InsyaAllah asrama ini akan dikelola dengan baik.
Saqqah(flat) dengan empat kamar, dalam satu
tingkat.Kita miliki sekarang empat tingkat, tambah
suthuh(kalau istilah kapal laut kls Deck, yang ada
diatas sana, ini bisa dimanfaatkan juga, hanya ngak
ada atapnya(hehehe)

Jadi satu tingkat dengan 4 kamar. satu kamar isinya 4
orang, maka satu saqqah itu jadi 16 orang di X kan
empat= 64 orang.

Hanya saja, satu kamar paling bawah, akan dijadikan
sekretariat, maka berkuranglah jumlah yang 64 tadi,
jadi 60 orang.

Kami akan berusaha menjadikan flat ini menjadi ladang
bisnis(usaha juga, jadi subsidi silang)Berita ini,
akan saya FWDkan nantik.Mahasiswa tidak tinggal gratis
begitu saja, tetapi menyewa dan di prioritaskan
mahasiswa baru. Sewanya tentu murah.

Kemudian dari hasil sewa itu, uangnya buat bantu
mahasiswa yang tinggal diluar, yang tidak mampu
ortunya, atau yang tinggal didalam flat itu, yang
ortunya tidak mampu juga.

Disini juga KMM membantu mencarikan bea siswa bagi
siswa yang baru datang dengan tanpa bea siswa Depag.
Kalau bea siswa dari Depag, sudah ada asramanya
langsung, tinggal bersama orang-orang asing dan Arab
lainnya(ini yang paling enak sekali, makanan lumayan
uang saku dikasih, tinggal bersama orang asing
memperdalam bahasa Arab dan English kita).

Hanya saja, setiap tahunnya bea siswa Depag ini,
terbatas jumlahnya setiap tahun, antara 100-120
orang(kalau saya tidak salah), dari seluruh Indonesia,
dan yang terbanyak biasanya dari Jawa, karena
penilaiannya yang nilainya tinggi saat test.Sementara
mahasiswa Indonesia sampai saat ini berjumlah lebih
dari 5000 orang(bayangkan banyaknya bangsa Indo,
mahasiswa aja segitu, tambah masyarakat non
mahasiswa).

Di Asrama ini, juga kelak akan menjadi kegiatan
belajar mengajar terutama untuk mahasiswa baru,
biasanya ada Bimbel dari Senior kepada Yunior.

 Mohon do'anya agar kami yang ada di Kairo berhasil
hendaknya mencapai cita-cita menuntut ilmu di bumi
Kinanah ini(Bumi terlahirnya para Nabi)

Lokasi asrama ini dekat dengan Al Azhar banat(puteri),
lumayan jauh dari kuliyah Azhar banin(pria).
Aneh, katanya dalam flm AAC, kuliyahnya satu antara
pria dan wanita, padahal ngak seperti itu, sangat
berjauhan, satu di lorong kiri, sau dilorong kanan,
satu di Timur, satunya lagi di Barat.

Lokasi tempat tinggal saya, Dokki lebih jauh lagi,
tetapi saya dekat dengan Piramid, Kedutaan Indonesia
dan sungai Nil(berapa kilometer saja dari sungai Nil).
Kalau saya kekuliyah, jauhnya minta ampun, apalagi
kalau sedang macet, pas orang pulang kerja. Mahasiswa
Indonesia, pada umumnya tinggal di daerah perkuliyahan
ini.

Yang anehnya, mahasiswi Puteri yang tinggal di asrama
yang mana mereka berbea siswa dari Depag, mereka
tinggal jauh dari kuliyah banat, tetapi dekat dengan
asrama putera(dengan penjagaan luar biasa ketatnya),
dan lebih dekat kekuliyah banin(lelaki) ketimbang
kuliyah banatnya.

Al Azhar ini sangat luas, dan menyebar, banyak tempat.
Pada umumnya mahasiswa/i yang tidak bea siswa Depag,
tinggal di dekat kuliyah banat, bisa jalan kaki, atau
naik angkot, metro, atau taxi(taxi murah sekali di
Mesir). Hampir seluruh kegiatan, sekretariatan, rumah
sewaan mahasiswa/i Indonesia, bertempat di lokasi
Kuliyah banat ini, namanya Nasr City. Terkenal dengan
daerah Mahasiswa asing.

Dulu, semasih S1 dan sebelum menulis thesis, saya
tinggal di daerah itu juga, karena kuliyah di Al Azhar
luar biasa sulitnya, butuh kosentrasi yang sangat
tinggi, harus pandai-pandai memanfaatkan waktu, sebab
bagi yang tidak bisa memanfaatkan waktu dan kosentrasi
yang tinggi untuk belajar, alamat droup out, gagal
total.

Pulang ke tanah air dengan tangan hampa, kosong, ngak
bawa titel/ilmu, mungkin cuman pengalaman saja, dan
sedikit ilmu, seharusnya ilmu yang dibawa
sebanyak-banyaknya, sebab Mesir terkenal dengan
gudangnya ilmu pengetahuan, terutama pengetahuan
agama..

Wassalamu'alaikum. Dokki,Cairo Rahima(39 thn)

--- marfendi pen <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Alahamdulillah, akhirnya cita-cita adanya asrama
> mahasiswa Minangkabau yang ada di Mesir tercapai
> juga, semoga asrama tersebut benar-benar menjawab
> tantangan Minangkbau pada masa yang aka datang, dan
> semoga apa yang dituliskan tersebut benar-benar
> terealisir dengan baik.
> Kami darikampung hanya bisa melihat-lihat dan
> mendengar-dengar dari jauh saja, dan pada masa yang
> akan datang kami hanya ingin mendapatkan hasilnya,
> o ya, ada tradisi tidak baik yang sering terjadi  di
> tengah masyarakat  kita "lah ado mangko ka susah"

http://mail.yahoo.com

http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tulis Nama, Umur & Lokasi anda pada setiap posting.
- Hapus footer & bagian tidak perlu, jika melakukan reply.
- Email attachment, DILARANG! Tawarkan kepada yg berminat & kirim melalui jalur
pribadi.
- Posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg bersangkutan minta
maaf & menyampaikan komitmen mengikuti peraturan yang berlaku.