Pak Maturidi, sanak Muljadi, jo para sanak sa palanta yth.

Minimnya pengalaman militer Hitler dan rendahnya pangkatnya (hanya sampai
kopral) ternyata merupakan sumber kehancurannya. Dengan kekuasaan absolut yg
berhasil diperolehnya karena kepiawaian berpolitik, dia telah melakukan blunder
(kesalahan) besar dalam strategi perang Jerman melawan sekutu.

Antara lain Hitler telah mengulangi kesalahan Napoleon dengan menyerang
Russia/Uni Soviet. Ada 2 kondisi Russia/Uni Soviet yg membuatnya bisa bertahan
dalam peperangan yg panjang: 1. Musim dingin yg lebih berat dan lama dari di
Jerman. Tank2 Jerman gagal berfungsi di medan perang Uni Soviet yg sangat
dingin dan bersalju tebal. 2. Russia/Uni Soviet adalah negara dengan wilayah
terluas di dunia. Kalaupun bagian baratnya bisa diduduki, pemerintah Uni Soviet
bisa menarik mundur pertahanan sampai ke Siberia.

Sejarah menunjukkan bhw serbuan Jerman terhenti di Stalingrad....dan akhirnya
tentara Uni Soviet yg lebih dulu menguasai kota Berlin sehingga ambisi Hitler
utk menguasai Eropa hancur berantakan.

Jadi memang diperlukan kemampuan seorang perwira tinggi utk memimpin negara.

Salam
Fashridjal M. Noor Sidin
L65bdg