From: Indra Jaya Piliang <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [EMAIL PROTECTED] Re: Politisi Juga Manusia
To: RantauNet@googlegroups.com
Date: Tuesday, August 26, 2008, 4:55 AM

Itulah tujuan ambo masuak ka dunia politik. Politik itu bukan ruang kosong
malompong. Masing-masing TPS nanti akan menunjukkan, seberapa besar dukungan
kepada partai, seberapa besar ke caleg. Wakil rakyat itu kan hanya istilah yang
dipopulerkan oleh Iwan Fals. Kini, Iwan Fals alah bapolitik pulo, di PPP.

Nanti, system politik makin mengarah ke system distrik. The winner takes all.
Itu baru bisa menjadi wakil rakyat murni, di DISTRIK PEMILIHANNYA. Sistem
distri hanya menampatkan satu pemenang di satu distrik. Kalau ada 6 kursi kini
di Sumbar II, dalam sistem distrik, akan dibagi lagi menjadi 6 distrik
pemilihan. Sumbar akan dibagi ke dalam 14 distrik pemilihan. Yang paling banyak
mendapatkan suara, dia yang mewakili rakyat di DISTRIK PEMILIHAN itu.

Soal darah dan keringat, kita juga mesti lihat, apakah warga negara membayar
pajak? Ketika saya makan di satu rumah makan, apakah pajak makan saya diambil
oleh pemerintah daerah? Nanti saya mulai mengambil bon-bon makan. Kalau
rumah-rumah makan tidak punya bonnya, saya bisa minta tim bikin bon sendiri,
tetapi ditandatangani oleh pemilik warung, lengkap dengan nomor kontaknya.

Suara rakyat ada di kotak-kotak suara nanti. Politisi yang bertanggungjawab
adalah yang menghargai suara rakyat atau suara pemilihnya itu.

Ini bagian dari pendidikan politik itu. Makanya, kenali dengan baik caleg-caleg
di daerah tuan. Kalau tuan terus menggonggong, akan banyak caleg berlalu. Caleg
bukan sinterklas.

Jangan terlalu berandai-andai. Saya tidak mau berandai-andai: LIHAT NANTI,
SEANDAINYA NANTI. Itu terlalu abstrak. Anggota DPR/DPRD diikat juga dengan
sumpah jabatan, dengan UU Susduk, dllnya. Kewajiban-kewajiban konstitusionalnya
ada dalam UU itu. Makanya, ketika menjadi anggota DPR nanti, baru kemudian saya
jelaskan apa saja yang dilakukan oleh DPR.

Sekarang, baru tahap sosialisasi. Tetapi penting saya ingatkan bahwa saya akan
sangat memperhatikan daerah-daerah yang memilih saya nanti, setiap butir suara
saya perhatikan. Kalau suara saya besar di Agam, kenapa pula saya harus
sering-sering ke Pariaman? Soalnya setiap daerah mengajukan syarat serupa:
perhatikan daerah kami. Secara matematika, tidak semua daerah bisa mendapatkan
perhatian. Anggota legislatif itu dibagi-bagi ke dalam 77 daerah pemilihan.
Makanya sistem dibangun, supaya tidak berantakan dan kabur-mabur.

ijp

melalui jalur pribadi
dibanned