Mamak Maturidi, sanak Ahmad Ridha, dan sanak2 sa palanta yth.
Menambahkan penjelasan sanak Ahmad Ridha berikut kutipan sebuah artikel di
internet dan sumbernya:

Allah Subhanahu Wa Ta’ala, berfirman : “Apabila kalian berselisih pendapat
tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah dan Rasul-Nya (Al-Quran
dan As-sunnah), jika kalian benar-benar beriman kepada Allah dan hari
akhir. Yang demikian itu lebih utama (bagi kalian) dan lebih baik akibatnya
(balasannya)”. (Q.S. An Nisaa’ : 59)

Kemudian,Allah juga berfirman: “Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari
Tuhan-mu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selainnya. Amat
sedikitlah kamu mengambil pelajaran (dari padanya)”. (QS. Al-’Araf :3)

Rasulullah sholallhu ‘alaihi wasallam bersabda:

« وَﺷَﺮﱡ ٍ ﻣُﺤَﻤﱠﺪ ﻫُﺪَى اﻟْﻬُﺪَى ُ وَﺧَﻴْﺮ ِ اﻟﻠﱠﻪ ُ ﻛِﺘَﺎب ِ اﻟْﺤَﺪِﻳﺚ َ
ﺧَﻴْﺮ َّ ﻓَﺈِن ُ ﺑَﻌْﺪ أَﻣﱠﺎ ﺿَﻼَﻟَﺔٌ ٍ ﺑِﺪْﻋَﺔ ُّ وَﻛُﻞ ﻣُﺤْﺪَﺛَﺎﺗُﻬَﺎ ِ
اﻷُﻣُﻮر »

“Sebagai pendahuluan sesungguhnya sebaik-baiknya ucapan adalah Kitab Allah
dan sebaik-baiknya petunjuk adalah petunjuk Muhammad shalallahu ‘alahi
wasallam dan seburuk-buruknya perkara yang diada-adakan dan setiap bid’ah
adalah sesat” [HR Muslim no. 2042, Ibnu Majah No. 47]

Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah shollalahu ‘alaihi wassalam
bersabda: “Aku tinggalkan dua perkara untuk kalian. Selama kalian berpegang
teguh dengan keduanya tidak akan tersesat selama-lamanya, yaitu Kitabullah
dan Sunnahku. Dan tidak akan terpisah keduanya sampai keduanya mendatangiku
di haudh (Sebuah telaga di surga,).” (HR. Imam Malik secara mursal (Tidak
menyebutkan perawi sahabat dalam sanad) Al-Hakim secara musnad (Sanadnya
bersambung dan sampai kepada Rasulullah ) – dan ia menshahihkannya-) Imam
Malik dalam al-Muwaththa’ (no. 1594), dan Al-HakimAl Hakim dalam
al-Mustadrak (I/172).

al Hikmah » Berpegang teguh kepada Kitabullah dan As Sunnah -
http://alhikmah.web.id/2009/06/berpegang-teguh-kepada-kitabullah-dan-as-sunnah/

Salam, FMNS, bdg