Memang kebanyakan orang, baik dalam Bahasa Indonesia maupun dalam
Bahasa Minangkabau, sering kacau dalam hal menggunakan "merubah" yang
seharusnya "mengubah". [Mungkin hal ini terhela dari kata "perubahan"
terutama dalam bahasa pecakapan; bahkan ada juga yang
mengatakan "perobahan".] Asal katanya "ubah" bukan "rubah".

"Rubah" adalah kata Indonesia, semacam binatang makan daging,
sebangsa anjing liar, latinnya Canis vulpes.  Bahasa
Iggerisnya "fox". Saya tidak tahu apa Bahasa Minangkabaunya dan juga
belum pernah melihatnya. Kalau ada yang tahu tolong beritakan untuk
kita maklumi bersama.

--MakNgah

--- In [EMAIL PROTECTED], "Ahmad Ridha" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Pak Idris, bentuk "merubah" sepertinya tidak lagi digunakan secara
> baku karena dalam KBBI ed. III (Balai Pustaka, 2001) tidak
disebutkan
> bentuk "merubah" untuk lema "ubah." Dalam Tata Bahasa Baku Bahasa
> Indonesia ed. III (Balai Pustaka, 1998) juga disebutkan bahwa awalan
> "meng-" tetap dalam bentuk "meng-" untuk fonem /u/.
>
> --
> Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
> (l. 1400 H/1980 M)

http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tulis Nama, Umur & Lokasi anda pada setiap posting.
- Hapus footer & bagian tidak perlu, jika melakukan reply.
- Email attachment, DILARANG! Tawarkan kepada yg berminat & kirim melalui jalur
pribadi.
- Posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg bersangkutan minta
maaf & menyampaikan komitmen mengikuti peraturan yang berlaku.