Rakyat Merdeka

Jumat, 08 Agustus 2008

Indra J Pilliang, Pengamat Politik CSIS: "Kalau Gagal di Golkar, Saya Jadi
Petani Saja."

Pemuda kelahiran Pariaman, Sumatera Barat ini rela meninggalkan profesinya
sebagai akademisi dan pengamat politik demi kursi di Senayan. Pengamat
politik CSIS ini terdaftar sebagai caleg dari Partai Golkar yang dulu sering
dikritisinya.

BERKALI-KALI, Indra J Pilliang me-negaskan, menjadi anggota de-wan bukan
suatu tujuan hidup-nya. Cita-citanya hanya ingin mem-bangun atmosfer politik
yang sehat.

Kepada Rakyat Merdeka, Indra mengatakan, dengan banting setir dari akademisi
menjadi politisi me-merlukan banyak pengor-ba-nan.

"Motivasi saya adalah mem-bangun ranah pengetahuan yang ba-ru di dunia
partai politik. Arti-nya, membangun partai politik yang modern dan saya
me-ngor-bankan diri saya dan penghasilan sa-ya untuk menjadi politisi,"
ujar-nya.

Indra juga mengungkapkan, dirinya terjun di parpol bukan hal yang baru.
Sebelumnya, alumnus Universitas Indonesia (UI) ini pernah terlibat politik
praktis bersama Partai Amanat Nasional (PAN).

Mengapa memilih Golkar untuk comeback ke panggung politik? Apa saja
bargaining-nya? berikut bincang-bincang Indra J Pilliang dengan Rakyat
Merdeka, kemarin.

Apa alasan Anda masuk po-litik praktis?
Sebenarnya saya pernah di par-tai politik. Saya pernah berada di Partai
Amanat Nasional (PAN) bahkan saya ikut mendirikan DPD PAN Kabupaten
Tangerang bah-kan sempat menjadi Ketua Departemen Seni dan Budaya. Tapi,
kemudian saya me-ngun-dur-kan diri.

Saat ini, jelas kalau saya adalah bagian dari civil society. Karena itu,
saya beranggapan jauh lebih efektif kalau masuk pada political so-ciety
karena partai politik men-jadi tulang punggung de-mokrasi.

Tak khawatir dianggap aji mumpung (karena ada yang lamar)?
Nggak juga, saya justru nggak punya modal. Bahkan, partai-partai yang
mendekati saya tidak meminta modal dari saya. Tapi apa yang saya lakukan
selama 8 tahun ini mungkin melebihi apa yang dilakukan para Jenderal untuk
mendapatkan pangkatnya dan masuk parpol.

Apa yang Anda miliki?
Saya hanya memiliki Curri-culum Vitae (CV). Artinya, apa yang saya kerjakan
adalah modal dasar saya berupa intelektual dan memang itu yang telah saya
capai hingga saat ini karena saya tidak bisa maju dengan popularitas seperti
para artis.

Kenapa Anda memilih Golkar?
Saya sebenarnya sudah me-ngata-kan berkali-kali tapi nggak enak kepada
parpol lainnya ka-rena saya tidak bermaksud men-diskre-ditkan parpol lain.
Mi-sal-nya, saya masuk PDIP maka saya harus menjadi seorang Soe-kar-nois,
padahal saya bukan Soe-karnois. Walaupun saya mem-pe-lajari paham-paham
Soekarno, tapi saya juga mempelajari pe-mi-kir-an-pemikiran dari tokoh
lain-nya.

Ada Berapa partai yang me-minang Anda?
Satu setengah tahun yang lalu PDIP, PMB, PAN, PPI, PBR dan yang lainnya
adalah partai-partai baru. Ini artinya banyak teman-teman partai yang
menginginkan saya. Saya pada saat itu merasa dalam posisi yang sedang
di-ta-war.

Makanya, saya mencoba se-dikit untuk melakukan bar-gai-ning.

Kenapa tidak kembali masuk ke PAN?
Karena PAN itu selalu berubah dan tidak konsisten. Saya keluar dari sana
penyebabnya adalah PAN tidak memiliki konsistensi yang tegas. Karena
pemikirannya berubah-ubah.

Menurut Anda, apakah par-tai-partai memilih Anda karena terlalu kritis?
Ketika partai politik me-ng-alami proses demoralisasi karena dihantam dengan
isu golput sehingga orang makin tidak percaya lagi dengan parpol, maka saya
masuk ke dalam parpol dan saya rasa itu akan memberikan support yang positif
bagi semua politisi dan parpol bukan hanya Golkar.

Siapa yang meminta Anda masuk Golkar?
Saya bisa sebut 2 orang yang paling gigih untuk meminta saya menjadi caleg
adalah dari ka-la-ngan mudanya. Di an-taranya Ha-sanudin Ibrahim (Be-kas
Ketua Umum PB HMI), Cholis Ma-lik dan lain se-ba-gainya.

Itu karena mereka merasa saya bisa menjadi semacam pengaman bagi kepentingan
dari kalangan muda.

Anda merasa ajakan tersebut sebagai pembungkaman?
Saya tidak melihat itu dan bisa jadi mereka tidak menghitung itu. Bahkan,
saya sendiri tidak me-rasa terlalu kritis dan tulisan saya mengenai parpol
sedikit kok. Saya lebih banyak bicara tentang sistem dan itu tersebar di
berbagai media baik buku, makalah, dan sebagainya.

Ada anggapan bahwa partai itu adalah sarang penyamun. Apakah Anda akan
menjadi penyamun juga nantinya?
Saya bisa pastikan bahwa saya tidak akan korupsi. Demi Allah, itu tidak akan
saya lakukan, ka-rena saya bukan orang seperti itu. Kalau saya tidak suka
maka saya akan bilang tidak suka.

Apakah Anda akan ikut arus di Golkar?
Justru nanti saya akan me-nga-tak-an, kalau Golkar me-nye-lewengkan
kekuasaan maka saya siap mengungkapkan pi-kiran yang beda dengan Partai
Golkar. Tapi kalau mengenai platform saya harus ikut partai.

Komi-si mana yang akan Anda incar?
Yang saya tahu saat ini ada komisi mata air dan komisi air mata. Kalau saya
disuruh me-mi-lih maka saya akan pilih komisi air mata.

Kenapa?
Komisi ini betul-betul me-nga-rah pada sistem yang lebih baik buat negara
kita terutama untuk mendorong otonomi dan de-mo-krasi. Saya kira itu lebih
banyak ter-jadi konfrontasi antarpartai. Jadi kontribusi intelektual saya
lebih banyak ketimbang saya berada di komisi mata air.

Apakah dengan diterimanya Anda di Golkar, kekritisan Anda akan terbungkam?
Tentu itu beda. Selama ini, saya bekerja menjadi seorang yang profesional.
Ke depan, saya bu-kan akademisi lagi dan saya me-nyatakan mundur dari
akademisi karena kini saya menjadi politisi.

Ada anggapan Anda berkoar-koar karena punya tujuan jadi anggota dewan, apa
benar?
Saya tidak punya tujuan. Saya tidak memikirkan menjadi seo-rang pengamat,
bahkan saya tidak pu-nya pikiran akan kuliah. Ka-rena saya dulu malah
berpikir akan menjadi tukang sate. Sebab, saat ke sini (Jakarta) saya jualan
sate dan karena kebetulan saja sa-ya diterima di CSIS. Padahal, cita-cita
saat itu adalah menjadi seorang wartawan atau penulis.

Perlu diketahui bahwa saya tidak melihat menjadi anggota dewan ini suatu
tujuan. Teman-teman perlu tahu bahwa sebentar lagi banyak orang yang seperti
saya yang diajukan parpol dan mengatakan hal yang sama se-perti apa yang
saya lakukan.

Jadi apa tujuan Anda yang sebenarnya?
Saya tidak menjadikan par-lemen untuk menjadi tujuan. Tu-juan saya adalah
menjadikan partai Golkar sebagai partai yang modern dan disegani serta tidak
lagi bergantung pada yang lain.

Motivasi Anda hanya sebatas itu?
Motivasi saya adalah mem-ba-ngun ranah pengetahuan yang baru di dunia partai
politik. Arti-nya, membangun partai politik yang moderen dan saya
me-ngor-bankan diri saya dan penghasilan saya untuk menjadi politisi.

Kabarnya Anda tidak izin ke CSIS, kenapa?
Menurut saya ini adalah urusan dan pilihan pribadi. Saya tidak mau CSIS
dilibatkan dalam proses ini dan tidak mau ada anggapan bahwa CSIS mengirim
saya ke Partai Golkar. Sama se-perti keputusan saya untuk ga-bung ke CSIS
dan ini adalah lang-kah pribadi saya.

Saya melihat partai Golkar memberikan kebebasan kepada saya. Artinya, saya
melihat Yud-dy Chrisnandi dan tidak ber-ubah. Persoalannya dia "ber-lari
sen-diri-an" sehingga diberikan kartu kuning. Ini cuma masalah gaya personal
saja.

Jadi Golkar itu ibarat gelas, me--ngikuti apa yang ada di da-lamnya. Maka
Golkar, CSIS dan republik kita ini adalah hanya se-buah wadah. Apakah wadah
itu harus kita hancurkan karena banyak koruptornya? Kan tidak. Karena itu,
saya berjuang dari dalam untuk memperbaiki itu semua.

Bagaimana hubungan Anda dengan kawan-kawan setelah menjadi politisi?
Tentu akan terjadi hubungan simbiosis mutualisme. Saya yakin teman-teman LSM
akan senang karena menghibahkan saya dengan agak mengancam partai agar saya
mendapatkan no-mor bagus. Sebab, ini per-taruhan dari kawan-kawan LSM juga.

Kalau pertaruhan ini gagal bagaimana?
Kalau gagal, tentunya wajah mereka juga akan tercoreng begitu juga dengan
partai Golkar. Karena Golkar merekrut orang baru yang tidak pernah
ter-Gol-kar-kan. Kalau ini meng-han-curkan sistem internalnya, maka Golkar
akan gagal. Jadi bakal ada dua kegagalan kalau saya tidak melaluinya dengan
mulus.

Jika saya gagal, tentunya saya tidak akan menjadi pengamat atau penulis
lagi. Bahkan, saya akan menjadi petani di tanah kelahiran saya kecuali saya
akan menulis sejarah kejatuhan saya sen--diri sebagai pengamat ha..ha... EDY

melalui jalur pribadi
dibanned