From: Saafroedin Bahar <drsaafroedin.ba...@gmail.com>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Fri, 28 Mar 2014 05:39:01
To: Rantau Net Rantau Net<rantaunet@googlegroups.com>
Subject: [R@ntau-Net] Mengapa Orang Minangkabau Sulit Bersatu ?

Assalamualaikum w.w. para sanak sekalian. Di bawah iko ambo posting baliak
surek ambo ka pakguruonline tahun 2006 nan lalu. Sasudah ambo baco-baco
rasonyo maisih relevan untuak maso kini, karano sampai kini kito kan alun
juo bisa bersatu lai. Samantaro tu nan dii urang lalu juo.
Sekedar untuak dikunyah-kunyah, Kok bamanfaat silakan ditindaklanjtui, kok
diraso indak, anggap indak ado sajo.

--
Dr.Saafroedin Bahar
Male, 77 yrs, Jakarta

Pakgururuonline, 22 Oktober 2006.

Waalaikumsalam w.w. Dunsanak Zulifikri dan para netters,

Sambil mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1427, saya
menyampaikan terima kasih atas pendapat Dunsanak, bahwa 'penyakit' tak mau
bersatu itu bukan hanya terdapat pada urang Minang, tetapi juga pada bangsa
Indonesia secara menyeluruh, dan faktor peyebabnya adalah metode mengajar
yang mendorong anak-anak untuk bersifat nafsi-nafsi, saling 'ma-ikik-i'.
Saya setuju dengan saran dunsanak agar anak-anak kita didik dengan metoda
yang lebih mendorong kebersamaan.

Namun ada masalah yang belum terjawab, yaitu bagaimana kita menerangkan
demikian kuatnya solidaritas etnik di antara dunsanak kita urang Aceh,
urang Batak, urang Sunda, urang Dayak, urang Madura, atau urang Papua ?
Solidaritas mereka ini bukan hanya dalam kata-kata, tetapi juga dalam
perbuatan ! Mereka kan juga dididik dengan didaktik dan metodik yang sama
dengan orang Minang ? Jadi mungkin ada 'faktor x' pada urang Minang, yang
menyebabkan ketidakmampuan untuk hidup bersama itu demikian menonjol, dan
kebersamaan itu demikian musykil untuk terwujud sebelum 'faktor x' itu
dirapikan terlebih dahulu. Saya telah mencoba membolak balik masalah ini,
ujung-ujungnya kembali juga ke sistem nilai dan struktur sosial yang selain
bukan saja memang tidak dirancang untuk bersatu tetapi juga demikian
resisten untuk bersatu. Saya sedang memikir-memikir faktor apa yang
menyebabkan hal itu. Sudah ada sih sekedar hipotesa, tapi biar saya simpan
saja dulu. Sekedar sebagai perbandingan, saya menemukan hal yang sama pada
suku Kerala di India (tentang mereka ini silakan lihat keterangannya di
internet; saya mengutipnya dalam buku yang saya tulis bersama dengan Ir
Mohammad Zulfan Tadjoeddin MA).

Apa mungkin 'faktor x' ini diatasi ? Jelas mungkin, dan sudah
mulai dirintis sejak tahun 1945, yaitu dalam format negara kesatuan
Republik Indonesia, dengan dasar negara Pancasila. Kita sukar bersatu
sebagai urang Minang, karena kita lebih merasa sebagai urang Solok, urang
Sulik Aia, urang Pariaman, atau urang Payakumbuh, namun mau tidak mau kita
harus merasa menjadi orang Indonesia yang diikat dan terikat oleh hukum
hukum positif nasional. Kita malah baru merasa menjadi urang Minangkabau di
antara demikian banyak -- 1,072 pada Sensus tahun 2000 -- etnik-etnik
lainnya di Indonesia. Ringkasnya, kita harus menepuh 'jalan berbelok'
('detour')  untuk menjadi urang Minangkabau, yaitu dengan melalui jalan
menjadi urang Indonesia terlebih dahulu. Ini yang belum banyak di-'explore'
oleh tokoh-tokoh Minang, dan yang saya coba untuk mendayagunakannya,
kalau mungkin. Sekedar catatan, itu juga yang mungkin menyebabkan kita
menjadi pendukung negara kesatuan yang gigih.

Sekian dahulu.

Wassalam,

Saafroedin Bahar.