Dinda Julnardi, Mak Asmardi n.a.h.

Allah sudah menjamin hak manusia untuk beriman atau kafir, tergantung
keinginan masing-masing. Jaminan itu tercantum dalam Surat Al Kahfi (18)
ayat 29. "Kebenaran itu dari Tuhammu, barangsiapa yang ingin beriman,
berimanlah. Barang siapa yang ingin kafir, kafirlah." Tentu risiko tanggung
sendiri masing-masing, kelak di Pengadilan yang sesungguhnya.

Jika Allah Sang Pemilik Kebenaran, Zat Mutlak yang memiliki semesta saja
begitu demokratis terhadap pilihan hambaNya -- bahkan tetap diberiNya pula
rezeki berlimpah bagi kaum yang ingkar kepadaNya, tidak langsung ditendang
dari bumiNya --  maka atas dasar apa kita sebagai hamba merebut otoritas
Allah sebagai hakim penilai keimanan seseorang?

Tugas kita sebagai muslim hanyalah menyampaikan (itulah fungsi utama
mubaligh) dan menyeru (inti tugas para da'i) sembari menampilkan akhlak
mulia Islam dalam kedua aktivitas itu. Tanpa dibarengi stok kesabaran yang
memadai, cara penyampaian mudah terjerembab menjadi ajang sumpah serapah
tak berkesudahan. Islam sejak dari masa awalnya, tidak berkembang dengan
cara itu.

Wassalam,

ANB