Mamak Maturidi yang ambo hormati,

Pado pasal 17 UU 14 tahun 2008 itu diawali dengan kalimaik: "Setiap Badan
Publik wajib membuka akses bagi setiap Pemohon Informasi Publik untuk
mendapatkan Informasi Publik, kecuali:".
Manuruik andri, yg dilarang untuk tidak membuka informasi kekayaan alam
adolah Badan Publik bukan orang per orang atau badan hukum seperti LSM
(Walhi).
Samantaro di sisi lain pado Pasal 9 dijelaskan apo itu Informasi Publik,
yaitu: a. informasi yang berkaitan dengan Badan Publik; b. informasi
mengenai kegiatan dan kinerja Badan Publik terkait; c. informasi mengenai
laporan keuangan; dan/atau d. informasi lain yang diatur dalam peraturan
perundang-undangan.

Jadi, manuruik andri, UU ko labiah banyak ma arah ka Badan Publik dalam
kaitannyo dengan Informasi Publik yang mereka punyai.

Kalau ado badan hukum/swasta/LSM yang turut menyebarkan Informasi Publik
tsb di luar yg dikecualikan berarti telah membantu karajo Badan Publik yang
alah ado.
Namun persoalannyo, informasi tersebut termasuk yang dikecualikan untuk
disebarluaskan berarti bisa dituntut secara hukum. Jika argumennyo masuak
(data dan fakta hukum), bisa jadi yg dikarajoan Walhi itu bisa dituntut
secara hukum.

Itu manuruik awak pak.

Pada 7 Januari 2014 11.25, Maturidi Donsan <maturid...@gmail.com> menulis:

> *Nak Epy dan sanak dipalanta n.a.h*
>

> *Ambo cari -cari ado pasal 17 UU14 tahun 2008 tu  data yang tidak boleh
> diberikan kepada publik, berbunyi: *
>
> *d. Informasi Publik yang apabila dibuka dan diberikan kepada Pemohon
> Informasi Publik dapat mengungkapkan kekayaan alam Indonesia.*
>

>  *Walhi sabannyo mangungkap kekayaan alam dsb contoh:*
>

> *Walhi mencatat, kehadiran dua perusahaan tambang bijih besi membuat
> sekitar 222 hektare lahan produktif di Kenagarian Simpang Tanjung Nan IV,
> Kabupaten Solok.*
>

>  *Apakah ini tidak terjangkau oleh pasal 17 d diatas.*

> [...]

Andri Satria Masri, S.E., M.E.

Kasubag Sistim Informasi, Aplikasi dan Persandian

Bagian Pengolahan Data Elektronik Setdakab Padang Pariaman

L/41/Koto/Nagari Sungai Sariak/Kecamatan VII Koto/Kab. Padang Pariaman

 *Hidup Adalah Pengabdian Seumur Hidup Kepada Sang Maha Pemberi Kehidupan.*
My profiles: [image: Facebook] <http://www.facebook.com/andri.masri> [image:
Blogger] <http://andrimasri.blogspot.com> [image:
WordPress]<http://andrisatria.wordpress.com> [image:
Twitter] <http://twitter.com/AndriSatria>