Sejak awal saya melihat Ahmadiyah memang bukan agama Islam. Karena mereka
memiliki ajaran-ajaran yang berbeda sekali dari yang saya pahami.

Maka, saya setuju dengan pendapat ini. Adalah salah dan keliru kalau karena
alasan mereka menganut Ahmadiyah, lantas mereka diusir dari bumi Indonesia
atau bahkan diperintahkan untuk dibunuh. Kalau ada pertemuan antara delegasi
Islam dengan delegasi non-Muslim, silakan tempatkan mereka pada tempat duduk
tersendiri: delegasi Ahmadiyah.

Karena mereka bukan Muslim, bukan Islam, maka keliru pula kalau hukum Islam
diterapkan kepada mereka. Yang perlu diterapkan adalah hukum nasional, yakni
ketika seseorang atau sekelompok orang melakukan pengingkaran terhadap
konstitusi dan undang-undang, maka mereka akan berhadapan dengan pengadilan.
Karena itu pula, kalau Ahmadiyah hendak dibubarkan, bubarkan lewat
pengadilan. Tidak bisa dengan menggunakan SKB, karena SKB tidak termasuk
dalam tata urutan perundangan-undangan, sebagaimana dikatakan oleh ahli
hukum tatanegara, seperti Yusril Ihza Mahendra dan Adnan Buyung Nasution.

ijp

  _____