Fend,
jadi kalau dibuat resume berdasarkan peringkat pertumbuhan ekonomi (PE) ,
peringkat PE Sumbar sebesar 6,38% ada di posisi ke-4 (dari 10 provinsi,
dengan posisi 1-3: Jambi, Bengkulu, Babel), meski masih di atas:

5. Sumut (6,22 %).
6. Sumsel (6,01 %).
7. Kepri (5,73 %).
8. NAD (5,18 %)
9. Riau
10. Kepri

Uniknya jika data PE ini kita bandingkan dengan PES (Pertumbuhan Ekonomi
Syariah) 2015 yang dilansir Otoritas Jasa Keuangan (OJK), posisi Sumbar
dalam hal DPK (Dana Pihak Ketiga) pada Bank Syariah juga di posisi ke-4.

Siapa saja 3 besar provinsi di Pulau Sumatra untuk ukuran PES?

Jangan kaget, 3 besar provinsi itu semuanya provinsi yang berada di BAWAH
Sumbar dalam rangking PE, yakni (ambo mulai terbalik dari peringkat 4 ke
peringkat 1):

4. Sumatra Barat: 1,38 % (Rp. 2,553 triliun).
3. Sumsel: 2,03 % (Rp. 3,760 T).
2. Riau: 2,04% (Rp. 3,788 T).

dan yang berada di peringkat 1 untuk pertumbuhan ekonomi syariah terbaik di
Pulau Sumatra adalah ... *eng ing eng* .... *Sumatra Utara dengan
pertumbuhan 3,35% (Rp 6,214 T) atau lebih dari dua kali Sumbar dari
kapitalisasi DPK!*

** * **

Melihat hasil perbandingan data pertumbuhan ekonomi itu, dua sahabat Bujang
dan Ucok terlibat obrolan di Ahad siang.**

Bujang: "Lho, kok bisa provinsi yang tidak berdasarkan ABS SBK mengalahkan
provinsi yang bersandarkan ABS SBK dalam pertumbuhan ekonomi syariah?"

Ucok: "Cemmana nggak bisa. Gubernur kami kan hafidz. Mungkin dia yang
banyak sosialisasikan pentingnya ekonomi syariah. Mungkin ya. Jangan kau
pelintir pulak pendapatku ini nantik."

Bujang: "Ah, kalau soal hafidz, gubernur kami pun hafidz pula. Apa bedanya
coba?"

Ucok: "Alamak, kau tanyakan balik pulak padaku. Cobalah kau yang telusuri
sendiri, Jang. Harusnya menurutku yang awam syariah ini, dua provinsi
teratas dalam pertumbuhan ekonomi syariah di Sumatra itu adalah Sumatra
Barat daerahmu atau Aceh. Terserahlah mana yang mau posisi 1-2. Ini Aceh
pun di peringkat 5 pulak. Cemanna? Apa kata dunia?"

Bujang: "Hmm... benar juga pendapatmu, Cok. Sekarang aku punya dugaan
mengapa pertumbuhan ekonomi syariah di provinsiku tidak menggembirakan."

Ucok: "Nah, baguslah itu, sebagai calon intelektual mulai dulu dengan
dugaan sebelum kau cek di lapangan. Apa dugaanmu."

Bujang, "Tadi data itu dari sisi DPK, bukan?"

Ucok: "Botul!"

Bujang, "Berarti Dana Pihak Ketiga atau Dana Masyarakat?"

Ucok: "Botul lagi! Tapi apa inti dugaanmu, jangan hanya berputar-putar
seperti mencari ketiak ular saja kau, Jang."

Bujang, "Kalau Dana Masyarakat rendah, berarti menunjukkan juga tingkat
kepercayaan masyarakat kepada bank syariah, bukan?"

Ucok: "Ah cerdas jugak ternyata kau. Kini aku tahu lanjutan dugaanmu."

Bujang: "Sok tau! Coba lanjutkan kalau kau memang tahu Cok?"

Ucok: "Lanjutannya adalah, kalau DPK rendah, partisipasi masyarakat rendah,
berarti di mana orang-orang Minang nan *kayo rayo*, nan *bapitih* tu,
menempatkan uang mereka? Betul begitu maksudmu, Jang?"

Bujang: "Begitulah. Hhhmm, Cok, menurutmu di mana kira-kira orang Minang
nan *kayo rayo* tu menyimpan uang mereka ya? Kenapa sedikit sekali dana
mereka di Bank Syariah?"

Ucok: "*Meneketehe*. Kau tanyakanlah pada rumput yang bergoyang."

Bujang: "Seriuslah sikit, Cok. Jangan bergurau terus."

Ucok: "Nanti kalau aku serius kasih masukan, kau tersinggung pulak karena
merasa diajari."

Bujang: "Ya tidaklah. Mungkin kau sebagai orang luar bisa melihat lebih
obyektif, Cok."

Ucok: "Ini pendapatku pribadi ya, jangan disebut-sebut sebagai pendapat
orang Batak terhadap orang Minang pulak. Ini benar-benar pendapatku
pribadi, untukmu secara pribadi pula. Paham?"

Bujang: "Paham."

Ucok: "Ah tak jadilah, nanti kau marah pulak. Kata orang-orang dulu, lidah
tak bertulang. Kau yang bilang minta masukan, minta masukan, giliran nanti
dikasih masukan yang tak sesuai dengan keinginanmu, merepet pulak kau tujuh
hari tujuh malam, atau malah mendiamkanku seakan-akan aku patung batu di
Museum Nasional. Tak lah, tak lah ....."

Bujang: "Ucoooooooooookkkkkkkk! Please? Bitte? Kasihlah masukan sikit saja.
Ya, ya, ya ..."

Ucok: "Nehi, nehi! Nanti pendapatku kau jadikan belati yang kau putar balik
ke leherku. Nehi!"

**dialog imajiner. Siapa Ucok siapa Bujang tak penting. Yang penting adalah
bagaimana mencari tafsir dan penjelasan komprehensif, mengapa tiga provinsi
yang berada *di bawah* Sumbar dalam Pertumbuhan Ekonomi (Nasional) justru
berada *di atas* Sumbar dalam Pertumbuhan Ekonomi Syariah, sekaligus
sebagai refleksi komunal, "Ada apa dengan orang-orang kaya Sumbar?"

(Karena DPK dari golongan penduduk miskin yang bisa dipastikan kecil, tidak
signifikan dalam total DPK itu, sehingga tidak perlu penjelasan apologetik,
"Ini karena orang-orang di Ranah belum pada melek pentingnya Bank Syariah
sehingga tidak tertarik menggunakan BS."

Wahai orang-orang *kayo rayo nan batipih malimpah ruah* di Palanta RN,
mohon dengan hormat cek rekening/m-rekening masing-masing, sudah berapa
jauh dunsanak ikut berperan dalam MEMPERBURUK PERINGKAT SUMBAR dalam Bank
Syariah dengan ketidakpercayaan dunsanak untuk menyalurkan amanah harta
yang dititipkan Allah kepada dunsanak saat ini? Dan lebih suka menyimpannya
dalam pelbagai produk keuangan konvensional di dalam dan luar negeri?

"Ya ayyuhal ladzina" nan bapitih di Ranah jo Rantau Minang nan aktif
memantau dan berinvestasi si sektor moneter dan mengintip pergerakan bursa
dari pagi sampai pagi lagi, setiap hari, berapa banyak yang sudah dunsanak
investasikan di SEKTOR RIIL dan microfinance yang mendorong perputaran
ekonomi umat di Sumatra Barat via Bank Syariah? Kalau sudah ada, apakah
jumlahnya signifikan dengan tabungan/inventasi dunsanak pada bank
konvensional?

Kalau sampai pada Laporan OJK 2015 (tahun depan), peringkat DPK Sumbar di
Bank Syariah masih di peringkat ke-4 atau bahkan lebih buruk lagi, maka itu
jelas kesalahan orang-orang kaya Sumbar, bukan kesalahan rakyat badarai
yang hidup sehari-hari pun sudah sangat sulit.

Siapa yang ingin melihat Sumbar berada pada peringkat 1 DPK pertumbuhan
Bank Syariah tahun depan mengalahkan Sumut? Ah ya, semuanya ingin Sumbar
berada di peringkat 1 PES. Kalau begitu pertanyaan diubah:

Siapa dari orang-orang kaya Minang yang bersedia mengalihkan tabungan,
deposito dll, pada bank konvensional masing-masing ke bank syariah (atau
unit usaha syariah) di Minang secara signifikan?

Jangan sampai "prestasi" tahun ini terulang lagi tahun depan: kalah dari
Sumut, negeri asal Nagabonar.  Bah, apa kata dunia?

Salam,

ANB