Assalamu'alaikum Wa Rahmatullahi wa Barakatuh,

Rangkayo Iffah (hanifah daman) <[EMAIL PROTECTED]> yang dimuliakan
Allah,
sarato keluarga yang bahagia di Benkulu tanah serantih.

Anak adalah dzurriyat, anugerah Allah,
kok maha indak dapek dibali, kok murahnyo indak dapek diminta.
Betul-betul pemberian Allah, yang diamanahkan kepada yang diberiNya.
Ada orang yang meminta bertahu-tahun, bahkan sampai tua bangka, namun
tak kunjung bersua.

Walau ada juga, yang kadang-kala sangat mudah mendapatkannya, semata
karena kepercayaan Allah Maha Pemberi, seketika dapat berbentuk
"bagaikan rambai ba lacuik kan", artinya sekali setahun, seperti buya
bersaudara,
Alhamdulillah 17 orang dari dua bunda.

Amat beruntunglah orang yang mendapatkan anugerah itu, walau bebannya
amat berat, membesarkan anak, oleh seorang ibu yang terampil, kata
orang kini perempuan karir yang berhasil, apalagi dari kalangan kita
etnis Minangkabau, yang sesungguhnya sudah bertakdir punya garis
kekerabatan dari ibu, dan bernasab ke ayah, dan mendapatkan sako dari
mamaknya.
Indah sekali.

Perempuan karir, sebenarnya jika kita jujur adalah kepintaran bundo di
Minangkabau.
Buya berani katakan begitu, karena mata kita yang jeli
memperhatikannya.
Hati kita yang bersih ikut merasakannya.
Ditambah pula dengan pikiran kita jernih ikut menelaahnya.

Mengapa,
karena ibu atau biay, mandeh, amak, amay atau umak dalam istilah
panggilan kita,
semuanya di Minangkabau adalah perempuan karir.
Karirnya seiring dengan karya besarnya,
berhasil membesarkan anak-anaknya,
sembari dia tidak pernah berhenti berkarir.

Ada karirnya memegang pena besar sebesar tangkai tajak,
di sehamparan sawah luas atau di sebintalak ladang kampung.
Sembari anak disusukan, dimandikan, diberi makan dan di andukan,
tangan diayun di sawah dan ladang.
Sungguhpun terlihat berat, tapi bundo tetap menjawab,
tak akan merintang kerbau akan tanduknya.

Pekerjaan itu, di jalaninya sejak dari menyemai benih,
hingga bertanam, sampai bersiang dan menyabit.
Hingga menjunjung padi pulang ke rangkiang, menjemurnya di halaman,
menumbuknya di lesung dan di kincir, ditingkah bunyi alu bunian,
dan suara gemercik air di bandar.

Tidak hanya sebegitu, diteruskan menghindang menampis teras-teras,
mimilih antah satu-satu,
Kemudian menanak, menghidangkan.
Sejak menyuapi anak si biran tulang,
ubek jarieh palarai damam,
membesarkan anak pisang,
tidak dibedakannya.
Mukanya selalu berseri,
senyum senantiasa merekah.

Semua karir itu dilalui dan dilakukannya sangat professional
sebagai karir seorang ibu.
Pendidik dan pembangun generasi,
tak pernah lepas senyum dari wajahnya.
Ada keletihan, tapi tidak berkesan.
Sangat professional.
Kalaupun ada sekali dua marah tak tertahankan,
semata hanya karena kasih sayang jua.
Tidak pantaskah perempuan di Minangkabau itu
disebut pahlawan dan perempuan karir.
Tidak pernah abai dan lalai,
atau sangat professional kata orang.
Dari rahimnya telah lahir generasi.
Dalam asuhannya telah tumbuh tunas bangsa.
Dengan tangannya di bangun warisan pelanjut.
Dalam doanya dilahirkan pemimpin.
Kemana professional seperti itu akan di cari ???

Wahai bunda maafkan kami,
yang sering kali lupa kepada bunda,
Ketika sukses sudah kami raih,
lupa kami bunda membesarkan.
Allahu Akbar.

Rasa berbunda perlu di turunkan ke anak-anak kita rangkayo,
agar tak berubah sikap dan ucap,
patah akan tumbuh hilang akan berganti,
walau perempuan ataupun lelaki,
kesemuanya sama di sisi Ilahi,
setiap anak mesti berbakti,
kepada ayah bunda sendiri,
mereka mesti kita didik dari dini,
tahu akan ayah bunda dan dirinya sendiri,
bahwa bahagia bukanlah karena senang seorang diri,
lelah akan hilang, manakala semua pekerjaan dimulai dari hati.

Selamat memikul beban berat,
karena kelak upahnya amat besar di akhirat.

Di dunia ketika kegembiraan membalut diri, air mata akan mengalir
membasahi wajah,
Begitu juga, ketika cobaan datang tak tertahankan mendera kanan dan
kiri,
hati sedih, hampa dan pilu air mata juga merambah tumpah,
Namun keduanya akan berbeda,
ketika kita mendekat kepada Ilahi Rabbi.

Ingatkan kepada putra putri belahan diri,
kasih bunda selalu menyertai,
doa ayah selalu mengiringi,
kenapa anak anak tak acuh lagi ....????

Wallahu a'lamu bis-shawaab.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi wa barakatuh.

Salam hormat dari BuyaHMA

melalui jalur pribadi
dibanned