Selasa, 05/08/2008 10:08 WIB
Rafiqa Qurrata A - detikNews

<http://www.detiknews.com/images/content/2008/08/05/10/indrai-piliangdalem.j
pg>

 <http://ad.detik.com/link/peristiwa/prs-zyrex012008.ad>
Jakarta - Sering lihat TV? Jika iya, maka anda akan sering melihat bahkan
sampai bosan dengan iklan tokoh politik. Sudah jadi rahasia umum, para tokoh
itu beriklan untuk maju pada Pilpres 2009.

Pengamat politik dan peneliti CSIS Indra Jaya Piliang mengkritisi kondisi
tersebut. Ia memilih menjadi caleg terlebih dulu. Ia lantas mengimbau
sejumlah tokoh mengikuti jejaknya.

"Ini juga pesan bagi capres lain seperti Fadjroel (Fadjroel Rachman) dan
Celi (Rizal Mallarangeng), ya secepatnya masuk parlemen. Jangan tiba-tiba
hanya mengandalkan popular vote, basis-basis popularitas. Tetapi juga basis
elektoral. Nanti bisa-bisa kita mendapat president by iklan, by popularity,"
kata Indra.

Hal itu dia sampaikan saat berbincang dengan detikcom, Selasa (5/8/2008).

Meski demikian, Indra yang akan berlaga dalam Pemilu 2009 ini tidak memaksa
kalangan pengamat dan aktivis harus menekuni politik praktis. Hal itu
dinilainya menjadi kebebasan masing-masing.

"Kalau saya sih, saya bersedia menjadi eksperimen, jadi kelinci percobaan.
Biar saja kalau memang harus ke tempat yang katanya sangat menakutkan
sekalipun. Karena tidak semua orang berani," ujarnya.

Indra pun mengaku tidak takut jika nantinya terpaksa memiliki banyak musuh.
Dia akan berusaha total di politik sebagai jalan hidupnya

"Saya merasa umur saya yang 36 tahun sudah tua sekali jika hanya sebagai
pengamat. Biarlah nanti analis-analis baru muncul," tandasnya.

Indra akan mengumumkan perubahan statusnya dari pengamat politik menjadi
politisi pada Rabu 6 Agustus 2008 di Auditorium Universitas Paramadina,
Jakarta. Dia mengaku telah terdaftar sebagai caleg dari daerah pemilihan
Sumatera Barat II yang diusung salah satu parpol.(fiq/iy)

melalui jalur pribadi
dibanned