*Merdeka.com - *Keputusan Joko Widodo (*Jokowi
<http://profil.merdeka.com/indonesia/j/joko-widodo/>*) maju sebagai calon
presiden usai mendapat mandat dari Ketua Umum *PDIP
<http://profil.merdeka.com/indonesia/p/partai-demokrasi-indonesia-perjuangan/>**Megawati
Soekarnoputri
<http://profil.merdeka.com/indonesia/m/megawati-soekarnoputri/>* disesalkan
banyak pihak, di antaranya anggota DPD RI, AM Fatwa. Rasa kecewa itu
ditulisnya secara langsung melalui surat cinta terbuka yang akan dikirimnya
secara langsung kepada *Jokowi
<http://profil.merdeka.com/indonesia/j/joko-widodo/>*.

"Dari dulu banyak mengesankan kepemimpinan *Jokowi
<http://profil.merdeka.com/indonesia/j/joko-widodo/>*, dengan citra yang
dibawa. Ada 19 janji tapi kita lihat sekarang ini yang dicitrakan,
dirintis, banyak meresmikan proyek-proyek besar, ya ini nanti tinggal
dilanjutkan. Ini jadi pertanyaan besar," ujar AM Fatwa sebelum membacakan
surat cinta terbuka di Wisma Kodel, Kuningan, Jakarta, Selasa (18/3).

Saat berlangsungnya pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta, AM Fatwa
melihat sosok *Jokowi
<http://profil.merdeka.com/indonesia/j/joko-widodo/>* sebagai
pemimpin yang dapat meneruskan langkah-langkah besar mantan gubernur Alm
Ali Sadikin. Atas alasan itu, Fatwa bersama *Sutiyoso
<http://profil.merdeka.com/indonesia/s/sutiyoso/>* mengaku mengalihkan
dukungannya kepada mantan wali kota Solo tersebut.

"Saya temui *Jokowi
<http://profil.merdeka.com/indonesia/j/joko-widodo/>* secara
pribadi. Saya katakan, sebaiknya diselesaikan dulu Jakarta, tidak usah
calonkan diri jadi presiden, tapi dia hanya senyum-senyum saja. Dia selalu
menjawab pertanyaan wartawan tidak mikir capres, karena itu tadi malam saya
buat surat cinta terbuka kepada *Jokowi
<http://profil.merdeka.com/indonesia/j/joko-widodo/>*," pungkasnya.

Tak hanya sekadar surat cinta terbuka, AM Fatwa juga mengirimkan dua buku
untuk *Jokowi <http://profil.merdeka.com/indonesia/j/joko-widodo/>* yang
berjudul ' *Mobil Murah <http://www.merdeka.com/tag/m/mobil-murah/>* dan
Kemacetan Jakarta', serta 'Bagaimana Mengatasi Banjir Jakarta'. Dengan buku
itu, senator DKI Jakarta ini berharap akan bermanfaat sebelum *Jokowi
<http://profil.merdeka.com/indonesia/j/joko-widodo/>* benar-benar
menanggalkan jabatannya sebagai gubernur.

Berikut surat cinta terbuka AM Fatwa untuk *Jokowi
<http://profil.merdeka.com/indonesia/j/joko-widodo/>* yang akan dikirimkan
dalam waktu dekat:

*Kepada Yth.*
*Gubernur Joko Widodo dan*
*Wagub Basuki Tjahaja Purnama*
*Di Jakarta*

*Assalamualaikum dan Salam Sejahtera*

*1. Bersama ini saya sampaikan dua buku " Mobil Murah
<http://www.merdeka.com/tag/m/mobil-murah/> dan Kemacetan Jakarta" serta
"Bagaimana Mengatasi Banjir Jakarta". Buku pertama merupakan hasil seminar
dengan ucapan terima kasih atas sambutan Saudara Gubernur atas buku
tersebut, setelah kurang lebih dua bulan saya menunggu sehingga
penerbitannya menjadi terlambat. Namun materinya tentu tidak terlambat dan
pasti bermanfaat.*

*2. Kedua buku tersebut akan saya edarkan ke seluruh Kementerian/Lembaga
dan Unit-Unit Pemprov DKI serta Kelurahan/RW, agar masyarakat memahami dan
punya perspektif, serta harapan positif bahwa masalah kemacetan dan banjir,
meski tidak bisa dihindari, tapi pasti bisa diatasi atau diminimalisir.
Seperti diketahui, materi seminar dari buku tersebut merupakan tindak
lanjut penggunaan hak bertanya 96 Anggota DPD RI tentang Mobil Murah dan
Kemacetan Jakarta Serta Keseimbangan Infrastruktur dan Moda Transportasi
Nasional, yang diperdebatkan pada Sidang Paripurna DPD RI, 29-11-2013 atas
jawaban Presiden RI.*

*3. Sejak kampanye tahap kedua Pilgub DKI 2012 saya memberikan dukungan
konstruktif, meski disertai berbagai risiko kesalahpahaman sementara publik
terhadap saya. Namun dengan keyakinan dan perspektif penuh harapan, akan
keberhasilan pasangan Jokowi-Ahok
<http://www.merdeka.com/tag/j/jokowi-ahok/> memimpin pembangunan Jakarta
Baru yang diimpikan. Tiba-tiba saya merasa suasana hati yang sunyi, hampa,
dan galau setelah adanya keputusan pencalonan Gubernur Jokowi
<http://profil.merdeka.com/indonesia/j/joko-widodo/> menjadi Capres. Secara
moral dan etika demokrasi, tentu saya harus menghormati keputusan politik
itu yang memang hak politik pribadi dan hak politik PDI Perjuangan. Namun
secara tanggung jawab moral demokrasi dan asas kepatutan, saya menyayangkan
bahwa Gubernur Jokowi
<http://profil.merdeka.com/indonesia/j/joko-widodo/> telah mengambil
langkah yang berbeda dengan janji politiknya semasa kampanye (poin 8 dari
19 Janji-JanjiJokowi-Ahok <http://www.merdeka.com/tag/j/jokowi-ahok/>)
"Akan Memimpin Jakarta Selama Lima Tahun" (jumpa pers di rumah Megawati
Soekarnoputri
<http://profil.merdeka.com/indonesia/m/megawati-soekarnoputri/> 20/09/2012).
Dalam pada itu, sebagai orang beragama, tentu kita menyerahkan hasil
akhirnya kelak pada takdir Allah yang terbaik bagi rakyat, bangsa, dan
negara.*

*4. Akhirnya, dalam kesempatan Saudara Gubernur/Wagub berkenan membaca
kedua buku kecil ini, sudilah menyimak alinea terakhir dari Kata Penutup
buku "Banjir Jakarta" yang saya tulis sebelum adanya keputusan politik
pencapresan Saudara Gubernur. Betapa dengan segala harapan, kepercayaan,
dan dukungan penuh saya akan keberhasilan Saudara Gubernur memimpin
Jakarta; dan kalau sekian banyak surat yang berisi saran dan kritik
membangun, termasuk sekian banyak SMS yang saya kirim tak satu pun yang
dibalas -seperti juga saya dengar keluhan serupa- kali ini, kalaupun tidak
ditanggapi lagi, dengan kebesaran hati, saya lebih dulu memaklumi dan
memaafkan.*

*Wallahualam bishshawab.*

*Jakarta, 17 Maret 2014*
*Salam Rindu,*

*A.M. Fatwa*
*Anggota DPD RI/MPR RI*
*"Senator" dari DKI Jakarta*

*----- Rapat Rutin Pengurus Serikat Harus Tetap Ada. **Karena Disitulah
Hati, Jiwa Dan Semangat Pengurus Dipertemukan, Diingatkan Dan Dipersatukan
-----*

*Salam dan Terima Kasih,*
*Dedi Suryadi*

                       *****    Sukses Seringkali Datang Pada Mereka Yang
Berani Bertindak Dan   *****
      ******Jarang Menghampiri Penakut Yang Tidak Berani Mengambil
Konsekuensi (Jawaharlal Nehru**)* *****
          "The Best Human Being Among of You is The Most Beneficial for The
Others" (Hadith by Bukhari)
****...."Kasihilah Yang Di Bumi, Maka Yang Di Langit Akan Mengasihimu...
                  "Love What On Earth, Then What On Sky Will Love You ..."