Bisa iya dan bisa juga tidak. Seseorang yang berideologi sosialis
belum tentu atheis. Seseorang berideologi liberal belum tentu tidak
sholat.  Sutan Takdir Alisyahbana liberal dan kata orang-orang beliau
rajin sholat.

jadi antara ideologi dan akidah bisa jadi berhubungan erat dan bisa
juga tidak. Kembali kedalam ideologi partai di Indonesia. Apakah bisa
dibedakan saat ini partai yang berideologi nasionalis dan religius ?
pertanyaan lebih jauh lagi, apakah haram dalam Islam untuk memilih
partai yang nasionalis ? kalau diharamkan itu sama saja artinya haram
untuk tinggal di Indonesia yang berdasarkan Pancasila ini.

okelah, kalau itu persoalan lain. Bagaimana mencermati ideologi dalam
partai yang ada saat ini ? sebagian mengaku nasionalis dan sebagian
kecil lain mengaku religius. ambil contoh partai demokrat yang
mengaku nasionalis religius apakah terbedakan dengan Golkar ? atau
PAN yang berbasis Islam namun mengaku pluralis, apakah bedanya dengan
PKS yang juga makin bergerak ke tengah (pluralis) ?.

Saya kira dalam konteks inilah IJP menyatakan partai saat ini tidak
penting benar. meskipun saya juga mendebatnya karena kalau IJP maju
dengan partai gurem maka kemungkinan IJP untuk duduk di DPR sangat
kecil meskipun IJP memenuhi BPP karena Parliamentary Treshold-lah
yang menentukan.

Jadi dalam berdemokrasi antara ideologi dan akidah ini dua hal yang
berbeda. Jangan katakan Gus Dur itu bukan Islam hanya karena
partainya pluralis sehingga tidak pantas di jadikan pemimpin bagi NU.
Jangan katakan Amien Rais itu tidak Islamis hanya karena PAN itu
pluralis. dan jangan kira Jeffrie Geovanie itu tidak Sholat hanya
karena masuk Golkar yang nasionalis. Jangan berpikir kader partai
Islam yang berdasarkan syariat Islam tidak main perempuan atau
suap..Amin

mgk begitu pendapat saya, agak susah menjelaskan dengan gamblang
apalagi secara akademis makin tak mengetri saya, mohon maaf…

salam

Ben