Yth. Engku J. Mohyiddin
Assalamulaikum W.W.
Bersama ini ambo kirim sedikit ringkasan kaba Sabai nan Aluaih yang
diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh penulisnya.
Juga attach naskah randai (sandiwara khas Minang) Manih talonsong (Manis
terlanjur) dalam bentuk pdf yang merupakan sindiran kehidupan keluarga Minang
Kabau masakini.
Mudah2-an bisa dipahami makna sastra Minang ini.
Hormat dari ambo

Abraham Ilyas.

Ringkasan Kaba Sabai nan Aluih:
dari Naskah karya Tulis St. Sati:

Kait berkait rotan Saga
sudah terkait di akar Bahar
Terbang ke langit terberita
tiba di bumi jadi kabar

Tokoh-tokoh:
Rajo Babandiang, bermukim di Padang Tarap memiliki sepasang anak. Ibarat anak
balam, seekor jantan seekor betina. Yang laki-laki bernama Mangkutak Alam, yang
perempuan bernama Sabai nan Aluih.

Mangkutak Alam, jantung hati Raja berbanding, hubungan nyawa Bunda Kandung.
Anak dimanjakan tiap hari, anak berkundang petang dan pagi, buah hati limpa
berkurung, pautan hati ayah bunda. Tambatan larat ibu bapa, rangkai hati
pengarang jantung, permainan orang sekampungnya. Ia bersutan di mata, beraja di
hati, pintanya harus dikabulkan, suruhnya mesti diturutkan, tegahnya wajib
dihentikan. Gila bermain petang dan pagi, tidak boleh dilarang-larang,
ringkasnya sebagai anak laki-laki manja, sehari-hari kesukaannya bermain
layang-layang.

Rajo nan Panjang, raja telah berusia tua, yang bermukim di Situjuah Bandar
Dalam, di Piobang Sungai Baringin, orang cerdik-cendekia, orang
jauhari-bijaksana, pusat jala, pumpunan ikan. Pasak kunci rang Lima Puluh.

Bujang Selamat, utusan Raja nan Panjang.
Raja nan Panjang ingin mempersunting Sabai nan Aluih menjadi isterinya dengan
mengutus Bujang Selamat.

Jawaban Raja Berbanding:... si Sabai anak kandungku, dipinang Raja nan
Panjang..... Jika hamba merenung-renung, jika hamba pikirkan, heran sungguh
dalam hati. Tidak baris yang dipahat, tidak dirasuk menjeriau. Dia seorang tua,
dengan Sabai tidak berjodoh, orang tua berbini muda. Biarpun apa yang akan
terjadi, permintaannya akan kutolak berterang-terang, karena tidak pada
tempatnya.

Kalau boleh kehendak hati-- lihat anak, pandang menantu, sesuai ujung dengan
pangkal. Sesuai pekapuran dengan tutupnya, tidak akan hamba izinkan, tidak akan
hamba sukai, tidak mau hamba memberikan Sabai jadi isterinya.

Raja nan Kongkong dan Lompong Batuah, kawan Raja nan Panjang yang memberi
semangat kepadanya untuk melakukan perang tanding dengan Raja Berbanding karena
dihalangi mengawini anaknya.

Tuanku Raja nan Panjang, dengarkan jua kata hamba, pantun ibarat orang dahulu:
Turun hujan hari lah petang
Bunga mawar tumbuhnya subur
ditiup angin habis tunduk
dipetik jangan dicabutkan
tanaman putri dari tanah jawa
Sudah habis rokok sebatang
lah punah sirih sekapur
pasar sudah tempat duduk
penatlah kita menantikan
Raja berbanding tak datang jua.

Takutkah gerangan Raja Berbanding, takut berhadapan dengan tuanku, takut kan
keris Lompong Batuah,
keris buatan Suruaso, tuahnyo bukan alang kepalang, jejak ditikam mati jua.

Raja nan Panjang sangat menghormati keberanian lawannya:
Rajo nan Kongkong dan Lompong Batuah, dengarkan jua kata hamba !

Masaklah buah limau purut
dipetik sambil berlari
berjalan selangkah melihat surut
berkata sepatah dipikiri.

Berkata jangan terlanjur-lanjur, mengecek jangan terlompat-lompat, melangkah
jangan terdorong-dorong, orang  dunia banyak nan bertuah.

....terjadi perang tanding antara Raja Berbanding dengan Raja nan Panjang, lalu
Raja Berbanding mati terbunuh.

Buyung (pembantu Sabai):
Wahai kakak Sabai nan Aluih, dengarkan jua seru hamba. Mengapa kakak bertenun
jua, bapak kakak sudah mati, ditembak raja nan Panjang, di tengah rimba
peperangan. Oleh lawan tidak terpegang, oleh kawan tidak terangkat, bangkai
tergolek di dalam rimba, kakak bersenang hati juga !

Sabai (sedang bertenun kain di rumahnya):

Lah masak padi rang Ngungun
lah rebah tunggul jerami
Ibuku gulunglah tenun
Bapakku gerangan lah mati

Sadun Seribai (ibu Sabai nan Aluaih)

Jangan ribut penderas amat
entah orang pergi ke surau
jangan hidup pencemas amat
entah orang bergurau-gurau

Sabai cepat menuju medan perang tanding antara ayahnya dengan Raja nan Panjang.
Sabai menembak Raja nan Panjang untuk memuntut balas kematian ayahnya.
Sementara itu Mangkutak Alam asyik bermain layang-layang.

Adikku kesayangan bapak, manakah tanda hamba beradik, bapak kita sudahlah mati,
mati dibunuh raja nan panjang, Sekarang bagaimana pikiran adik, tunjukkanlah
kejantanan adik, tuntutkanlah malu kita.

Jawaban Mangkutak Alam:
Bukan hamba takut mandi
Takut hamba berbasah-basah
mandi di lubuk pariangan
Bukan hamba takut kan mati
Takut hamba kan patah-patah
Hamba di dalam bertunangan

MA: Sabai nan Aluaih kakak kandungku, bagaimana kan hamba pergi perang, hamba
di dalam bertunangan, lagi pula hamba tak tahu, tak tahu memegang bedil,
apalagi menembakkannya.

SnA: Adikku dengarlah kataku, Raja nan Panjang sudah kutembak, sudah terguling
di tengah padang. Kerja ringan tinggal bagimu, ceraikan kepala dari badannya,
supaya terhapus malu kita.

MA: Kakakku Sabai nan Aluih janganlah marah kepada hamba, hamba tak pandai
memegang keris, serahkan hamba berguru dulu.

Narawatu (pembantu Raja nan Panjang)
Hai Upik Sabai nan Aluih, jangan kau banyak cakap, tuanku sudah kau bunuh. Kau
gadis tak bermalu, engkau gadis tak berhati, membunuh mati tuan kandungku. Bawa
olehmu mayat ayahmu utangmu sudah berbayar, piutangmu telah berterima, tak usah
kita bercakap lagi.

Sabai nan Aluih (the End)

Kalau tidak tolong meluli (catatan: ambo indak mangarati arti meluli)
tolong menggantih apalah hamba
Kalau tidak tolong dengan merugi
Tolong dengan jerih apalah hamba

Soekarno, yang orang Jawa sering meniru gaya kalimat-kalimat kaba (perulangan)
untuk mempermanis susunan kalimat pada setiap pidato-pidatonya.
Mungkin karena sebab itulah maka dia berhasil menjadi seorang orator ulung di
dunia ini, contoh pidatonya tg. 17-8-1959/Penemuan Kembali Revolusi Kita:

"Pendek kata, dari dulu - mula tudjuan kita ialah suatu masasjarakat jang adil
dan makmur.
Masjarakat yang demikian itu tidak djatuh begitu sadja dari langit, laksana
embun diwaktu malam. Masjarakat demikian itu harus kita perdjoangkan,
masjarakat demikian itu harus kita bangun."

Nah bila ingin mengajar anak-anak untuk menjadi tukang pidato yang unggul,
cobalah disuruh mereka sering membaca kaba yang memiliki gaya bahasa khas.

Ambo indak menemui susunan kalimat cantik semacam ini dalam buku-buku sastra
Jawa (Serat, Babat ataupun dialog para dalang).