Dari ranahberita.com kito baco dan caliak foto Putri Mentawai nan rancak
dan mungkin bagak untuak jadi Bundo Kanduang Mentawai di maso datang, Dara
Anggun Sasra Sagiri ...

Kito Doakan ... Semoga Sukses Anggun ...

-- MakNgah

Putri Mentawai Wakili Sumbar dalam Pemilihan Putri Indonesia 2015

dalam Aktual <http://ranahberita.com/kategori/aktual>, Peristiwa
<http://ranahberita.com/kategori/aktual/peristiwa> 1 Februari 201522:42 WIB
0
<http://ranahberita.com/43893/putri-mentawai-wakili-sumbar-dalam-pemilihan-putri-indonesia-2015#respond>
 111
dikunjungi
 [image: Putri Mentawai Wakili Sumbar dalam Pemilihan Putri Indonesia 2015]

Dara Anggun. (Foto: puteri-indonesia.com)

RANAHBERITA- Dara Anggun Sasra Sagiri, putri asli Kepulauan Mentawai, akan
mewalili mewakili Sumatera Barat (Sumbar) dalam pemilihan Putri Indonesia
pada 2015, yang akan digelar pada Februari ini.

Terpilihnya gadis kelahiran Mentawai 22 November 1992 itu, setelah
mengikuti proses seleksi yang ketat, pada 12 Januri 2015. Terpilihnya
Anggun mewakili Sumbar pada event nasional itu menjadi prestasi dan sejarah
menggembirakan bagi daerah Kepulauan Mentawai.

Setidaknya, hal itu terungkap dari kedatangan gadis yang akrab disapa
Anggun didampingi sang manager Andri Tanzil, saat bertemu langsung dengan
Bupati kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet, beberapa waktu lalu di
Tuapejat.

Terpilihnya Anggun tersebut, kata Yudas, merupakan salah satu kesempatan
bagi Sumbar, khususnya Kepulauan Mentawai untuk mempromosikan daerah ke
tingkat nasional maupun Internasioanl.

“Kami berharap, dengan adanya kontes ini, menjadikan Sumbar, khususnya
Mentawai untuk lebih dikenal, baik di mata nasional, maupun internasional
dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ujar Yudas didampingi Kepala Dinas
Pariwisata, Budaya, pemuda dan Olahraga, Desti Semionora.

Sebelumnya, proses atau seleksi yang digelar setiap tahun oleh Yayasan
Putri Indonesia tersebut, tidak hanya memiliki kecerdasan, penampilan
menarik, serta kepribadian yang baik, namun juga finalis tersebut juga
diharapkan memiliki kualitas yang lebih unggul.

Kemudian, event yang mengusung tema “Tingkatkan Kualitas Diri & Rasa
Nasionalisme untuk Menang di Era Globalisasi” tersebut, akan dilanjutkan
dengan karantina untuk seluruh finalis yang dimulai dari tanggal 10
Februari sampai 20 Februari 2015.

Selanjutnya, pada malam 20 Februari, akan digelar secara live di dua
stasiun swasta yakni, SCTV dan Indosiar pukul 08.00 wib untuk menyisihkan
menjadi tiga besar dan menentukan Putri Indonesia tahun 2015. Untuk
dukungan kepada finalis, panitia juga membuka poling sms.

Puteri Indonesia yang terpilih akan ditunjuk mewakili Indonesia diajang
pemilihan Miss Universe. Sedangkan pemenang gelar Puteri Indonesia Bumi
akan menjadi peserta Miss Earth dan penerima gelar Puteri Indonesia
Internasional akan diikutsertakan dalam ajang Miss International.

Lebih lanjut, Bupati Kepulauan Mentawai juga berharap kepada seluruh
masyarakat Sumbar untuk memberikan dukungan kepada Dara Anggun Sasra Sagiri
menjadi Putri Indonesia tahun 2015.

Selain meminta restu kepada Pemkab Mentawai, kedatangan Anggun juga dalam
rangka melakukan pemotretan di Pulau Simakakang. “Sesuai agenda, kami akan
mengangkat pariwisata yang ada di Sumbar, khususnya di Kepulauan Mentawai
untuk memperkenalkan kepada masyarakat di Indonesia,” ujar Andri.

Anggun yang juga salah seorang mahasiswi semester akhir perguruan tinggi
swasta di Kota Padang tersebut, mengatakan bahwa, suatu kehormatan bagi
dirinya untuk memperkenalkan Sumbar dan khususnya Kepulauan Mentawai kepada
nasional maupun tingkat internasional.

Menurut dia, selama ini kepulauan Mentawai lebih dikenal di mata dunia,
ketimbang di Indonesia. “Orang luar mengenal Mentawai, salah satunya dengan
keindahan laut dan ombak tang dimiliki oleh Mentawai,” ujarnya saat meminta
restu kepada Bupati Kepulauan Mentawai dalam ajang tersebut.

Menghadapi malam tanggal 20 Februari tersebut, selain mempersiapkan fisik,
Anggun juga tengah memperkaya wawasan dengan pengetahuan.

Kemudian, untuk memperkenalkan Sumbar kepada nasional, dia juga akan
menampilkan tarian Minang dan tarian Turuk Laggai dari Kepulauan Mentawai
yang diringi dengan musik khas asli Mentawai.

“Sejauh ini, untuk dukungan dari seluruh masyarakat Sumbar sangat baik.
Mudah-mudahan bisa dapat peringkat. Tentunya juga dengan dukungan dari
seluruh masyarakat Sumbar melalui poling smsnya,” kata gadis yang memiliki
tinggi 178 centimeter tersebut.

Anggun sebelum bertolak ke arena karantina di ibukota negara itu, juga
menyempatkan diri untuk berpamitan ke Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang
didampingi Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet.

Dalam kesempatan ramah tamah tersebut, Gubernur menyarankan agar Anggun
dapat menjaga nama baik Sumbar di tingkat nasional maupun internasional.

Selain itu, Anggun diminta lebih banyak memahami adat budaya di Sumbar,
selain budaya adat Mentawai.

Gubernur memberikan apresiasi dan dukungan penuh, karena inilah awal
generasi muda Kepulauan Mentawai tunjukan prestasi yang membawa nama
Sumbar, dan ini tentu dapat memberikan motivasi bagi generasi muda di
Kabupaten/kota di Sumbar, dan Kabupaten Mentawai pada khususnya.

“Saya mengimbau dan mengajak masyarakat Sumbar untuk dapat memberikan
dukungan melalui polling SMS untuk putri Indonesia yang mewakili daerah
kita Sumbar ini di ajang Pemilihan Putri Indonesia 2015,” kata Gubernur
Irwan Prayitno. (Ant/Ed1)