bangsa terpilih (the chosen people) karena banyaknya jumlah rasul/nabi turun
temurun yang diutus kepada mereka. Bagi mereka warga dunia yg lain adalah
bangsa kelas dua. Itulah salah satu bentuk kesombongan bangsa Yahudi.

Untuk menjaga kemurnian bangsa Yahudi, maka mereka mengakui keaslian darah
menurut garis ibu. Artinya kalau dilahirkan oleh ibu Yahudi maka dia seseorang
otomatis jadi bangsa Yahudi. Kalau bapaknya Yahudi sedang ibunya tadinya bukan
Yahudi (convert), maka anak yg lahir tidak diterima sbg Yahudi asli.

Antara agama Islam dan Kristen terdapat perbedaan aqidah yg besar sekali. Islam
mengajarkan tauhid:keesaan Allah SWT. Sebaliknya pada agama Kristen terdapat
tuhan bapa, tuhan anak, dan roh kudus. Jelas musyrik, mempersekutukan Tuhan.
Perbedaan lain banyak, misalnya dalam hal ibadah dan mu'amalah.

Ajaran Islam menganjurkan untuk berdakwah menyebarkan Islam sebagai
Rahmatallil'alamin kepada yang belum Muslim/Muslimah.

Orang2 Kristen juga melalui missi (Katolik) dan zending (Protestan)berusaha
menyebarkan agama mereka ke seluruh penjuru dunia untuk menciptakan yg mereka
sebut kerajaan Tuhan.

Uraian di atas, yang mungkin sudah banyak yg tahu, ambo sampaikan dalam konteks
pembahasan ttg usaha kelompok Kristen membangun rumah sakit, sekolah dan
fasilitas komersial terpadu di kota Padang.

Mudah2an uraian ini bermanfa'at. Aamiin

Salam
Fashridjal M. Noor Sidin
L65Bdg