Bismilahirrahmanirrahim,..
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh,

Kepada Buya yang kami mulyakan, sarato sanak di Palanta nan kami hormati,

Setelah saya membaca dan memahami tulisan Buya yang berjudul Kompilasi
ABS SBK, ijin kan saya untuk bertanya dan mohon kejelasannya.

[A]. Ada  empat tingkatan adat di Minangkabau. 1).  Adat Nan Sabana
Adat  2).  Adat Nan Diadatkan 3).  Adat Nan Taradat, hal ini untuk
point 1-3, apa saja aturan-aturan adat atau rinciannya (item-itemnya),
karena saya belum tahu persis apa yang di atur untuk dilakukan dan
ditaati sebagai orang minang, yang telah dirumuskan atau yang telah
dijalan hingga saat ini, yang berkenaan dengan point 1-3 diatas.

Untuk point 4).  Adat Istiadat, "umumnya tampak dalam bentuk
kesenangan anak nagari seperti kesenian, langgam dan tari, dan
olahraga", nah disini dalam pengamatan saya dikampung (Manggopoh,
Lubuk Basung, Agam), ada kalanya orang baralek dengan hiburan Orgen
Tunggal disertai dengan tari-tarian erotis, dan bila menjelang malam
anak-anak muda atau termasuk yang tua meminta jatah minuman keras
kepada tuan rumah untuk dapat disediakan, dan ada lagi acara Halal
bihalal pemuda yang diselenggarakan setelah hari raya Idul Fitri
dengan hiburan Orgen Tunggal dan tarian Erotis dan juga sambil mencari
dana dengan melelang sepinggan Ayam. Apakah hal yang saya amati ini
telah menjadi bagian dari pada Adat Istiadat?, jika sekira tidak
menjadi bagian dari pada Adat Istiadat apa yang telah ditindak lanjuti
dari pihak Ulama dan Umaro?.

[B] Mengutip dari Kesimpulan dan Rekomendasi pada paragraf terakhir
"ABS-SBK hendaklah diimplementasikan dalam seluruh sendi kehidupan
masyarakat Sumatera Barat. Untuk itu ABS-SBK perlu ditingkatkan
pengkajiannya dengan menggunakan berbagai pendekatan seperti
pendekatan empiris, normatif, historis dan integralistik." Yang
menjadi pertanyaaan saya mengapa tidak mengunakan Al-Quran dan
Assunnah sebagai sumber kajian dan pendekatan untuk
mengimplementasikan ABS-SBK ?.

Inilah yang saya tanyakan, sebelumnya saya mohon maaf dan
penjelasannya saya mengucapakan terima kasih.

WabilahiTaufiqwalhidayah,
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh,

Muhammad Yamin Bagindo Chaniago (45), Palembang
"Lihatlah apa yang disampaikannya, dan janganlah lihat siapa yang
menyampaikannya"

--- In [EMAIL PROTECTED], Masoed Abidin <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Asalamu'alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh,
>
> Pak Saaf Yth,
>
> Alhamdulillah sudah juo dek buya, barapo catatan, mungkin ado
gunonyo untuk bahan palangkok di dalam kompilasi ABSSBK tu.

> Tingga editor ma ambiek sado nan paralu.
> Indak banyak nan bisa buya sumbangkan,
> Saketek,
>
> Mungkin lai juo aratinyo beko.
> Selamat bekerja,
> Jan beranti tangan mandayuang,
> kok indak..., aruih kan mambaok anyuik..!!!
>
> Tarimo kasih,
> Wassalam
> Buya HMA

> Never miss a thing.  Make Yahoo your home page.
> http://www.yahoo.com/r/hs

http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tuliskan Nama, Umur & Lokasi anda pada setiap posting.
- Hapus footer & bagian yg tidak perlu, jika melakukan reply.
- Email attachment, DILARANG! Tawarkan kepada yg berminat & kirim melalui jalur
pribadi.
- Posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg bersangkutan minta
maaf & menyampaikan komitmen mengikuti peraturan yang berlaku.